Kemendagri & Lembaga Think Thank, Evaluasi Pilkada?

Staf Khusus Mendagri Dr. Kastorius Sinaga

MATRANEWS.id — Staf Khusus Mendagri Dr. Kastorius Sinaga bersama Plt. Kepala BPP (Badan Penelitian dan Pengembangan) Kemendagri, Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si melakukan pertemuan dengan lembaga than thank, terkemuka di tanah air. Mereka membahas evaluasi Pilkada (pemilihan kepala daerah) secara komprehensif.

Kementerian Dalam Negeri mengajak kepada lembaga think thank itu, untuk melakukan evaluasi pilkada secara konperhensif dan obyektif, dengan metodologi yang valid, kuat dan akuntabel. Sehingga hasilnya benar-benar dapat dipertanggungjawabkan.

Pertemuan “sersan” — serius tapi santai — itu berlangsung di Ruang Sidang Utama Gedung A Kantor Kemendagri, kemarin.

Hadir dari internal Kemendagri adalah Peneliti BPP,  Sekretaris dan Kapela Pusat di BPP, Direktur FKDH dan DPRD Ditjen Otda,  perwakilan dari Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum, serta Tim Evaluasi Pilkada BPP.

Lembaga think tank dihadiri antara lain Dr. Aditya Perdana Direktur Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia (Puskapol UI), BE Satrio Peneliti Utama dan Nurul Fachiati dari Litbang Kompas. Juga ada Khairunisa Agustyati Deputi Direktur Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem).

Tak ketinggalan, dalam momen itu adalah Fajar Nursahid Direktur Perhimpunan Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi Sosial (LP3ES), dan Dr. Philips Vermonte Direktur Eksekutif Centre for Strategic and International Studies (CSIS).

Intinya, peneliti Utama Litbang Kompas, BE Satrio menyambut baik kerja sama tersebut. Litbang Kompas akan segera malakukan survei terhadap persepsi publik tentang pilkada. Survei dilakukan di 34 provinsi dan dimulai pada akhir Maret. Sehingga, paling lambat bulan Mei sudah bisa diketahui hasilnya.

Plt. Kepala BPP (Badan Penelitian dan Pengembangan) Kemendagri, Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si

“Kami ingin semua yang terlibat dapat berperan baik, diberbagai aspek namun tidak tumpang tindih,” ujar Agus Fathoni.

Sementara itu, Kastorius menambahkan, Kemendagri tidak ingin mencampuri muatan evaluasi pilkada yang dilaksanakan lembaga think thank. Kemendagri memberikan dukungan dan fasilitasi, agar kajian dan evaluasi bisa maksimal.

Pada pertemuan antara Kemendagri dan lembaga think thank tersebut, setiap lembaga menyampaikan beragam isu ihwal pilkada yang dinilai krusial untuk disoroti.

Dalam hal ini,  Forum Pimpinan Media Digital Indonesia juga akan dilibatkan dalam sosialisasi dan literasi agar Pilkada berjalan mulus dan kredibel.

Ngopi Yuks

Matra Media Kit 2020

Tinggalkan Balasan