Makanan Yang Tidak Baik untuk Sarapan, Nah Loh

MATRANEWS.id — Sarapan atau makan pagi adalah keadaan untuk mengonsumsi hidangan utama pada pagi hari. Waktu sarapan dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 11.00 pagi.

Alasan terburu-buru, hingga tidak terbiasa memulai hari dengan sarapan membuat sebagian orang melewatkan sarapan pagi. Padahal, sarapan pagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Percayalah, hari Anda akan lebih baik jika membiasakan diri untuk sarapan di pagi hari. Jika Anda bingung menentukan menu sarapan yang baik dan sesuai dengan kondisi tubuh Anda,

Salah satu manfaat sarapan pagi adalah sebagai sumber energi. Layaknya mobil, Anda butuh juga “bahan bakar” untuk mengembalikan energi setelah tidur malam yang panjang dan menyebabkan perut menjadi kosong. Ini menjadi alasan mengapa sarapan sangat penting dalam memulai hari Anda.

Dianjurkan menyantap makanan yang ringan bagi kerja perncernaan, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kadar serat tinggi dengan protein yang cukup namun dengan kadar lemak rendah.

Contoh Menu Sarapan Sehat

Menu sarapan sebaiknya diatur sebaik mungkin, sarapan yang sehat mengandung biji-bijian utuh (sereal gandum utuh), protein (selai kacang, daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur rebus), keju atau susu rendah lemak, serta buah-buahan dan sayur-sayuran.

Anda juga bisa mengonsumsi sereal, bubur oatmeal, atau muesli dengan campuran yang sehat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah.

Kombinasi karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak, bermanfaat bagi kesehatan dan membuat Anda kenyang selama berjam-jam.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, contoh menu sarapan sehat untuk anak sekolah usia 6-12 tahun antara lain:

Setangkup roti + telur mata sapi + sayuran + susu
Nasi goreng + telur dadar + sayuran
Bubur ayam + pisang
Lontong sayur + telur + buah
Nasi uduk + ayam goreng + buah
Mi goreng + telur + buah

Nah, menu sarapan juga tidak boleh sembarangan. Berikut ini adalah pilihan makanan yang kita hindari saat sarapan.

Produk pastry

Produk pastry sebagian besar kandungannya hanyalah gula dan lemak. Donat misalnya, proses pembuatannya menggunakan gula, krim, serta digoreng dengan metode deep fried.

Lemak yang berasal dari penggorengan terutama dengan metode deep fried, merupakan jenis lemak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan karena dapat mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah.

Sereal

Untuk pilih Sereal perlu diperhatikan, karena ini nilai kandungan gulanya tinggi. Kita harus memperhatikan kandungan gizi yang terdapat pada kemasan sereal, pilihlah sereal yang setidaknya mengandung 3 gram serat dalam setiap takaran sajinya.

Nasi uduk, bihun, dan gorengan

Meskipun mengenyangkan, ternyata jenis makanan ini dapat dikategorikan sarapan tidak sehat. Terlebih lagi, nasi uduk tersebut disajikan dengan bihun goreng, sambal goreng kentang, ditambah dengan gorengan.

Jika kita perhatikan, nasi uduk sendiri adalah sumber karbohidrat. Nah, menyantap nasi uduk dengan bihun atau kentang, maka asupan karbohidrat bertambah berkali-kali lipat.

Selain itu, gorengan yang kamu konsumsi juga biasanya tinggi lemak karena mengandung banyak minyak.

#hellosehat

Tinggalkan Balasan