BudayaEkonomiHukumKomunitasNasionalTeknologi InformasiTokoh

Hari Pahlawan ‪10 November‬ dan Anak Muda Zaman Now

196Views

Oleh: Gugun Gumilar

Sejarah perjalanan Bangsa & Negara Indonesia menunjukkan bahwa untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia diperlukan perjuangan panjang.

NKRI enggak akan bisa berdiri menjadi negara yang merdeka berdaulat & terhormat seperti saat ini, tanpa perjuangan para pejuang, pendiri bangsa dan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, raga, pikiran, keluarga & hartanya.

Sejarah bangsa Indonesia mencatat, perjuangan untuk merebut kemerdekaan dan mendirikan NKRI membutuhkan ikatan persatuan & kesatuan yang kuat.

Komitmen TNI kuat bersama rakyat, para pejuang, pendiri bangsa dan para pahlawan untuk mempersatukan bangsa ini melahirkan sikap kepahlawanan, kesetiakawanan sosial serta menguatkan memori kolektif bangsa untuk bergotong royong membangun bangsa.

Saat ini, Indonesia sendiri dari jumlah 255 juta penduduk yang telah tercatat, terdapat 81 juta merupakan generasi millenials atau berusia 17- 37 tahun. Hal ini berarti Indonesia memiliki banyak kesempatan untuk membangun negara.

Karena itu, Bro… generasi muda zaman now memaknai ”Hari Pahlawan” itu bukan hanya sekedar ungkapan saja, tetapi harus dijadikan sebagai kekuatan moral yang dapat diterapkan di semua aspek kehidupan berbangsa untuk Indonesia pada masa kini dan mendatang.

Generasi muda zaman now adalah ”Penerus” bukan followers, bahwa semangat juang dan semangat kebangsaan para pahlawan akan selalu terpatri di “dada” setiap insan Indonesia dan menjadi kebanggaan atau idola sepanjang masa.

Jendral Gatot Nurmantyo menyampaikan pesan kepada saya, “Generasi muda sebagai penerus bangsa, harus berdiri di garda terdepan untuk menghadapi tantangan tersebut tampilkan karakter yang jujur, dedikatif, disiplin, militan, kreatif dan inovatif.”

Generasi muda Indonesia zaman now adalah pengguna “Instagram” terbesar saat ini di dunia akan memasuki era keemasan Indonesia menjadi negara terkaya nomor 4 atau 5 di dunia di tahun 2030.

Apakah ini akan benar-benar terjadi? Atau enggak ya? Semua tergantung komitmen anak anak muda jaman now. Tapi, kalau kita berkelahi terus dan jadi buzzers maka tidak akan terjadi..

Ayo, kita sama sama menahan diri untuk tidak saling menyalahkan apa yang sedang terjadi saat ini di Indonesia. Kita saling koreksi diri, karena kita tidak sempurna. Karena yang sempurna adalah, lagunya “Andra and the Backbone” hehe. Mengkritik pemerintah, kampus, institusi boleh-boleh saja ya, karena dimana pun di dunia ini tidak ada yang sempurna.

Tapi, janganlah mencari-cari yang tidak perlu yang akan merugikan kita generasi anak anak muda bangsa.

Jangan jadi generasi yang rendah diri, yang memandang orang asing itu selalu lebih hebat dari kita.

Kalau selama ini kita terlalu merendah, kita akan kehilangan arah jati diri anak muda Indonesia. Di dunia internasional, anak muda harus tampil beda dan tidak lagi merendahkan diri.

Memperingati Hari Pahlawan sekarang ini, enggak perlu sodaraaaa sodaraaa semua angkat senjata dan tembak penjajah, cukup goreskan tangan dan fikiran kita untuk membangun bangsa.

Bersatulah di bawah satu NKRI, satu Pancasila. Berdirilah tegak di tengah bangsa-bangsa, jadikan merah putih disegani dunia. Merah Putih-kan hari hari semangat hidup kita dengan terus belajar, berkarya dan berkolaborasi !

Selamat Hari Pahlawan Brooo and Sissterzzzz

My inspiring mentors;
*Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo
*Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

Instagram: gugungumilar89

baca juga: Wawancara Panjang Gatot Nurmantyo

Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »