Antisipasi Skenario The New Normal BUMN, Tak Dipahami Direksi BUMN

Alex Denni Deputi Bidang SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN.

Erick Thohir mengingatkan, pada masa-masa inilah para perusahaan BUMN diharapkan bisa menjadi lokomotif dan pelopor, untuk mendorong masyarakat menuju era fase new normal tersebut.

MATRANEWS.id — Sampai saat ini baru 82% BUMN yang siap menghadapi The New Normal sampai batas 26 Mei.

BUMN yang belum siap diharapkan bisa mengikuti perubahan yang sangat cepat ini sehingga tidak ada BUMN yang tertinggal.

“Masih ada waktu, sudah 82% progres kita sampai hari ini artinya 26 Mei 100% BUMN” ujar Alex Denni Deputi Bidang SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN.

Keterbukaan Alex Denni membuat banyak orang terkesiap.

”Buat yang belum siap, tolong segera bangun. Sehingga hiduplah di kebutuhan yang baru,” demikian Denni berujar .

Pasalnya, Transformasinya jauh lebih cepat dari yang kita persiapkan. Pastikan Anda ikut dalam gelombang formasi ini jangan sampai ada BUMB kita yang tertinggal.”

Deputi Bidang SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN memang sempat geram dengan kelakuan para direksi BUMN yang komunikasinya kacau balau. Hal itu sejak adanya kebijakan bekerja dari rumah (Work From Home/WFH).

Alex mengatakan, banyak direksi yang tidak fokus saat pertemuan online sehingga pesan yang disampaikan tidak terserap dengan baik. Belum lagi ada beberapa direksi yang hanya titip absen hingga diwakili, tanpa ingin tahu informasi apa yang terjadi setelahnya.

“Kita tahu bahwa kalau kita mendengarkan sesi seperti ini tentunya hanya separuh yang betul-betul mendengarkan. Sebagian lainnya menyambil-nyambil-nya.

Pernyataan Alex di sebuah online, bagaimana kelakukan minus Direksi BUMN sangat terbuka.

Bagaimana direksi BUMN, sambil buka WhatsApp, sambil ngerjain dan lain-lain. Lebih menarik lagi misalnya dari separuh yang mendengar hanya separuh yang paham apa yang dimaksud.

Alex  mencontohkan soal surat edaran yang dikeluarkan baru-baru ini untuk Direktur Utama perihal Antisipasi Skenario The New Normal BUMN.

”Banyak direksi yang masih bertanya apakah tanggal 26 Mei kembali bekerja di kantor,” ujar Alex yang kemudian mengingatkan, seharusnya para direksi sudah paham maksudnya, tak harus nanya lagi.

Sudah jelas maksudnya 26 Mei adalah batas terakhir tiap unit usaha mengirimkan prosedur standar operasional.

“Masih ada Direktur SDM yang nanya ‘Pak apakah karyawan kita harus masuk tanggal 26 Mei? Padahal PSBB-nya mau diperpanjang’. Ini kan pertanyaan yang luar biasa,” Alex menyebut kelakuan para direksi BUMN yang eror.

”Jadi, Anda boleh saja tidak hadir dalam sesi meeting, boleh saja diwakilkan tapi tolong jangan seperti mahasiswa tempo dulu yang nitip absen. Begitu absennya dititip selesai tanggung jawabnya,” tegasnya.

Alex sebenarnya tidak mempermasalahkan direksi yang suka titip absen. Yang terpenting adalah pesannya sampai dan tercerna dengan baik.

“Biasanya kalau kita meeting datang cuma buat setor muka doang abis itu ngilang lewat pintu belakang. Ini juga sama beberapa di antaranya mewakilkan,” Alex buka kartu.

Tapi, ”Kami sebetulnya tidak mempermasalahkan ada yang mewakili. Yang paling penting adalah komunikasinya sampai. Karena di era seperti sekarang ini, komunikasi yang akan mempengaruhi organisasi ke depan ataupun ke belakang.”

 

 

Tinggalkan Balasan