Bagaimana Menangani Cegukan?

Perawatan paling sederhana untuk cegukan melibatkan beberapa mekanisme umum seperti menahan napas sebentar atau bernapas sambil mencondongkan tubuh ke depan dengan lutut ditarik ke dada.

Selain itu, berkumur tampaknya bisa merangsang tenggorokan Anda, yang merupakan cara lain untuk mengganggu tindakan tak sadar diafragma Anda.

MATRANEWS.id — Cegukan terjadi saat diafragma Anda yakni otot yang memisahkan paru-paru dan perut tiba-tiba dan tanpa sengaja berkontraksi, kata Dr. Melvin Look, dokter sekaligus konsultan bedah di Mount Elizabeth Novena Hospital.

Kontraksi ini menarik udara ke paru-paru dan jika kondisi ini terjadi tiba-tiba saat kotak suara Anda berkontraksi, muncullah suara yang berbunyi seperti “hic”.

Menurut Look, seperti dilansir dari Channel News Asia, Senin, penyebab diafragma bisa mengalami hal ini belum diketahui secara jelas.

Lama-lama cegukan bisa sangat menjengkelkan karena mempengaruhi Anda berbicara. Kondisi ini bisa berlangsung beberapa menit dan hilang dengan sendirinya tetapi jika sampai lebih dari dua hari atau terus berulang selama 48 jam, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter.

“Karena cegukan yang berkepanjangan dapat menunjukkan gangguan struktural, infeksi atau inflamasi yang berdampak pada sistem saraf pusat atau saraf tertentu atau cabangnya,” kata ahli gastroenterologi di Gleneagles Hospital, Dr. Amitabh Monga.

Menurut dia, gangguan ini mungkin termasuk penyakit lambung, hati, pankreas atau otak.

Look mengatakan, perawatan paling sederhana untuk cegukan melibatkan beberapa mekanisme umum seperti menahan napas sebentar atau bernapas sambil mencondongkan tubuh ke depan dengan lutut ditarik ke dada.

Selain itu, berkumur tampaknya bisa merangsang tenggorokan Anda, yang merupakan cara lain untuk mengganggu tindakan tak sadar diafragma Anda.

Menurut Monga, kemanjuran cara ini belum dapat dikonfirmasi. Walau begitu, metode ini mudah dilakukan dan memiliki risiko komplikasi yang rendah, oleh karena itu tidak ada salahnya untuk dicoba.

Jika tidak ada penyebab medis yang mendasari, dokter mungkin meresepkan obat untuk menghentikannya.

Cegukan adalah suatu gejala kejang-kejang atau konvulsi (kontraksi yang berulang-ulang) pada sekat rongga badan atau diafragma. Kejang ini dapat terjadi karena adanya peningkatan rangsangan saraf yang berasal dari saraf frenikus, yaitu saraf yang mengontrol otot-otot diafragma.

Tinggalkan Balasan