Nasional

Pelatihan Intelejen serta Keamanan Digital Bersama ICSF dan Asosiasi Media Digital Indonesia

Sekjen AMDI (Edi Winarto) bersama Ketua Indonesia Cyber Security Forum (Ardi Wiranata)
313Views

Anggota ICSF (Indonesia Cyber Security Forum) yang terdiri dari kalangan teknisi, praktisi, termasuk pebisnis dan akademisi bersedia tukar pengalaman dan menjadi nara sumber. Hal ini bagian dari nota kesepahaman yang dijalin kepada Asosiasi media digital yang kebanyakan anggotanya berlatar belakang jurnalis dan kini menjadi pemilik media digital. Ilmu digital disanding para sumber daya komunikasi media diharapkan mempunyai peran positif untuk bangsa ini.

“Kolaborasi ICSF dan anggota media digital, menangkap fenomena digital yang begitu cepat,” ujar Edi Winarto, Sekjen Asosiasi Media Digital, dalam acara kopi darat bersama Ketua ICSF Ardi Sutedja. Dimana pola bisnis media mainstream juga mulai bergeser. “Indonesia memang masih kurang memahami bidang ketahanan informasi dan keamanan cyber (cyber security),” ujar Ardi Sutedja. Padahal, ancaman terhadap keamanan dunia maya semakin berkembang.

Ardi Sutedja dan Edi Winarto menyebut, hanya dengan beberapa gerakan keyboard saja, maka negara, kelompok teroris, organisasi dan individu yang tidak bertanggung jawab dapat meluncurkan serangan cyber dari mana saja dan kapan saja yang dapat mengganggu dan merusak demokrasi dan sendi-sendi kehidupan masyarakat. “Ini yang perlu kita sadari,” ujar mereka kompak segera memberi literasi kepada minimal ke anggotanya, hingga kemudian ke masyarakat umum.

Berangkat dari keprihatinan atas masalah ini, Indonesia Cyber Security Forum (ICSF) dan Asosiasi Media Digital menyiapkan beberapa literasi di bulan Oktober dan November 2017. Tekatnya, untuk mengembangkan dan mempraktekkan pendekatan-pendekatan di dalam keamanan cyber yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan (multi-stakeholder approach). “Maaf untuk sementara ini, kegiatan kami masih untuk kalangan terbatas, tapi jika tertarik bisa menghubungi sekretariat Asosiasi Media Digital saja,” ujar Edi, Sekjen Asosiasi Media Digital.

Indonesia Cyber Security Forum (ICSF) sepakat bersama Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) untuk membangun literasi digital yang positif. Jalinan kerjasama ekslusif ini diupayakan untuk menjadi lebih massif dengan pelbagai kegiatan bersama, tak hanya kegiatan dan kopi darat secara informal. Anggota ICSF dipersilahkan jika ingin menulis atau memaparkan kolom atau pemikiran di media-media yang menjadi anggota Asosiasi Media Digital Indonesia.

Selain dalam bentuk forum di Whatsapps dan media social FB, sudah akan dijadwal rutin pertemuan setiap bulan bagi pemilik website berita online atau pemilik media mainstream yang berkonvergensi ke media digital. Gathering “kopi darat” membicarakan yang krusial di dunia digital bukan hanya gratis tapi juga akan berbayar, karena akan mendatangkan ragam pihak yang berkompeten dan bermanfaat.

Pertemuan yang selama ini terjadi antar pemilik media digital, termasuk pembuat aplikasi koding dan motivator yang memiliki media digital memang sudah berlangsung belakangan ini. Hanya saja dengan adanya jalinan kerjasama Indonesia Cyber Security ini, maka anggota Asosiasi Media Digital mendapat masukan dari narasumber yang kompeten, khususnya dalam hal teknis dan keamanan di dunia digital.

Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »