0816-1945288 eksekutifmatra@gmail.com
EkonomiNasional

Menjadi Karyawan Tak Tergantikan

95Views

Oleh: S.S Budi Rahardjo

Jojomedia Coach

Cobalah luangkan waktu Anda untuk membina hubungan yang baik dengan rekan kerja ataupun klien.

MATRANEWS.id — Perusahaan yang memberi pendapatan layak kepada karyawannya akan dengan mudah mendapatkan karyawan baru, bila suatu saat si karyawan tersebut keluar atau pindah kerja.

Pimpinan perusahaan ibarat raja. Dia dapat dengan mudah mengganti atau merotasi karyawan. Itu bisa dilihat jika Anda mengundurkan diri dari pekerjaan. Selalu ada orang baru yang menggantikan.

Agar menjadi aset berharga yang tidak dapat begitu saja ditinggalkan, si karyawan harus terus memoles diri.

Jangan berpikir kemampuan dan pengalaman akan membuat aman.

Justru sifat “manusia” yang dicari perusahaan, adalah sifat yang selalu berinteraksi dengan orang, dewasa, bersemangat, dan mampu menetapkan skala prioritas dalam bekerja.

Lihatlah seorang seniman berkarya. Totalitas dalam bekerja adalah sebuah ciri yang tak pernah ditinggalkan, demi menghasilkan sebuah mahakarya.

Begitu pula seharusnya ekspektasi diri kita saat bekerja. Dan tentunya perusahaan pun mengharapkan pekerjanya memiliki kriteria ini.

Bekerja penuh kreativitas dan tidak mudah puas dengan hasil pencapaian kerja merupakan contoh unjuk kerja sang juara. Hal ini akan mendorong Anda untuk lebih berprestasi dan berkarya dengan optimal, bahkan mampu melebihi target yang ditetapkan perusahaan.

Tidak hanya itu, karyawan yang baik, harus aktif dalam memberikan solusi pada permasalahan kantor. Jangan hanya diam dan tutup mata seolah tak tahu apa-apa. Ingatlah, perusahaan bukan sekedar tempat mencari uang, tetapi juga menjadi rumah kedua. Ini yang perlu dicamkan.

Cobalah untuk selalu membangun hubungan komunikasi yang baik, berinteraksi, dengan rekan kerja dan klien. Hubungan komunikasi yang baik menciptakan sebuah “Rasa” bagi lawan bicara.

“Rasa” inilah yang membuat kita sulit dilupakan. Oleh karena itu, luangkan waktu Anda untuk membina hubungan yang baik dengan rekan kerja ataupun klien.

Tampil Beda

Cobalah untuk memiliki suatu keahlian yang tidak dimiliki orang lain di tempat kerja.

Kepemilikan keahlian ini membuat Anda memiliki karakter dan kepribadian yang unik.

Anggap saja hal ini merupakan kelebihan. Maksud unik dan berbeda disini adalah kita bukan menjadi karyawan aneh. Namun kita memiliki karakter-karakter seorang yang berbeda dengan karyawan lainnya.

Kita memiliki nilai plus, misalnya karyawan yang selalu on time, datang paling pagi, karyawan yang bisa memotivasi sahabat-sahabat lainnya, intinya adalah seseorang yang berbeda dari orang lainnya.

Berikan satu atau dua jam ekstra di tempat kerja Anda dan lihat bagaimana perubahan hari Anda. Anda akan menemukan lebih banyak hal yang perlu dilakukan. Anda juga akan menemukan lebih banyak waktu untuk memikirkan inisiatif-inisiatif Anda.

Motivasi datangnya bisa dari mana saja. Dari hal kecil seperti memandangi foto orang terkasih di meja kerja Anda, membaca buku, rajin beribadah atau mengikuti seminar.

Motivasi akan membuat Anda selalu tampil energik dan positif. Tetapi tetap saja, tidak ada yang bisa mengubah diri Anda, kecuali kemauan yang keras dari dalam diri Anda sendiri.

Belajarlah untuk bekerja sama dengan mereka yang punya landasan yang sama dengan anda.

Tidak banyak orang yang bisa melakukannya. Sebab terkadang dalam proses kerjasama, seseorang terjebak dalam egonya masing-masing. Anda hanya perlu membuang ego Anda dan bekerja untuk kebaikan yang lebih besar, yaitu visi perusahaan anda.

Berikan energi dan antusiasme ke dalam pekerjaan Anda.

Libatkan rekan-rekan Anda di dalamnya. Sehingga Anda akan dikenal sebagai sosok yang tak kenal lelah dalam mengejar tujuan yang lebih besar dari perusahaan. Dengan energi dan antusiasme ini, Anda akan menemukan lebih banyak hal yang bisa dilakukan.

Penting sekali menunjukkan bahwa Anda punya ambisi yang tinggi.

Dengan adanya ambisi, Anda akan tetap tertantang meskipun banyak pihak yang menghambat Anda untuk maju. Seseorang yang mampu mengatasi tantangan demi tantangan akan menjadi orang yang unggul di bidang yang ditekuninya. (*)

baca juga: majalah MATRA cetak (print) edisi terbaru — klik ini

Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »
Lewat ke baris perkakas