Media Paling Berpengaruh Di Industri Pariwisata, Merekomendasi Negara Yang Wajib Dikunjungi

MATRANEWS.id — Banyak di antara rekan jurnalis wisata kuliner, melipir dalam rangkaian diskusi acara Hari Pers Nasional (HPN 2020) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Malah mereka, pergi mencoba kuliner dan mencari sensasi lain, seperti belanja di Pasar terapung atau pasar apung. Wisata ikonik dari kota yang memiliki julukan Kota Seribu Sungai.

Jika pasar tradisional, biasanya berada di daratan dan di tengah-tengah penduduk suatu kota, namun tidak dengan Banjarmasin. Kota ini mempunyai pasar dengan julukan pasar terapung yakni Pasar Lok Baintan. Berlokasi di Sungai Martapura.

Pasar yang hanya beroperasi sejak pukul 06.00 hingga 08.00 WITA ini mengharuskan pengunjung bangun lebih awal untuk bisa menikmati sensasi belanja di atas perahu. Dari hotel, ya harus siap, subuh. Karena perjalanan ke TKP dari Banjarmasin, bisa sekitar satu jam.

Indonesia memang dikarunia alam yang luar biasa indah. Tak hanya sedap dipandang, kekayaan alam seperti buah pun menjadi salah satu daya tarik. Durian menjadi buah yang menjadi sensasi. Tak hanya menjemput di bandara, tapi kawan jurnalis dari Kalimantan sudah menyiapkan duren.

Tak sembarang duren, tapi durian mini dengan warna kulit kuning matang dan orange terang pada dagingnya. Buah ini dikenal dengan nama pekawai atau lai. Pekawai berbuah hampir bersamaan dengan durian biasa. Hanya saja buahnya lebih kecil dan tidak beraroma menyengat.

Daging lai juga diketahui lebih kenyal. Kami nikmati, usai menikmati patin bakar yang uenak tenan. Melipir di sudut warung, pelintasan menuju ke Banjarmasin. Bebek tanpa tulang, hingga soto banjar. Lontong Orari juga menjadi trending, tapi memang harus sabar karena antri.

Terlepas dari wisata Banjarmasin, Indonesia memang banyak memiliki obyek wisata dan kuliner yang asyik. Angel’s Billabong, sebuah objek wisata tersembunyi di Nusa Penida, Bali. Sebuah sungai bermuara buntu yang berada di tepi laut.

 

Salah satu sungai yang mengalir di daratan Nusa Penida terjebak di ceruk-ceruk kecil, membentuk kolam temporer yang jernih. Air yang memenuhi ceruk billabong tampak berwarna biru kehijauan. Tak heran kalau tempat ini menjadi salah satu spot wisata yang paling dicari oleh wisatawan.

Alam menciptakan berbagai keindahan yang tak akan habis dinikmati oleh mata manusia. Mulai dari bukit menjulang berselimut warna pelangi, danau merah jambu, sungai permai yang tampak magis, atau bahkan hutan lebat yang berubah kemerahan di musim gugur.

Wajarlah jika Indonesia terpilih sebagai negara terbaik di dunia untuk dikunjungi berdasarkan penghargaan Condé Nast Traveler Readers ‘Choice Awards tahun 2019. Peringkat ini melonjak naik dari tahun sebelumnya yang hanya menempati peringkat 15. Kemenangan Indonesia dengan skor 92,78 diikuti oleh negara-negara Asia lainnya, seperti Thailand di peringkat ke-2, Sri Lanka peringkat ke-4, dan Filipina peringkat ke-8.

Condé Nast adalah media massa asal Amerika yang didirikan pada tahun 1909 oleh Condé Montrose Nast. Perusahaan yang berkantor di One World Trade Center ini adalah perusahaan media paling berpengaruh untuk industri pariwisata di dunia sehingga hasilnya tentu sangat kredibel.

Untuk menentukan negara terbaik, Condé Nast melakukan survei dengan melibatkan lebih dari 600.000 pemilih terdaftar dari seluruh dunia. Berdasarkan hasil survei tersebut, ada enam faktor yang membuat Indonesia jadi negara yang wajib dikunjungi.

Pertama, Indonesia memiliki pulau dan pantai yang memukau Indonesia memiliki 17.508 pulau sehingga menjadi tempat favorit untuk menyelam karena ada begitu banyak situs menyelam di seluruh Indonesia dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Kedua, Indonesia memiliki beragam masakan khas. Indonesia terdiri dari ratusan suku bangsa yang masing-masing mempunyai tradisi, adat, dan budaya yang berbeda, termasuk dalam hal kuliner. Berkunjung ke Indonesia akan mendapat perjalanan kuliner yang mengesankan.

Di Indonesia dapat dinikmati masakan lokal khas yang berasal dari rempah-rempah asli dan teknik memasak yang juga khas. Dari nasi goreng hingga sambal, Indonesia adalah tempat favorit bagi mereka yang mencari kepuasan makan yang intens dan mengasyikkan.

Ketiga, Indonesia memiliki banyak satwa liar, mulai dari orang utan, harimau, gajah, kera, dan binatang endemik yang hanya ada di Indonesia, yaitu Komodo. Setiap wilayah di Indonesia memiliki habitat dan hewan yang berbeda. Kalimantan menawarkan petualangan perjalanan menyusuri sungai untuk melihat orang utan. Sumatra memiliki mamalia besar seperti gajah dan orangutan di tengah-tengah hutan belantara. Di Papua terdapat burung Cendrawasih, kanguru pohon, dan kuskus.

Keempat, selain alam yang indah, Indonesia juga menawarkan beberapa spa paling indah dan tempat retreats mewah. Baik itu di Bali atau di kota yang sibuk seperti Jakarta, ada banyak tempat untuk relaksasi dan memulihkan stamina.

Kelima, Indonesia merupakan surga belanja. Orang Indonesia memang suka belanja, jadi tidak mengherankan jika di Indonesia terdapat ratusan tempat terbaik untuk berbelanja, mulai dari pasar dengan harga yang sangat terjangkau hingga beberapa mal kelas atas. Selain itu, setiap tahun terdapat pesta diskon untuk berbelanja barang-barang kerajinan tangan berkualitas tinggi.

Keenam, orang Indonesia sangat paham mengadakan pesta. Kehidupan malam yang menyenangkan dan tak terlupakan akan dapat dinikmati di beberapa kota besar di Indonesia, mulai dari Bali, Jakarta, hingga Bandung.

Berikut daftar peringkat Top 20 Countries in the World: Readers’ Choice Awards 2019.

  1. Indonesia 92.78 2.
  2. Thailand 92.37 3.
  3. Portugal 91.94
  4. Sri Lanka 91.79
  5. Afrika Selatan 91.59
  6. Peru 91.28
  7. Greece 91.18
  8. Filipina 90.63
  9. Italia 90.62
  10. Vietnam 90.46
  11. Turki 90.15
  12. Jepang 89.74
  13. Meksiko 89.7
  14. Tanzania 89.62
  15. Israel 89.54

Tinggalkan Balasan