Konvergensi Majalah MATRA

“Catatan Pinggir Medsos”, Aktivis LSM Desa Cegah Narkoba Di Luar Negeri

MATRANEWS.id — New  York, Amerika — Aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Desa Cegah Narkoba ini sedang berada di Paramount Hotel Times Square New York City.  Laiknya anak gaul, yang tak lupa selfie dan meng-upload situasi dimana pun dan kapan pun.

“Orang sukses membangun satu sama lain. Mereka menginspirasi dan memotivasi satu sama lain,” ujar Gugun Gumilar, pemuda kelahiran 20 April 1989 asal Selaawi Pasawahan, yang berhasil menyelesaikan S2 di Hartford University Amerika Serikat.

Alumni MAN Purwakarta ini memperoleh gelar Sarjana (S1) jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung melalui jalur PMDK dan menjadi lulusan terbaik dengan IPK 3,90.

Berbagai jenis beasiswa pernah Gugun dapatkan seperti beasiswa Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) yang berasal dari departemen agama dari tahun 2007 sampai 2011, beasiswa Bank Indonesia pada tahun 2009 dan beasiswa Supersemar di tahun 2010 hingga menjadi ketua Himpunan Mahasiswa (HIMA) Pendidikan Bahasa Inggris periode 2009-2010.

Lewat media sosial, pemuda yang telah menjajaki ke hampir 20 negara berkomunikasi dengan rekan-rekannya di tanah air.

Pria yang telah berhasil mendapatkan kesempatan menikmati kuliah selama 2 bulan di Amerika melalui program SUSI (Student Exchange of the Study of the United States Institutes) di Temple University, Philadelphia Amerika. Di tahun yang sama ia mendapat kesempatan mengikuti Summer School program di University of Lisbon, Portugal.

Selain itu, ia mendapat kesempatan mengikuti beberapa forum pemuda Malaysia, Singapura dan Qatar hingga diundang untuk berpidato di forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Gugun juga merupakan Founder/Excecutive Director The IDE Indonesia (The Institute of Democracy and Education) berhasil melaksanakan konferensi bertaraf internasional yang dihadiri oleh para pembicara dan ratusan pemuda dari berbagai negara dunia.

“Saat ini, lagi menempuh pendidikan S3/Phd di Dublin City University (DCU) di Inggris Raya,” papar Gugun lewat media sosial, laiknya anak-anak kekinian.

Gugun mengungkapkan perasaannya di media sosial bahwa, “Pelajaran bagi kita, orang orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu dan jika kita masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan. Jangan pernah berhenti belajar dan raih masa depan. Saya belajar dan merencanakan masa depan dengan fokus.”

Ia pun berpesan bahwa kesuksesan itu adalah sebuah perjalanan dan bukan tujuan akhir. Kuncinya, “Adalah memperluas silaturahmi, memperbanyak relasi dan harus bisa menjaga hubungan baik dengan siapapun.”

 

Gugun Gumilar: “Kesuksesan itu adalah sebuah perjalanan dan bukan tujuan akhir.”

Matra 02 Februari 2020 01 Cover Budi Waseso-1

Exit mobile version