viral  

Bulog Raih Penghargaan Stabilisator Harga Pangan Selama Pandemi Covid-19

MATRANEWS.id — Kementerian Perdagangan memberikan apresiasi dan mengakui peran Perum BULOG yang sangat strategis dan penting, khususnya selama masa Pandemi Covid-19.

Bulog dinilai berhasil menjaga kelancaran dan stabilisasi harga pangan, sekaligus membantu percepatan pemulihan roda perekonomian nasional terutama dalam penyediaan kebutuhan pangan pokok.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto memberikan langsung penghargaan tersebut kepada Direktur SDM dan Umum Perum BULOG Bagya Mulyanto,  yang mewakili Dirut Perum BULOG Budi Waseso.

Acara berlangsung  di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (25/8).

Penghargaan yang sama diberikan kepada pelaku usaha di bidang pangan lainnya dan juga kepada satuan tugas (Satgas) Pangan Mabes Polri.

Perum BULOG dan Satgas Pangan merupakan dua institusi yang mendapatkan penugasan khusus Presiden untuk memantau dan menjaga stabilisasi harga pangan dalam situasi luar biasa seperti saat ini.

Direktur SDM dan UMUM Perum BULOG Bagya Mulyanto mengatakan, Perum BULOG berterimakasih atas apresiasi yang diberikan oleh Kementeriam Perdagangan.

“Kami dalam hal ini Perum BULOG terus bekerja keras di tengah situasi yang sulit seperti sekarang,” ujar Bagya tentang pengendalian harga yang membutuhkan respon cepat dan kerjasama.

Prinsipnya, kepentingan rakyat banyak-lah yang mejaid prioritas Perum BULOG.

“BULOG berharap dukungan yang terus menerus dari Kementerian Perdagangan seperti saat ini akan memberikan atmosfir sinergi yang kuat, baik pihak regulator maupun pelaku usaha,” masih dalam pernyataan Bagya Mulyanto.

Momen ini akan mendorong kerjasama yang lebih luas dalam upaya menjaga stabilasasi pangan nasional bersama-sama.

Bagya kemudian menceritakan, begitu Presiden mengumumkan kasus Covid-19 muncul di Indonesia dan pandemik yang lansung meluas, manajemen BULOG langsung mengaktifkan status krisis.

Hal ini, guna memastikan distribusi bahan pangan pokok, serta jalur dengan petani tidak mengalami gangguan.

“Terlebih dalam memastikan jalur distribusi agar tetap lancar apapun resiko dan situasinya,” demikian  Direktur SDM dan Umum Perum BULOG.

“Bayangkan, dengan wilayah yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, BULOG harus menjamin kebutuhan pangan pokok harus terjaga dan terjangkau agar tidak menambah eskalasi krisis,” tutur Bagya bersaksi.

Stok pangan harus cukup dan tersedia di gudang-gudang BULOG diseluruh Indonesia, enam bulan sampai setahun ke depan, karena akan membuat harga stabil dan rakyat tidak perlu panik.

Dengan demikian rakyat dan petani menjadi tenang, dan pada akhirnya ikut menggerakkan roda perekonomian dimasa Pandemi Covid-19,” katanya.

Bagya menjelaskan, Perum BULOG selalu siap untuk mendorong berjalannya roda perekonomian dalam bidang pangan, dengan terus menyerap produksi dalam negeri dan menyalurkan kembali demi menjaga stabilisasi harga pasar,” kata Bagya lagi.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, penanganan kondisi Pandemi Covid-19 ini sangat membutuhkan kerjasama erat antar lembaga dan pelaku usaha.

“Karena hanya dengan koordinasi yang kuat dapat mewujudkan tujuan pemerintah, yaitu mengamankan pasokan pangan pokok dengan harga yang stabil di seluruh Indonesia,” ujar Agus Suparmanto.

Agus juga menyampaikan berbagai kebijakan dan langkah stabilisasi harga barang kebutuhan pokok yang dilakukan berjalan dengan efektif karena didukung oleh seluruh pihak.

Menteri Perdagangan sekali lagi mengapresiasi baik BUMN khususnya BULOG, pemerintah daerah, pelaku usaha, masyarakat dan Satgas Pangan Polri sebagai pihak penegak hukum dan pengawal kelancaran distribusi.

Pada acara pemberian apresiasi tersebut, juga dilakukan pelepasan simbolis ekspor bawang merah goreng yang akan di kirim ke Malaysia.

Ekspor tersebut adalah salah satu bentuk usaha untuk menjaga neraca dagang negara agar dapat terus meningkat selama Pandemi Covid-19.

 

baca juga:  majalah MATRA cetak edisi terbaru – klik ini

 

 

 

Tinggalkan Balasan