Komunitas

Ade Supandi (Mantan KASAL): “Saya Akan Tetap Berkarya Untuk bangsa,”

1.02KViews
Konvergensi Majalah MATRA

MATRANEWS.id —  Inilah orang-orang yang berperan besar dalam karir Laksamana (TNI) purnawirawan Ade Supandi.  Sosok tentara yang bersahaja ini.

Dalam wawancara di Whatsapss, ia mengutip inspirasi puisi Robert Browning “Abt Vogler” yang menyarankan untuk merencanakan sesuatu yang besar bahkan yang Anda tidak bisa menyelesaikannya saat masih hidup.

Dalam usia lanjut, kita harus berusaha melayani masyarakat. Hidup adalah Anugerah. Mari jalani dengan niat baik dan semangat berkarya.

“Saya akan tetap berkarya untuk bangsa,” kata pria kelahiran Batujajar, 26 Mei 1960 silam.

Begitulah Ade Supandi, lahir dari keluarga sederhana, yang tak berinteraksi dengan debur ombak dan asinnya air laut.

Kodrat Ilahi, tampaknya menyuratkan bahwa tak banyak anak lelaki seperti dia. Pendidikan agama yang kuat, membuatnya berani, tak sekedar punya nyali.

Sosoknya malah menjadi sosok tangguh dan teguh. Hingga puncaknya, perjalanan karirnya jadi catatan sejarah tersendiri di dunia militer Indonesia.

Ada cerita, di lingkungan TNI Angkatan Laut (TNI AL), karier Ade Supandi tergolong cemerlang.

Disebut-sebut, Ade merupakan manusia perencana (planner) yang hebat. Bahkan, yang bersangkutan pun sudah menjadi “terencana” secara tidak sadar oleh semua conditioning tersebut.

Momentum future question secara luar biasa, disebut berhamburan di segala prosesnya.

Merupakan KSAL Kedua dari Tanah Pasundan. Kesamaan antara Laksamana RE Martadinata dan Laksdya TNI Ade Supandi, keduanya sama-sama putra Pasundan.

Keduanya juga berada di masa kepemimpinan yang boleh dibilang concern terhadap maritim. RE Martadinata dibawah pimpinan Bung Karno fokus membangun Bangsa ini dari maritim.

Mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) itu mengaku bangga ikut mencurahkan pikiran untuk pengembangan TNI Angkatan Laut.

“Jelas, saya tidak bisa melakukan apapun yang seperti saya lakukan sekarang tanpa istri,” ucap Ade tentang sosok  bernama  Endah Esti Hartanti Ningsih, yang terus menginspirasinya.

 

Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »