EkonomiKomunitas

Dirut Pertamina Direncanakan Presiden Jokowi Usai Asian Games. Nyatanya?

157

Presiden Jokowi segera mengumumkan Dirut Pertamina setelah penyelenggaraan Asian Games. Waktu tersebut, didapat sumber MATRA yang enggan disebut namanya.

“Ada tiga nama yang sudah masuk ke pak Presiden,” ujar Fajar Harry Sampurno, Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Kementerian BUMN, ketika dikonfirmasi.

Fajar Harry berterus terang menyebut, pihak BUMN sebagai pemegang saham Pertamina sudah memasukan nama-nama kandidat, adapun kandidat itu berasal dari internal Pertamina dan juga dari luar institusi Pertamina. Jejak kandidat Dirut juga sudah ditelusuri Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kementerian BUMN selaku pemegang saham segera melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), setelah Presiden menetapkan. Karena, seluruh proses seleksi calon Direktur Utama perusahaan minyak milik pemerintah tersebut sudah rampung.

Seperti diketahui, pada 20 April 2018 lalu, Menteri BUMN Rini Soemarno mencopot Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik dari jabatannya. Rini kemudian menunjuk Nicke Widyawati sebagai pelaksana tugas direktur utama.

Sumber majalah MATRA menyebut, selama Pertamina dipimpin pejabat pelaksana tugas, proyek-proyek strategis tidak dapat dilaksanakan.

Adapun nama-nama yang menjadi kandidat itu, masih menurut sumber MATRA, yang diajukan kepada Presiden adalah Niche Widyawati yang kini sebagai pelaksana tugas. Kemudian
Achmad Bambang, Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN.

Disebut juga Syamsu Alam, Direktur Hulu Pertamina serta Hanung Budya (mantan Direktur Pemasaran Pertamina) dan Kepala SKK Migas Amin Sunaryadi sebagai kandidat. “Dari nama yang meramaikan bursa, tiga sudah di Presiden, bahkan kini sudah mengerucut ke dua nama untuk segera ditunjuk menjadi orang nomer satu di Pertamina,” masih menurut sumber MATRA.

baca juga: majalah MATRA cetak (print) edisi terbaru — klik ini

Konvergensi Majalah MATRA
Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »
Lewat ke baris perkakas