Nasional

Kiat Menjadi Orang Kreatif

Oleh: Jojo Media Coach

S.S Budi Rahardjo: "Biasanya para orang kreatif ini selalu memiliki jadwal untuk menyendiri, untuk jalan-jalan sendiri atau melakukan hobi bersama orang di sekitarnya."
1.12KViews

“Ide cemerlang bisa datang kapan dan dimana saja”.

MATRANEWS.id — Orang-orang yang kreatif adalah orang yang senantiasa memiliki:  “daya cipta terhadap segala sesuatu”.  Di tangannya sebuah kertas polos yang amat sederhana pun bisa disulap menjadi “sesuatu” yang amat menarik.

Karena itu, banyak perusahaan yang lebih senang mempekerjakan orang-orang kreatif, terutama perusahaan yang bergerak di bidang kreatif pula seperti publishing, advertising atau industri kerajinan.

Tapi, banyak yang mengatakan bahwa kreatif merupakan ‘bawaan’ atau bakat.

Artinya, ada orang yang terlahir untuk menjadi orang yang kreatif dan ada yang tidak. Tapi, anggapan itu enggak seluruhnya benar. Karena ternyata, kreativitas pada diri seseorang bisa diasah dan dilatih.

So,  Anda yang merasa enggak terlahir sebagai orang yang kreatif enggak perlu pesimis. Coba asah kreativitas Anda dengan cara berikut ini:

– Miliki satu gagasan setiap hari
Di akhir jam kerja, cobalah untuk merenung kira-kira 10 menit. Pikirkan apa saja yang telah anda lakukan pada hari itu. Kemudian pikirkan satu cara yang lebih baik untuk pekerjaan esok hari.Kemudian setiap akhir minggu kumpulkan semua gagasan Anda selama enam hari.Lakukan evaluasi mana gagasan yang paling oke.

– Tidak Harus Besar

Untuk permulaan, enggak perlu ragu mengeluarkan gagasan meskipun itu bukan gagasan besar.

Ingat tidak semua orang memiliki gagasan besar seperti Bill Gates penemu microsoft.

Lihat saja pengarang novel, dia tidak mungkin langsung menghasilkan karya besar hanya dalam waktu semalam.

Jadi,  walau gagasan kecil, coba deh untuk mewujudkannya.

– Jangan Ragu Bertanya
Jika Anda merasa ‘mentok’ dalam menemukan gagasan, coba bertanya pada rekan-rekan tentang gagasan Anda.

Dengarkan apa komentar dan pendapat mereka tentang gagasan Anda.  Siapa tahu, dari pembicaraan dengan mereka, Anda akan menemukan gagasan yang ‘spektakuler’.

– Ciptakan Gagasan Berbeda

Sesuatu yang berbeda akan nampak menarik. So, jangan meniru gagasan orang lain secara utuh. Terinspirasi ide orang lain memang sah-sah aja, tapi coba kembangkan ide tersebut menjadi lain dari yang lain. Analisa dan kembangkan.

– Jangan lewatkan Ide Liar

Ide cemerlang bisa datang kapan dan dimana saja. Maka,  siapkan selalu alat tulis untuk mencatat ide yang muncul mendadak.Kemudian di waktu yang lebih tepat, pikirkan cara untuk mewujudkan ide tersebut.

***

Para pakar psikologi mengatakan bahwa orang kreatif dapat diketahui dari kebiasaan yang sering mereka lakukan.

Jadi, orang kreatif dapat kita ketahui dari kegiatan mereka sehari-hari, dari cara mereka menanggapi sesuatu, dan persepsi mereka terhadap sesuatu hal.

Berita Menarik :  Jawaban "abu-abu" Anies Baswedan Soal Dirinya Siap Maju Pilpres

Berikut ulasan singkatnya:

1. Membiarkan Ruangan Mereka Acak-Acakan

Umumnya orang-orang kreatif tidak begitu mempedulikan keadaan di ruangan mereka. Mulai dari ruangan kamar hingga ruangan kerja mereka.

Walaupun dengan kondisi ruangan yang acak-acakan, mereka tetap merasa nyaman dengan kondisi itu.Dan malah, di sanalah mereka menemukan ide-ide baru untuk terus maju.

Salah satunya adalah Steve Jobs (pendiri Apple), ruangan kerjanya begitu acak-acakan. Tetapi dari sana, kita tahu hasil karyanya begitu melegenda sampai sekarang. iPhone, iPad, iPod merupakan hasil kreatifitasnya.

Sama juga seperti Albert Einstein. Laboratorium percobaannya sama seperti Hiroshima yang baru dibom atom oleh Sekutu, dalam arti kiasan.

Kondisinya sangat berantakan sekali. Tetapi dari sana, dia berhasil menciptakan teori-teori yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, juga bom atom ciptaannya sendiri.

2. Tidak Mudah Puas & Menyerah Terhadap Sesuatu

Orang-orang yang sering tidak mudah puas terhadap hasil pencapaiannya biasanya orang yang kreatif.

Mereka yang gagal, atau hasilnya kurang maksimal dalam melakukan sesuatu, dan berusaha menemukan jalan baru untuk mencapai hasil maksimal merupakan ciri-ciri orang kreatif.

Karena, otak mereka akan mencari ide baru dan unik untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi.

Mereka haus tantangan, tidak takut gagal, dan pantang menyerah. Seperti halnya penemu AC atau Air Conditioner yang digunakan untuk mendinginkan ruangan.

Dia memikirkan sesuatu yang bisa mendinginkan ruangan, ada banyak ide namun tidak ada yang berhasil.

Tetapi, saat dia duduk di kursi menunggu kereta bawah tanah datang, dia menemukan ide bagaimana cara mendinginkan ruangan, yaitu dengan Air Conditioner.

Ada kalanya ide datang di sesuatu tempat dan waktu yang tidak terduga.

3. Berpikir Tanpa Batasan
Jika Anda menyebut ide seseorang sebagai ide seorang anak kecil, atau ide yang bodoh, maka Anda kemungkinan besar salah.

Justru, dari pemikiran yang kadan tidak masuk akal muncul ide-ide unik bagi orang kreatif. Mereka selalu berpikir Out of The Box, di mana mereka berpikir menyimpang dari aturan-aturan yang mengekang mereka.

Sebagai bukti, berbagai produk yang kita gunakan sehari-hari, baik yang kita konsumsi ataupun kita gunakan adalah hasil kreatifitas mereka.Jaman dahulu, manusia mengatakan kita tidak bisa terbang.

Namun dengan kreatifitas, di jaman modern ini kita bisa terbang bersama burung-burung di langit. Para astonout bisa memakan makanan yang berbentuk pasta atau seperti pasta gigi, dan lain sebagainya.

Berita Menarik :  Relawan Jokowi Terpecah: "Ada Yang Siap Kawal Kabinet, Ada Yang Bubarkan Diri."

Itu menyimpang sekali dari aturan-aturan umum yang menekan seseorang untuk terus berjalan sesuai jalan yang ada.

Tidak dengan orang kreatif, imajinasi mereka tanpa batas, seperti Sponge Bob, saat berada dalam kotak bersama Pattrick, yang mana bisa menghasilkan suara-suara dan suasana seperti di dunia nyata.

4. Ada Saja Kegiatan yang Dilakukan.
Jika Anda melihat seseorang sedang sibuk melakukan sesuatu yang mungkin Anda tidak mengerti, maka bisa jadi orang itu adalah orang yang kreatif.

Orang kreatif, biasanya sering melakukan sesuatu hal yang aneh atau tidak bisa dimengerti orang di sekitarnya, walaupun orang kreatif tadi menjelaskan detail pekerjaan yang sedang dikerjakannya.

Orang-orang di sekitarnya baru paham apa yang dilakukan jika produk itu sudah jadi, atau jika jasa tersebut sudah dijalankan.

Mereka melakukan sesuatu berdasarkan imajinasi mereka dan itu mereka terus lakukan walaupun mereka mengalami kegagalan.

Dan pada akhirnya, produk pun berhasil mereka ciptakan atau mungkin ide baru yang berguna untuk banyak orang.

5. Bersifat Terbuka
Orang yang kreatif selalu bersifat terbuka terhadap saran dan kritik dari orang manapun.

Dia selalu menerima dan menyaring semua itu untuk nantinya dijadikan penyempurnaan dari kreatifitasnya.

Dia tidak akan menolak mentah-mentah perkataan dari orang lain, baik ide dari orang lain yang mungkin akan dia ajak bekerja sama dengannya, atau hanya sekedar mengomentari.

Kritik pedas merupakan semangat besar baginya untuk terus maju, bukan sebuah pedang yang menusuknya dan menjatuhkannya.

Pujian, adalah pembuktian dari usahanya, dia mungkin senang atas pujian, tetapi tidak menyulutkan api semangatnya untuk terus berinovasi.

6. Menilai Dari Segala Sudut Pandang

Menilai dari dua sudut pandang atau bahkan lebih, adalah kebiasaan yang dilakukan orang kreatif. Jika mereka tidak menemukan ide baru dari sudut pandang yang satu, maka dia akan mencari dari sudut pandang yang lain.

Karena bagi mereka, pasti ada ide tersimpan di balik salah satu sudut pandang tersebut.

Karena terbiasa berpikir di luar kebiasaan (out of the box), mereka akan mencari sudut pandang baru dari sudut pandang kebanyakan orang.

Dari saran orang lain pun bisa dijadikan suatu sudut pandang baru. Itulah mengapa orang kreatif tidak akan pernah kehabisan ide baru.

7. Mereka Bukan Malas, Tetapi Sibuk
Terkadang, jika sedang asyik melakukan sesuatu atau sedang sibuk mencari ide, mereka tidak akan mempedulikan yang lainnya.

Berita Menarik :  Sanksi Bagi TNI-Polri Pengguna Narkotika.

Mereka hanya fokus pada penemuan barunya atau pengembangan idenya.

Itulah mengapa terkadang orang di sekitarnya menangapinya dengan respon negatif.

Stigma, mereka orang kreatif tidak sempat merapikan kamar tidurnya, tidak pernah merapikan tempat kerjanya bukan karena malas, tetapi tidak ada waktu untuk mengurusinya.

Walaupun tidak semua orang kreatif demikian, tetapi yah beginilah adanya.

8.  Mereka Selalu Ingin Tahu
Jika ada sesuatu yang menarik perhatian mereka, pasti mereka akan langsung fokus pada hal tersebut. Mereka akan memberikan semua perhatian pada topik atau sesuatu hal tersebut. Itulah yang orang kreatif lakukan.

Bahkan tidak hanya satu, semua hal yang terlihat menarik pasti akan dia fokuskan pada semua itu. Mereka tertarik pada hal baru, pengembangan ide baru, penemuan ide baru, dan banyak hal lainnya.

9. Meluangkan Waktu Mereka
Orang kreatif selalu punya kesempatan untuk mengistirahatkan pikiran mereka .Mereka selalu punya waktu untuk itu.Tidak harus lama, bahkan 10 menit saja itu sudah cukup.

Biasanya para orang kreatif ini selalu memiliki jadwal untuk menyendiri, untuk jalan-jalan sendiri atau melakukan hobi bersama orang di sekitarnya.

Mereka memilih untuk mengistirahatkan pikiran mereka agar tidak stres, karena stres menghambat orang untuk berpikir kreatif.

Dan memang tidak terpungkiri, bahwa terkadang ide baru pun muncul pada momen-momen yang seperti ini.

10. Orang Kreatif Adalah Orang Yang Cerdas
Kebanyakan orang cerdas itu kreatif, mengapa?Karena orang cerdas dan kreatif itu mirip sekali, hampir 99% kemiripannya.

Mereka para orang cerdas selalu menemukan jalan baru untuk menyelesaikan masalah, mirip dengan orang kreatif.Itulah mengapa cerdas dapat dikaitkan dengan kreatif. Seperti halnya Steve Jobs, Albert Einstein, dan orang kreatif lainnya.

Mereka sering mencari solusi untuk pemecahan masalah, bahkan berpikir out of the box, sama seperti orang kreatif. Tetapi memang tidak semua orang kreatif itu cerdas, dan tidak semua orang cerdas itu kreatif.

Mari cocokkan dengan kebiasaan Anda, kira-kira berapa banyak yang cocok dengan Anda. Jika semua, berarti Anda benar-benar orang kreatif.

Tetapi, kebiasaan di atas tidak bisa dijadikan patokan 100% sebagai tanda orang kreatif. Karena sebenarnya masih ada banyak kebiasaan lain orang-orang kreatif.

Walaupun Anda tidak memiliki kebiasaan di atas, kreatifitas tetap bisa digali jika kita berusaha.

baca juga: majalah matra edisi cetak — klik ini

 

Konvergensi Majalah MATRA

Tinggalkan Balasan

Translate »