• Homepage
  • >
  • Trend
  • >
  • Asri Hadi: “Silahkan Datang Ke Balai Sarwono 12 Januari 2018 Malam.”

Asri Hadi: “Silahkan Datang Ke Balai Sarwono 12 Januari 2018 Malam.”

  • Redaksi
  • 9 ago
  • 0

Balai Sarwono, merupakan suatu tempat di kawasan Ampera Kemang, dekat makam Jeruk Purut Jakarta Selatan menjadi pembicaraan. Pasalnya, dari tempat itu, komentar-komentar para tokoh di republik ini tersiar. Muncul ke media massa, hasil dari diskusi menarik yang kerap terselenggara di lokasi itu.

Baru saja, Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli mempertanyakan motif Wakil Presiden Jusuf Kalla yang meminta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menghentikan penenggelaman kapal-kapal asing yang terbukti melakukan illegal logging.

“Saya mau tanya kepada JK (Jusuf Kalla) apakah permintaannya itu benar-benar untuk kepentingan negara atau mau melindungi kapal asing?” ujar Rizal Ramli usai diskusi bertajuk “Prospek Ekonomi dan Politik 2018”.

Acara yang diadakan Alumni FISIP UI dan Indonews.Id itu menghadirkan pembicara yaitu Ketua BEM UI, Muhammad Syaeful Mujab, CEO konsultan politik Cyrus Network, Hasan Nasbi Batupahat, Pengamat Ekonomi-Politik Christianto Wibisono, mantan Menko Perekonomian, Rizal Ramli, dan dipandu moderator Budiarto Shambazy.

“Nah, silahkan datang lagi ke Balai Sarwono, alumni Fisip Universitas Indonesia, semua angkatan rapatkan barisan pada 12 Januari 2018 di malam hari,” ujar Asri Hadi, pemred Indonews, yang kali ini kebagian sebagai Humas di acara “Now For Iluni Fisip”.

“Acara Live Performance Gratis” itu, menghadirkan beberapa musik band termasuk Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks (disingkat OM PSP). Merupakan grup musik dangdut humor asal Indonesia yang popular pada paruh akhir dekade 1970-an, terutama di kalangan mahasiswa, dewasa muda serta keluarga.

Masih menurut Asri Hadi, grup musik ini seringkali tampil bersama-sama dengan Warkop DKI pada masa jayanya. Selain sering memainkan dan memelesetkan lagu-lagu dangdut popular tahun 1960-an dan 1970-an (misalnya Siksa Kubur atau Seia Sekata), mereka juga dikenal dari lagu-lagu yang diciptakan sendiri, seperti Fatime dan Drakula.

“OM PSP dapat dianggap pelopor dangdut humor, subgenre yang masih disukai hingga sekarang,” ujar pria yang kerap dipanggil Buyung ini. Jadi, bagi para fansnya, silahkan bersilaturahmi.

Para personel OM PSP diantaranya adalah beberapa sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia yang berkampus di daerah Rawamangun, kota Jakarta Timur. OM PSP yang terdiri atas Ade Anwar (gendang I, vokal), Monos (gitar, vokal), Omen (okulele, vokal) , Rizali Indrakesumah (mandolin, vokal), Dindin (tamborin), Aditya (gendang II), Andra Ramadan Muluk (marakas), James R Lapian (bas) serta bintang tamu Edwin Hudioro.

Kepopuleran mereka diperkuat setelah kerap tampil bersama Warkop dalam program Warung Kopi di salah satu sebuah stasiun radio ibukota, Prambors, yang pada saat itu sangat disukai kalangan remaja dan mahasiswa Jakarta. Debut mereka pertamakali tampil di stasiun televisi nasional, TVRI pada peringatan ulang-tahun TVRI pada tahun 1978. Setelah itu, mereka tampil dalam beberapa film yang juga lumayan sukses di pasaran.

“Kekuatan mereka adalah pada aransemen musik yang khas dan celotehan lirik lagu yang sangat lekat dengan kehidupan masyarakat,” ujar Asri Hadi, pria yang juga pengurus Asosiasi Media Digital Indonesia ini. Proses kreatif itu yang menjadikan karya-karya mereka sulit ditandingi oleh grup-grup serupa, “Yang muncul pada kurun tahun belakangan.”

Asri Hadi mengingatkan, munculnya, grup OM PSP ini dikontekstualisasikan pada zaman ketika pergerakan mahasiswa 77/78 memperoleh momentumnya.

Pada saat itu, gerakan mahasiswa sedang gencar mengkritik berbagai ketimpangan sosial. “Personel grup PSP berhasil dengan bagus memotret ketimpangan itu,” jelas Asri Hadi, sembari mengajak semua pihak untuk hadir dan silaturahmi dalam acara di tanggal 12 Januari 2018, yang berlangsung di Joglo Beer, Balai Sarwono, Jakarta Selatan.

baca juga: majalah MATRA edisi Cetak Terbaru

Previous «
Next »

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Be designer for your site
Background Pattern
                       
Background Image
           
Skins
           
Page Width
Full Width Boxed Width