IT  

Benarkah Alexa.com Eror

MATRANEWS.id – “Curiga nih, jangan-jangan Alexa.com eror,” ujar seorang coach Densus Digital, dalam laman grup Asosiasi Media Digital. Pasalnya, Hariankami.com tiba-tiba dipaparkan sebagai top sites 174 di negara Lithuania.

Rangking di Alexa.com harus diakui, masih  menjadi referensi kelangsungan hidup website yang kita miliki.

Menjadi  kebanggaan kalau mempunyai rangking tinggi di Alexa, meskipun banyak juga yang menyebut  perhitungan di Alexa kurang akurat.  Tetap saja, beberapa perusahaan atau badan organisasi masih menilai seberapa bermutu website dimiliki dengan rangking di Alexa.

Yang membuat penasaran,  menguak negara mana itu Lithuania. Sebuah negara yang terletak di benua Eropa, tepatnya dibagian utara benua Eropa. Negara yang secara geografisnya berada diantara 53°-57°LU dan 21°-27°BT.

Lithuania, yang secara akar etimologisnya bermakna ‘hujan’ (karena memang frekuensi hujan amat sering disana),  adalah salah satu negara bagian dari trio negara Baltic (karena berlokasi di tepian Laut Baltik) disamping, Latvia dan Estonia.

Lithuania ini berbatasan dengan negara Polandia di selatan dan berbatasan dengan Latvia disebelah utaranya. Sedangkan di sebelah tenggaranya berbatasan Polandia dan Oblast Kaliningrad (sebuah wilayah enklave Rusia) di barat dayanya.

Salah satu dari tiga negara yang terletak di kawasan Baltik. Ibukota Lithuania adalah kota Vilnius. Lithuania dikenal dengan daratan burung bangau dan menjadi burung nasional negara tersebut, yang habistanya mencapai 13.000 pasang.

Dalam sejarahnya, Lithuania pernah menjadi negara terbesar di benua Eropa pada abad ke-14. Pada tahun 1569, Lithuania dan Polandia bersatu membentuk negara Persemakmuran Polandia-Lithuania.

Hingga 1772 – 1795, negara ini secara sistematis dipecahkan dan dikuasai oleh negara-negara tetangganya. Lithuania kemudian memperoleh kembali kemerdekaannya setelah Perang Dunia I, tetapi pada tahun 1940 dianeksasi oleh Uni Soviet.

Kekuasaan Uni Soviet terhadap Lithuania ini tidak pernah diakui oleh Amerika Serikat dan sebagian besar negara-negara lainnya.

Pada 11 Maret 1990, Lithuania mendeklarasikan kemerdekaannya namun tidak diakui oleh Uni Soviet hingga bubarnya Uni Soviet pada tahun 1991.

Tanggal 6 September 1991 kemudian diperingati sebagai hari Kemerdekaannya Republik Lithuania. Agama Katolik Roma adalah agama mayoritas di negara bekas Uni Soviet ini. Bahasa resminya adalah bahasa Lithuania.

Lithuania menganut Sistem pemerintahan Republik semi-Presidensil yang kepala negaranya adalah seorang Presiden sedangkan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri.

Presiden yang dipilih secara langsung untuk masa jabatan 5 tahun dengan maksimum 2 kali periode masa jabatan. Presiden memiliki kekuasaan besar seperti mengurusi urusan luar negeri, keamanan nasional dan sebagai Panglima tertinggi militer serta menunjuk Perdana Menteri, sejumlah pegawai negeri sipil dan juga Hakim untuk semua pengadilan.

Agama Katolik masih memegang peranan krusial di tengah masyarakat Lituania, tetapi masih belum sepenuhnya keluar dari cara berpikir lama dalam memakai potensinya untuk membawa pengaruh yang positif di tengah masyarakat.

Gereja-gereja Pentakosta dan Karismatik yang lebih baru mengalami pertumbuhan dengan cepat dalam dekade terakhir ini melalui spiritualitas yang dinamis yang dikombinasikan dengan

Nama Lithuania sudah disebut pertama kali dalam Annal of Quedlinburg pada tahun 1009. Lithuania adalah salah satu dari tiga negara yang dikenal dengan “Negara Baltik” kedua negara Baltik lainnya adalah Estonia dan Latvia.

Menurut penelitian oleh ilmuwan Perancis pada tahun 1989, letak geografis Lithuania persis berada di tengah-tengah Eropa.  Lithuania adalah negara terakhir di Eropa yang pindah ke agama Kristen. Sebelumnya agama penduduk Lithuania adalah “Romuva”.

Komunitas Yahudi mulai menetap di Lithuania pada abad ke-15. Kota Vilnius menjadi pusat kebudayaan dan pendidikan penting agama Yahudi, bahkan kota Vilnius dijuluki dengan “Jerusalem of Lithuania”.

Lithuania merayakan dua hari kemerdekaan, yang pertama adalah pada tanggal 16 Februari dan yang kedua adalah Hari Perbaikan (Restorasi) Kemerdekaan pada tanggal 11 Maret.

Usia bahasa Lithuania lebih tua dibandingkan bahasa Yunani, Latin, Jerman, Celtik, atau Slav. Bahasa Lithuania termasuk kelompok Indo-Eropa dan dekat dengan bahasa Sanskrit.

Banyak ahli filologi umumnya sepakat bahwa bahasa Lithuania adalah bahasa yang paling kuno dari seluruh bahasa yang masih ada. Menurut bahasa pribumi, negara Lithuania dinamakan Lietuva.

Belum ada analisis, berapa pemegang internet di sana. Sehingga dalam rangking Alexa.com, untuk website Hariankami.com masuk dalam peringkat top sites 174 di negara Lithuania.

Ya itulah, “catatan pinggir”nya.  Hanya untuk Anda, dari kami. Salam sehat untuk semua.

S.S Budi Rahardjo saat memberi pencerahan di komunitas digital

baca:   Majalah MATRA edisi cetak– klik ini

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan