Artis-Artis Yang Merapat Ke Istana Mendapat Souvenir Kalung Anti Virus

Kalung eucalyptus yang memicu polemik di masyarakat itu telah terdaftar dalam Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Siap diedarkan ke masyarakat oleh swasta

MATRANEWS.id — Sederet artis  memakai kalung tersebut seusai diundang ke Istana Presiden.  Selain Yuni Shara, pedangdut Iis Dahlia juga mengungkapkan rasa bangganya terhadap temuan Kementan itu. Hal itu ia sampaikan melalui unggahan di akun Instagramnya.

Iis mengunggah foto dirinya sedang duduk dan memakai kalung berwarna hijau tersebut.

Dulu saya pakai produk dari luar, namun yang saya pakai saat ini kalung eucaliptus produk Indonesia, inovasi karya anak bangsa, yg dibuat dari tanaman asli yang tumbuh di Indonesia dan saya sangat bangga memakai produk ini,” tulisnya di Instagram.

Wanita berusia 48 tahun itu juga menyebut kalung ini dapat membantu dirinya agar terhindar dari virus corona. “Kalung Eucalyptus ini juga membantu sy merasa aman dan terlindungi dari Virus,” tambahnya disertai dengan tagar #banggaDenganBuatanIndonesia.

Pedangdut Kristina Iswandari atau biasa dikenal dengan nama panggung Kristina juga bangga memakai kalung produksi Kementan itu.

Ia mengunggah video dirinya saat bertemu dan dipakaikan langsung kalung antivirus oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Video berdurasi 21 detik itu ia unggah di akun Instagram pribadinya, @kristinadangdut.

Bismillah…Karya Anak bangsa harus kita apresiasi bersama…Kalung Eucalyptus yang di Gagas oleh Kementan Pak Mentan @syasinlimpo bersama Litbang untuk menjaga/melindungi dalam kondisi Pandemi ini. Salam Sehat dan Bahagia selalu Everyone,” tulisnya.

Sementara itu, artis Luna Maya juga kedapatan mengenakan kalung antivirus corona saat menjadi bintang tamu dalam siaran podcast Youtube milik Deddy Corbuzier. Dalam video berduasi sekitar 47 menit itu, Luna Maya mengatakan dirinya merasa lebih tenang ketika memakai kalung aroma terapi eucalyptus, meskipun belum tahu kemanjurannya atasi Covid-19.

Walaupun kita enggak pernah tahu ini bener atau enggak, tapi setidaknya membuat hatiku sedikit lebih tenang, secara psikologi ya. Ya Cuma kadang terlihat lebih bodoh,” kata Luna Maya sambil menertawakan dirinya.

Serupa dengan Luna Maya, Kalina Ocktarany juga mengungkapkan dirinya memakai kalung antivirus corona. Hal itu ia sampaikan saat diundang menjadi bintang tamu dalam video Youtube Deddy Corbuzier.

Kalina menyarankan agar keluarganya menggunakan kalung tersebut. Dalam video itu, Kalina yang juga merupakan mantan istri Deddy Corbuzier itu juga mengatakan telah mengirimkan kalung antivirus agar digunakan anaknya, Azka Corbuzier.

“Untuk mencegah virus Corona, bukan obat. Eucalyptus dianggap lebih tahan dan lebih bagus karena telah melalui hasil ujicoba penelitian,” ujar Syahrul Yasin Limpo (Menteri Pertanian) kembali menjelaskan manfaat kalung antivirus berbahan atsiri alias eucalyptus atau Kalung Eucalyptus.

Mentan Kemana-mana Memakai Kalung Anti Virus ini

Mengaku sempat di-bully, tatkala memaparkan kemampuan kalung antivirus berbahan atsiri alias eucalyptus atau Kalung itu.

“Kalung antivirus, merupakan hasil penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian (Balitbang Kementan),” ujar Syahrul Yasin Limpo, yang kini pelit diwawancara, setelah pernyataannya soal kalung mujabat Covid-19 menjadi kontroversial.

Balitbang, kata dia, telah meneliti terhadap 700 jenis pohon kayu putih. Satu di antaranya diklaim terbukti membunuh virus Corona.

Syahrul mengatakan, jika kalung ini dipakai 15 menit, keberadaannya bisa melumpuhkan 42 persen virus Corona. Sedangkan bila dikenakan lebih lama, yakni 30 menit, kalung bisa mematikan 80 persen virus Corona dalam tubuh.

Selain kalung, Kementan menciptakan produk serupa dengan bentuk roll on.

“Aku punya laboratorium yang paling besar yang menjadi cikal bakal fakultas peternak seluruh Indonesia dari Belanda, kemudian 340 profesor di antaranya ahli virus ada di saya, kemudian Eucalyptus kita punya,” tuturnya.

Menurutnya, uji coba di lapangan telah dilakukan terhadap orang yang diklaim positif terkena Covid lalu berhenti setelah diberikan Eucalyptus.

“Tapi yang jelas, Indonesia memiliki rempat-rempah dan tanaman obat yang dibutuhkan oleh dunia seperti India, Turki, dan Italia,” ucap Syahrul.

Sebelumnya, Kepala Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian Fadjry Djufry mengatakan kementerian tidak menjual inovasi berbasis Eucalyptus.

Menurut Fadjjry, mitra industri Kementan lah yang memproduksi dan menjual inovasi berbasis Eucalyptus itu.

Kalung berbahan kayu putih (eucalyptus) produksi Kementerian Pertanian (Kementan) akan dipasarkan melalui pihak ketiga atau swasta.

Kalung “jamu” antivirus  ini akan dipasarkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang minyak berbahan dasar tanaman eucalyptus.

Supaya masyarakat dapat membeli produk berbasis Eucalyptus dengan harga terjangkau, Kementan telah melakukan kerja sama dengan mitra industri untuk dapat memproduksi inovasi secara massal.

Keterlibatan industri, kata dia, diharapkan dapat mempercepat pemanfaatan produk agar sampai di tangan masyarakat, mengingat Balitbangtan tidak boleh berbisnis sebagai lembaga riset.

Diedarkan Swasta? Klik ini

disain akurat.co & Solopos

Kalung berbahan kayu putih (eucalyptus) produksi Kementerian Pertanian (Kementan) akan dipasarkan melalui pihak ketiga atau swasta.

Kalung antivirus akan dipasarkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang minyak berbahan dasar tanaman eucalyptus.

 

Tinggalkan Balasan