Please assign a menu to the primary menu location under menu

Senin, Desember 16, 2019
Trend

Masa Sekarang Adalah Miliknya Sang Pemberani, Inovatif dan Kreatif

Oleh: Asri Hadi

709Views
Asri Hadi (Wakil Pemimpin Umum Majalah HealthNews)- www.healthnews.co.id

Jangan lalai meluangkan waktu untuk belajar, menulis, meneliti, memberikan saran, konsultasi, dan terus belajar.

MATRANEWS.id –Tim Sinergitas Media yang merupakan owner dari pemilik media, yang tergabung di Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI), adalah orang-orang yang peduli terhadap nasib bangsa, khususnya generasi kita semua.

Sosok-sosok itu, termasuk orang yang menjadi bagian dari Workshop IFNGO ASEAN 2019, bahas soal  “Drugs Demand Reduction”.  Merupakan hajat 24 tahun IFNGO berkiprah di Asean.

Acara berlangsung 26-29 November 2019 di Kartika Chandra Hotel  & Suites, jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Saya sebagai Wakil Ketua, kemudian Poppy Hayono Isman sebagai Ketua acara dengan subtema:  “Kecanduan Di Antara Milenial, Menuju Standar Internasional pada Pencegahan Penggunaan Narkoba”.

Para pembicara, termasuk Kepala BNN Heru Winarto dan Ahwil Lutan bergabung bersama Dirjen Kemendagri dan Ketua Umum Kowani. Presiden IFNGO Augusto Nogulers dan aktivis Asean hadir, antara lain, Prof Datuk Tajudin.

Acara yang diikuti para socialpreneur,  menjadi bagian networking bagaimana kita semua peduli dan sudah bergerak secara swadaya sesuai talenta masing-masing, mengatasi Indonesia yang sudah “Darurat Narkoba”.

Kepedulian inilah, yang terus kita viralkan.  Bahwa hal-hal baik, harus dilakukan orang baik, untuk mencapai hasil yang baik. Karena, ini berdampak  di masa depan, termasuk dampaknya buat kita.

Lingkungan yang sehat, jauhi narkoba harus terus digelorakan, demikian juga aparat sebagai sapu. Jangan sampai, sapunya kotor, sehingga tak bisa membersihkan lantai kotor. Bagaimana membersihkan lantai kotor, kalau sapunya sendiri enggak bersih. Iya enggak?

Waktu terus berjalan, jangan sampai generasi kita menjadi sakau, sementara kita sedang menggelorakan SDM unggulan.

Para petinggi bangsa kita ingatkan, kami ajak pebisnis juga para UKM serta semua pihak, yang memakai internet dan kongkow bareng dengan rekannya, memantau saingan juga bisa lewat digital, yang berbasis internet. Jangan sampai terjebak narkoba.

Jangan lalai meluangkan waktu untuk belajar, menulis, meneliti, memberikan saran, konsultasi, dan terus belajar.

Para aktivis kita, sempat di apresiasi oleh IFNGO ketika menerbitkan majalah HealthNews. Media Against Drugs pertama di Indonesia, saat itu Pemred-nya pak Ahwil Lutan. Dengan Pemimpin Perusahaan Sultan Najamudin, yang kini menjadi unsur pimpinan DPD RI.

Saya dan S.S Budi Rahardjo, yang merupakan Ketua Asosiasi Media Digital Indonesia dan juga Pemred majalah MATRA serta CEO majalah eksekutif, adalah orang dibalik layar dari semua gagasan besar dan langkah kongkrit itu.

Tak ingin seperti dinosaurus yang mati tertelan jaman karena tidak bisa beradaptasi dan tidak mau menerima masukan. Majalah HealthNews inim mengikuti perkembangan, silahkan klik di www.healthnews.co.id.

Ide-ide baru, inovasi baru dan kreativitas harus juga diuji, karena juga karena sesuatu yang baru tidak mau diuji, validitasnya.

Jurnalis atau dosen sering berinteraksi. Pertemuan demi pertemuan dalam organisasi bisnis. Ya, memang adanya banyak berisi ”wacana”, tidak banyak menghasilkan sesuatu yang konkret.

Kalau diungkapkan dalam momentum yang tepat, dengan cara yang juga tepat, biasanya sebagian besar dari mereka setuju. Bahwa, tindakan kecil namun penting (tapi tidak ditindak lanjuti sehingga terlupakan selamanya).

Bersiaplah mendengar sesuatu yang “pedas”. Jangan merasa sudah sangat berpengalaman atau memiliki CV/ MBA/ gelar/pengalaman/ pendidikan/latarbelakang/dll. Maka, di otak tidak mau menerima masukan dan situasi yang terus berkembang. Termasuk di era digital ini.

Ayo terus menggali ilmu.

Sukses suatu bisnis memerlukan tujuh ‘In’ dari eksekutif yang ada:
1. Insight (wawasan) tentang seperti apa masa depan nantinya
2. lntuisi untuk membuat keputusan yang benar
3. Inisiatif untuk bertindak efektif
4. Inovasi untuk mencipta secara berbeda
5. lntegritas untuk mengikuti dengan tekun dan dengan benar
6. lndividualitas untuk menerima kepemilikan
7. Interdependensi untuk menetapkan hal-hal di atas sebagai rekan dalam suatu tim

Organisasi bisnis (bahkan organisasi apapun) perlu serius mengembangkan sumber daya insaninya. Ini kunci mengoptimalkan potensi kreatif, daya inisiatif dan kepemimpinan. Sukses organisasi bisnis di masa depan, dimulai dari ikhtiar simultan pengembangan kepemimpinan kewirausahaan hari ini.

Tak ada yang “terlalu dini” dalam urusan pengembangan kepemimpinan, karena dari kepemimpinan yang antisipatif, visoner, bisa dibangun sukses di masa depan.

Disraeli bilang, “Perubahan, adalah sesuatu yang konstan”. Namun hanya sedikit organisasi mapan yang sungguh-sungguh mengakui makna sesungguhnya pernyataan ini.

Di dalam arena bisnis, hanya sedikit model bisnis yang relevan pada saat ini, baik di tingkat lokal maupun global. Mungkin model yang paling sesuai adalah sebuah gyroskop yang berputar karena kemampuannya untuk tetap seimbang tanpa memperhatikan sudut dan arah.

Model semacam ini, sebagai contoh, memastikan bahwa planet yang kita diami menjaga keseimbangan sempurna dari jagad raya.

Di lain pihak tanggapan negatif pada suatu gyroskop merupakan suatu proyektil peluru terhadap keseimbangan dan terarah pada sasaran. Model semacam ini yang konstan, namun tetap bergerak, adalah penggambaran yang sempuma untuk penciptaan budaya wirausaha dalam suatu organisasi yang mapan. Dengan setiap arah strategis, seluruh perusahaan bergerak sembari mempertahankan keseimbangan.

Suatu organisasi harus secara penuh memiliki tanggungjawab untuk mengembangkan sumber daya manusianya, dan pada gilirannya potensi kreativitas, inisiatif dan kepemimpinannya mencapai prestasi optimalnya.

Organisasi yang ingin mencapai sukses besok akan mengembangkan kepemimpinan kewirausahaan pada hari ini.

Yuk, selain mengembangkan bisnis dan bangsa ini, kita terus peduli dan memahami situasi terkini.

 

www.majalahmatra.com

Tinggalkan Balasan

Translate »