Budaya

Medsos diramaikan foto ini

26Views

Acaranya sendiri sudah berlalu. Saat itu Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir meresmikan secara simbolis pembangunan tujuh gedung baru Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Jawa Timur, Jumat (21/7). Pembangunan gedung baru di Unesa ini adalah salah satu bentuk kerja sama yang dilakukan pemerintah dengan IDB.

Selain Unesa, kata Menristekdikti, ada enam perguruan tinggi negeri (PTN) lainnya yang didanai IDB. “Unesa mendapatkan dana dari IDB sekitar Rp 300-an miliar, pembangunan ini diharapkan dapat menyelesaikan beberapa ruang laboratorium, ruang fakultas yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa,” kata Nasir.

Ia berharap pembangunan tersebut bisa selesai di akhir 2018. Agar pembangunan selesai sesuai jadwal, Nasir secara khusus meminta Rektor Unesa Prof Warsono untuk membentuk tim teknis yang bertujuan mengawasi kerja dari kontraktor dan konsultan agar berjalan dengan baik.

Selain Unesa, enam universitas yang mendapat bantuan dari IDB adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Universitas Tanjungpura (Untan), Universitas Lambung Mangkurat (Unlam), dan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah).

“Kami juga merencanakan pembangunan empat kampus yang disebut ‘Four in One’ yaitu Universitas Jember, Universitas Sultan Agung Tirtayasa Banten, Universitas Mulawarman Kaltim, dan Universitas Negeri Malang. Mudah-mudahan di akhir 2017 sudah mulai peletakan batu pertama dan kontrak sudah dimulai Oktober. Ini sudah mulai penyiapan pelelangannya,”ujar Nasir.

Sementara itu, Rektor Unesa, Prof Warsono, dalam laporannya menyatakan ada sejumlah gedung yang segera dibangun meliputi enam gedung yang didanai IDB sebesar Rp 300 miliar.

Antara lain Gedung Perpustakaan, Gedung CPD, Laboratorium MIPA, Laboratorium Teknik, Student Centre dan Fakultas Seni dan Desain, serta satu gedung yang didanai Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yaitu Gedung Graha Unesa.

Yang bergulir di media sosial justru foto ini. Banyak yang menyebut ini hoax sementara yang lain menjelaskan realitas. Inikah yang namanya pergeseran budaya. Ada komentar?

Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »
Lewat ke baris perkakas