0816-1945288 eksekutifmatra@gmail.com
EkonomiHukumNasional

Klarifikasi PT Sinar Mas Agro and Technology (PT SMART Tbk) Soal Penangkapan KPK

223Views

MATRANEWS.id— Manajemen PT Smart Tbk belum mengambil tindakan atas pelanggaran karyawan atau dampak dari operasi tangkap tangan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jumpa pers atas dugaan suap kepada anggota dewan juga belum ada dari humas PT Smart Tbk.

Setelah pengembangan atas kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) Anggota DPRD Kalteng, di Jakarta, Jumat (26/102/018) lalu. Lembaga antirasuah itu, datang ke Sampit sekitar pukul 12.37 WIB siang.

Nampak puluhan polisi berseragam lengkap dan bersenjata mengamankan sekeliling kantor PT Sinar Mas Group, jalan HM Arsad, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah.

Hingga pukul 14.33 WIB. KPK masih melakukan penggeldahan. Polisi nampak berjaga didepan pintu masuk kantor perusahaan kebun kelapa sawit itu, sambil menunggu petugas mempersilahkan masuk.

PT Sinar Mas Agro Resources and Technology (SMART) Tbk belum bicara banyak soal petingginya yang dicokok KPK, yakni Wakil Direktur Utama SMART yang juga Direktur PT Bina Sawit Abadi Pratama (BAP), Edy Saputra Suradja.

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus beraksi, dengan menggeledah dua kantor anak usaha Sinar Mas Group yang berada di daerah Jakarta. Dua kantor anak usaha Sinar Mas Group yang digeledah KPK adalah kantor PT Smart Tbk dan PT Binasawit Abadi Pratama (PT BAP).

Dari dua kantor anak usaha Sinar Mas Group tersebut. KPK menyita sekitar 2 dus barang bukti dokumen terkait dengan perizinan dan dokumen korporasi lain serta barang bukti elektronik laptop dan hardisk.

Diduga, PT BAP yang merupakan anak usaha Sinar Mas Group menyuap sejumlah Anggota DPRD Kalteng terkait pembuangan limbah pengolahan sawit di Danau Sembuluh sebesar Rp240 juta. PT BAP juga diduga bermasalah terkait sejumlah perizinannya.

Disinyalir ada pemberian-pemberian lain dari PT BAP untuk sejumlah anggota Komisi B DPRD Kalteng untuk mengurus atau memuluskan perizinan PT BAP yang bermasalah.

Seperti diketahui, SMART adalah perusahaan publik produk konsumen berbasis kelapa sawit yang terintegrasi dan terkemuka di Indonesia. Perkebunan kelapa sawit SMART mencakup lebih dari 138.000 hektar (termasuk plasma).

SMART juga mengoperasikan 16 pabrik kelapa sawit, 5 pabrik pengolahan inti sawit dan 4 pabrik rafinasi di Indonesia. PT Sinar Mas Agro Resources And Technology (SMART) Tbk dan PT Binasawit Abadi Pratama (BSP) di Plaza Sinar Mas Land, Menara II, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

baca juga: majalah MATRA edisi terbaru — klik ini

Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »
Lewat ke baris perkakas