Nasional

Gong Xi Fa Cai, Bukan Berarti Selamat Tahun Baru Imlek.

Pengurus Asosiasi Media Digital Mengucapkan: "Selamat Sejahtera Untuk Semua."

87

Asrihadi (bendahara), S.S Budi Rahardjo (ketua), Edi Winarto (Sekjen) — Asosiasi Media Digital Indonesia

MATRANEWS.id — Gong Xi Fa Cai, sejatinya memiliki arti ‘Selamat Sejahtera’. Artinya ternyata jauh dari kata Selamat Tahun Baru atau Selamat Imlek. Sejarah singkat dari ucapan Gong Xi Fa Cai berawal dari kata Gong Xi yang berarti selamat.

Hal ini berawal dari penduduk China yang berhasil selamat setelah menghindari binatang buas. Selain itu Fa Cai memiliki sejarah dari sebuah kesejahteraan yang berkembang mengikuti zaman.

Jika dikaitkan dengan legenda, maka ucapan ini memiliki arti memberi selamat ketika penduduk China dapat menangkal binatang buas bernama Nian yang mengejar masyarakat Tiongkok dan juga anak-anak. Namun mereka dapat selamat dan bisa mengusir Nian.

Pada perkembangan selanjutnya, seiring membaiknya harapan kesejahteraan, semangat kapitalisme, dan konsumerisme yang melanda seluruh komunitas China seluruh dunia, menjadikan ditambahkannya kata Fa Cai yang berarti sejahtera atau makmur pada pengucapan tersebut.

Makna Gong Xi Fa Cai

1. Gong Xi Fa Cai Berarti Sebuah Doa Agar Kekayaan Makin Berlimpah

Imlek banyak sekali dekorasi yang menjadi ciri khasnya seperti serba merah. Semua pernak-pernik itu bahkan hanya bisa ditemui saat Tahun Baru Imlek tiba. Tulisan Gong Xi Fa Cai juga sering disemarakkan. Bahkan Gong Xi Fa Cai merupakan ucapan yang umum diberikan pada Tahun Baru Imlek. Walaupun artinya lain, namun ucapan Gong Xi Fa Cai tetap banyak digunakan.

Secara harfiah, mereka yang menggunakan Gong Xi Fa Cai berharap semoga mendapat kekayaan yang makin melimpah. Doa dan pengharapan umumnya disampaikan orang Tionghoa untuk dirinya sendiri ataupun kerabat.

2. Mayoritas Diucapkan Pebisnis

Ucapan Gong Xi Fa Cai, lebih banyak diberikan atau diucapkan mayoritas etnis Tionghoa di Indonesia yang berprofesi sebagai pebisnis saja. Umumnya para pebisnis bertemu dan bersapa, sehingga saling mendoakan dengan kerabat, sanak saudara agar bisnis yang dijalankan semakin sukses dan semakin makmur. Mengingat mayoritas etnis Tionghoa banyak yang memiliki profesi untuk berdagang atau bisnis. Orang-orang zaman dulu salah sangka dengan ucapan ini, hanya karena lebih sering terdengar dibanding kalimat Selamat Tahun Baru itu sendiri.

3. Ucapan Lainnya

Selain Gong Xi Fa Cai, ada juga beberapa ucapan yang bisa menggantikan yang bisa diterapkan atau diaplikasikan saat Imlek tiba, yakni:

1. Xin Nian Kuai Le – Happy New Year – Selamat Tahun Baru

2. Gong He Xin Xi – Happy New Year – Selamat Tahun Baru

3. Gong Xi Fa Cai – May you have a prosperous New Year – Semoga Anda makmur di Tahun Baru ini!

4. Wan Shi Ru Yi – May all your wishes comes true – Semoga segala harapanmu tercapai!

5. Xin Xiang Shi Cheng – May all your wishes comes true – Semoga segala harapanmu tercapai!

6. Shen Yi Xing Long – May you have prosperous business – Semoga bisnismu makin maju dan berkembang

7. Ta Ji Ta Li – Wish you have a great luck dan great profit – Semoga Anda mendapatkan keberuntungan dan keuntungan yang besar!

8. Cai Yuan Guang Jin – Wish you have abundance of wealth – Semoga Anda memiliki harta yang berlimpah ruah!

9. Nian Nian You Yu – May you have abudance year after year – Semoga Anda mendapatkan rezeki yang berlimpah ruah tahun demi tahun

10. Yi Fan Feng Shun – Wish you everything is running smoothly – Semoga segala hal dalam hidup Anda berjalan mulus

11. Wan Shi Shun Li – Wish you everything is running smoothly – Semoga segala hal dalam hidup Anda berjalan mulus

12. Bu Bu Gao Shen – Wish you to be promoted – Semoga Anda mendapatkan promosi (jabatan atau kenaikan pangkat)

13. Xue Ye Jin Bu – May you have a academic progress – Semoga Anda mencapai kemajuan akademik (sekolah/belajar)

14. Shen Ti Jian Kang – Wish you always healthy – Semoga Anda selalu sehat

15. Ji Xing Gao Zhao – Wish your lucky star is always shines bright – Semoga bintang keberuntunganmu dapat selalu bersinar terang

Selamat bergaul dengan orang-orang yang berpikir positif
Asal anda tahu saja, sikap dan pikiran positif itu dapat menular.

Jika anda berada di lingkungan orang-orang yang berpikiran negatif, anda bisa terpengaruh berpikir negatif. Tetapi, jika anda selalu berada di lingkungan yang terdiri dari orang-orang yang berpikir positif anda akan lebih menghargai diri sendiri dan memandang hidup ini secara lebih terbuka. Karena itu, tinggalkan teman-teman anda yang negative thinking dan beralihlah kepada orang-orang yang memandang hidup ini secara positif.

Pikiran yang positif membuat hidup kita lebih nyaman dan bahagia.

baca juga: majalah MATRA edisi terbaru — klik ini —

Konvergensi Majalah MATRA
Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »
Lewat ke baris perkakas