BULOG Amankan Pasokan Beras Jelang Ramadhan Dan Idul Fitri 2020

MATRANEWS-id – Tak terasa dalam dua bulan mendatang, umat Islam akan kedatangan Bulan Suci Ramadhan 1441 H. Seperti tahun-tahun sebelumnya, di bulan puasa ini kebutuhan sembilan bahan pokok akan meningkat, terutama beras.

Jelang Ramadhan dan Idul Fitri 2020 Perum BULOG siap mengamankan pasokan beras di seluruh wilayah NKRI. Kecukupan stok beras ini dibuktikan langsung dengan sidak (inspeksi mendadak) yang dilakukan oleh Direktur Utama Perum BULOG Budi Waseso ke Gudang BULOG Kanwil DKI dan Banten di Kelapa Gading, Kamis (27/02).

Budi Waseso mengatakan, stok beras nasional yang ada di gudang Bulog di seluruh Indonesia saat ini mencapai 1,7 juta ton.

“Dengan stok BULOG yang cukup besar dan tersebar di seluruh Indonesia masyarakat tidak perlu khawatir dalam menyambut Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini,” ujar Budi Waseso.

Untuk menjaga stabilisasi harga beras medium Perum BULOG di seluruh wilayah terus aktif melaksanakan Program KPSH (Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga) Beras Medium. Adapun realisasi pelaksanaan KPSH sejak Januari hingga 26 Februari 2020 sebesar 300 ribu ton.

“Kegiatan KPSH kami laksanakan setiap hari secara masif melalui pengecer di pasar tradisional, retail modern, jaringan Sahabat Rumah Pangan Kita (RPK), sinergi BUMN serta distributor sehingga mampu menahan laju kenaikan harga beras hampir selama tahun 2019,” tegas pria akrab disapa Buwas ini.

Selain itu, Perum BULOG juga sudah turut serta dalam mensupplai beras untuk Program BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai). Penyaluran beras BPNT dilakukan BULOG dengan mensupplai melalui e-warong dan agen Himbara (Agen Brilink dan Agen 46) serta melalui RPK (Rumah Pangan Kita). Hingga 26 Februari 2020 BULOG telah menyalurkan beras BPNT sebanyak 43 ribu ton. (Abdul Kholis)

Tinggalkan Balasan