EkonomiHukumKomunitasWisata & Kuliner

Gara-Gara Proyek Asian Games 2018, Pohon Plastik Muncul?

408Views

Lampu Hias Berwujud Pohon Plastik (Lampu Pohon) Yang Sempat Viral, Langsung Lenyap.

“Setelah tenang, baru release-nya akan keluar,” ujar sumber majalah MATRA menyikapi heboh keberadaan pohon plastik atau tanaman imitasi yang berada di jalur trotoar pada kawasan sekitaran sudirman Thamrin.

Keberadaan pohon pohon plastik atau tanaman imitasi tersebut menjadi viral setelah adanya pengguna sosial media, yang memposting penampakan tanaman imitasi tersebut.

Tanaman imitasi tersebut menuai protes bagi pejalan kaki, karena area yang di gunakan di trotoar tersebut menjadi menyempit.

Ramai juga diungkit, nasib 541 di sepanjang jalur trotoar, termasuk pada kawasan Sudirman Thamrin, yang dipindahkan atau ditebang, gara-gara “proyek Asian Games”.

Kini, diberitakan sekitar 48 pohon imitasi warna-warni dipasang di beberapa tempat jalur pejalan kaki di sekitar kawasan Sudirman dan MH Thamrin.

Postingan protes pun menjadi viral. Dinas terkait yang melakukan pemasangan pohon tersebut pun gerak cepat, tanpa menunggu waktu bertahun-tahun, pohon pohon yang semula sudah terpasang, namun banyak di protes itupun lenyap.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, tak mau disalahkan terkait pemasangan pohon imitasi alias palsu di sepanjang ruas Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

Bahkan, Anies menuding Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat, sebagai dalang di balik munculnya kecaman atas penanaman pohon imitasi itu.

“Ya itu ngawur saja. Petugas dari Sudin Energi Pusat, memasang, tanpa pemberitahuan, tanpa izin, dan mereka kerjakan,” ujar Anies.

Anies mengatakan, pohon imitasi itu dipasang sendiri oleh Sudin PE Jakarta Pusat dan tidak pernah berkoordinasi dengan satuan perangkat kerja dinas yang ada di tingkat Provinsi DKI Jakarta.

“Ini contoh jalan sendiri, tanpa ada koordinasi, dan langsung kita luruskan. Sama lah, kalau misalnya ada wartawan yang menulis keliru, dikoreksi sama redaksinya,” ujar Anies.

Pohon itu merupakan lampu. Ada kabel yang melilit dan tersambung ke panel ke dalam trotoar. Pohon-pohon plastik berukuran kecil ini menyelip di pinggir trotoar, di antara pohon-pohon rindang Taman Monas.

Ada yang berupa pohon bambu, ada yang berdaun seperti sirip menjuntai berwarna kuning, dan ada juga yang berbunga bak kembang asoka. Dipastikan, daun-daun, bunga, hingga tangkainya merupakan lampu.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, hiasan itu kini telah dimasukkan kembali ke gudang setelah ada protes dari masyarakat.

“Kembali lagi ke gudang di Sudin Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat. Jadi, memang ada di sana. Dan itu sudah stok lama,” kata Sandiaga Sandiaga menjelaskan.

baca juga: Majalah MATRA cetak (print) klik ini

Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »