EkonomiNasional

Jokowi Akan Umumkan Wakil Menteri Pendidikan & Wakil Panglima TNI

235Views
Konvergensi Majalah MATRA

Wakil Panglima TNI ditujukan untuk perwira tinggi dengan pangkat jenderal atau bintang empat.

foto: Setpres

MATRANEWS.id — Posisi Wakil Menteri (Wamen) untuk membantu kinerja menteri, ramai diperbincangkan masyarakat umum dan netizen.

Ada yang menyebut, hanya menghabiskan anggaran pemerintah dan terkesan bagi-bagi kekuasaan saja, namun tak efektif. Banyak juga yang setuju, dalam kaitan menunjang kinerja.

Diketahui, Kabinet Indonesia Maju memiliki 34 pos kementerian dan empat pos setara menteri. Dalam waktu dekat akan diumumkan wakil menteri baru untuk Wakil Menteri Pendidikan. Juga langsung dilantik agar segera bisa bekerja cepat.

Sudah turun Peraturan Presiden (perpres), yang menjelaskan tanggung jawab serta tugas wakil menteri (wamen) dalam membantu menteri untuk menjalankan tugas di Kemendikbud.

Nadim Makarim, yang mantan bos Gojek punya wakil dalam memimpin Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ia kabarnya, akan didampingi oleh kader dari Muhamadiyah.

Penambahan wakil menteri menyesuaikan dengan Peraturan Presiden (Perpres) telah diteken, dalam Perpres Nomor 72 Tahun 2019 terkait jabatan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Sementara itu, penambahan jabatan Wakil Panglima TNI oleh Jokowi tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia. “Panglima dibantu oleh wakil panglima,” demikian bunyi Pasal 14 Ayat (3) Perpres ini.

Berdasarkan perpres ini, jabatan wakil panglima TNI ditujukan untuk perwira tinggi dengan pangkat jenderal atau bintang empat.

Jokowi mengatakan, usulan terkait jabatan wakil panglima tersebut sebenarnya merupakan usulan yang sudah ada sejak lama. Presiden sedang mempertimbangkan usulan-usulan dari Panglima TNI mengenai perwira tinggi yang akan menjabat posisi itu.

“Itu sudah usulan lama. Tetapi untuk pengisian memang belum. Bisa minggu depan, bisa bulan depan, bisa tahun depan,” tutur Presiden Jokowi.

#Sebagai catatan, Jokowi sudah memiliki 12 wamen:

Wakil Menteri Luar Negeri: Mahendra Siregar

Wakil Menteri Pertahanan: Sakti Wahyu Trenggono

Wakil Menteri Agama: Zainut Tauhid

Wakil Menteri Keuangan: Suahasil Nazara

Wakil Menteri PUPR: John Wempi Wetipo

Wakil Menteri LHK: Alue Dohong

Wakil Menteri Perdagangan: Jerry Sambuaga

Wakil Menteri Desa PDTT: Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang: Surya Tjandra

Wakil Menteri BUMN: Budi Sadikin

Wakil Menteri BUMN: Kartika Wirjoatmojo

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Angela Tanoesoedibjo

marketplace pria sejati — klik www.majalahmatra.com

 

Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »