Kepanjangan dari FTP Adalah? Simak Informasi Selengkapnya Disini!

  • Bagikan

Dalam kegiatan komputasi, maka tidak jauh-juah dengan istilah download, browsing, mengunggah, mendengarkan audio hingga menonton video.

Namun tahukah Anda bagaimana semua hal tersebut terjadi pada suatu komputer?

Proses pertukaran informasi yang meliputi beberapa kegiatan yang telah disebutkan, terjadi karena adanya FTP.  Kepanjangan dari FTP adalah Fie Transfer Protocol.

Bagi Anda yang menggemari bidang IT, istilah FTP tentu saja sudah bukan hal yang baru lagi. Namun apakah Anda tahu apa sebenarnya FTP? Bagaimana dengan fungsinya?

Mengetahui informasi seputar FTP adalah hal yang cukup penting. Dengan begitu, Anda akan dapat memanfaatkan FTP secara maksimal.

Pengertian FTP

FTP atau File Transfer Protokol adalah protokol yang berfungsi untuk menjembatani pertukaran informasi yang terjadi dalam suatu komputer.

Apabila Anda mengunduh, browsing dan mengunggah file, maka aktifitas-aktifitas tersebut bisa dilakukan berkat adanya FTP.

Definisi lain dari FTP yakni suatu layanan yang telah disediakan supaya file pada suatu jaringan, atau network bisa saling bertukar informasi dan file yang memanfaatkan koneksi TCP menggunakan port 21.

Dalam FTP terdapat dua hal penting yang perlu Anda ketahui, yakni FTP server dan juga FTP client. Masing-masing dari keduanya tentu saja memiliki manfaat atau kegunaan masing-masing.

Baca juga : Beli FTP Hosting paling murah Indonesia

FTP server memiliki fungsi untuk memberikan layanan yang telah tersedia sehingga file bisa saling bertukar informasi apabila FTP (File Transfer Protocol)  menerima request dari client FTP.

Sementara FTP client berfungsi untuk meminta koneksi terhadap FTP (File Transfer Protocol) server dengan misi supaya antar file pada FTP bisa saling bertukar informasi.

Adapun fungsilain dari FTP server yakni:

  • Menyediakan layanan guna melakukan implicit remote computer.
  • Melakukan pembagian data.
  • Menyediakan ruang sebagai tempat penyimpanan untuk pengguna komputer.
  • Menyediakan layanan guna melakukan transfer data yang reliable dan juga efisien.

Pertukaran informasi serta data adalah hal yang sangat penting pada suatu komputer, apabila tidak ada pertukaran informasi dan juga file maka Anda tidak bisa melakukan pengunduhan, membaca informas, berselancar, menonton video, mengunggah dan beberapa hal penting lainnya.

Dari sini Anda sudah paham bukan, peran FTP dalam suatu komputer sangatlah penting.

Sementara berdasarkan hak akses, FTP terbagi menjadi dua macam yakni FTP user dan FTP anonymous.

Pada FTP user, FTP hanya bisa digunakan oleh pengguna komputer yang mempunyai izin saja, sehingga tidak semua orang dapat mengakses data pada FTP yang menggunakan FTP user tersebut.

Kemudian FTP anonymous merupakan FTP (File Transfer Protocol) yang bisa diakses oleh semua orang, dikarenakan penggunaan FTP anonymous.

Dengan menerapkan FTP anonymous maka file dapat diakses oleh sembarang orang, tanpa memerlukan adanya identitas diri dan bebas tanpa menggunakan password.

Cara Kerja FTP

Cara kerja FTP adalah dengan mengandalkan autentikasi standar yang akan meminta pengguna untuk menginput username dan juga password agar bisa mengakses data.

Setiap kali Anda ingin mengunduh, mengunggah maupun melakukan aksi lain pada informasi atau data pada komputer, maka membutuhkan akses dari FTP guna perintah yang akan Anda lakukan.

Username dan password itulah yang akan menjadi jalan untuk mengakses data yang berada di dalamnya.

Menggunakan username dan password yang Anda peroleh dari FTP, Anda dapat dengan leluasa menyalin, memindahkan, membuat, menyalin serta menghapus data yang terdapat pada direktori penyimpanan komputer.

Akan tetapi, sebelum proses pertukaran data tersebut, FTP client akan meminta koneksi terlebih dahulu kepada FTP server.

 Apabila FTP server dan FTP client sudah terhubung, barulah dapat terjadi aktifitas yang sering Anda butuhkan, seperti mengunggah atau mengunduh data, browsing dan lain sebagainya.

Manfaat FTP

Manfaat yang dapat Anda peroleh dari FTP (File Transfer Protocol) adalah seperti di bawah ini:

  1. FTP menyuguhkan layanan pengiriman data yang lebih efisien. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kesulitan dalam bertukar data dengan protokol lainnya.
  2. FTP memungkinkan Anda untuk mengirim dan bertukar file serta data dengan ukuran yang sangat besar sekalipun. Ukuran file yang sangat besar tidak akan menghambat proses pertukaran data atau file.
  3. FTP juga bermanfaat untuk pengguna website. Pengguna dapat memanfaatkan FTP untuk mem-back up data website dengan langkah yang sangat mudah.
  4. Proses pengiriman serta pertukaran informasi tidak akan hilang jika jaringan internet mati. Maka setelah komputer terhubung kembali dengan internet, proses pertukaran data pun juga aka terhubung kembali.
  5. FTP atau File Transfer Protocol dapat digunakan untuk pengiriman serta pertukaran data atau file dengan lebih teratur dan mudah. Sehingga Anda tidak perlu risau data yang dikirim akan mengalami kekacauan bahkan kerusakan.
  6. FTP bermanfaat untuk indirect computer ataupun implicit remote komputer.
  7. FTP bermanfaat untuk pengguna dapat melakukan petukaran file dan data secara dua arah.

Kelebihan dan Kekurangan FTP

Sebagai salah satu komponen pada perangkat, FTP pasti memiliki kelebihan dan tidak luput dari kekurangan. Adapun kelebihan dan kekurangan FTP adalah:

Kelebihan FTP

  • FTP (File Transfer Protocol) memiliki sistem keamanan enkripsi pada jaringan yang digunakan.
  • Pada FTP, data yang dikirimkan tidak akan dihapus oleh komputer atau perangkat lain, dan juga tidak akan hilang dengan sendirinya.
  • Verifikasi yang dilakukan dengan FTP hanya terdapat dua langkah serta hanya membutuhkan software yang mudah digunakan.
  • FTP bisa digunakan untuk pertukaran data dan informasi antar komputer dengan cara atau langkah yang sederhana serta dilengkapi dengan sistem keamanan.
  • Selain digunakan untuk bertukar informasi, FTP juga dapat digunakan pencadangan data dan file (back up) dan melakukan restore terhadap data website dengan sangat mudah.
  • Langkah yang diperlukan untuk mengirim data sangat mudah dan begitu efisien.
  • Pengguna bisa memanfaatkan FTP (File Transfer Protocol) untuk implicit remote computer maupaun indirect computer.

Kekurangan FTP

  • Proses transfer atau pengiriman data dengan FTP akan kurang aman jika tidak menggunakan keamana enkripsi.
  • Keamanan serta kemudahan dalam menggunakan FTP (File Transfer Protocol) sering kali terjadi kesalahan dalam penyampaikan informasi, sehingga administrator kerap kesulitan memahami informasi yang diterimanya.
  • Desain atau layout yang terapkan pada FTP (File Transfer Protocol) kurang begitu kuat, sehingga membuat para administrator tidak memperoleh informasi seputar resiko yang akan dihadapi administrator.

Contoh FTP

Berikut ini adalah beberapa cotoh aplikasi FTP server maupun client, yakni:

Aplikasi FTP Server

  • IIS
  • Vsftpd
  • Proftpf

Aplikasi FTP Client

  • File Zilla
  • Fire FTP
  • WsFTP
  • SmartFTP
  • GetFTP
  • CuteFTP

Kesimpulan

Kepanjangan dari FTP adalah File Transfer Protocol, dimana FTP mempunyai peran yang sangat segnifikan pada semua aktifitas pengguna dengan komputer.

Tanpa FTP, maka semua aktifitas berbagi file tidak akan bisa dilakukan. Seperti berseluncur, mengunduh file, mengirim file, mengunggah dan lain sebagainya, tidak bisa Anda lakukan tanpa adanya FTP.

  • Bagikan
Exit mobile version