Komunitas

Pemasang Aplikasi “Tuyul” Ojek Online Terus Dicari Polisi

210

Fake GPS dikenal dengan istilah “Ofik”, namun ada pula yang menyebutkanya “Tuyul”.

Bagi ojek Online aplikasi “Tuyul” sempat menjadi pembicaraan. Mereka ada yang berani memasang ada yang tidak. Istilah tuyul mungkin kedengarannya sangat mengerikan, namun hal tuyul dalam dunia ojek online sebenarnya sama sekali tidak berhubungan dengan magis atau ilmu hitam. Hanya saja saja komplotan pengguna “Tuyul” baru saja ditangkap polisi, karena terlarang.

Sebutan “Tuyul” yang dimaksud adalah aplikasi tambahan yang dipasang pada ponsel pengemudi, seperti aplikasi Fake GPS dan beberapa aplikasi pendukung lainnya. Mereka inilah yang disebut-sebut merupakan bagian dari para pengemudi yang di-suspend oleh manajemen Grab lalu kemudian berunjuk rasa beberapa waktu lalu.

Di kalangan para pengemudi, Fake GPS dikenal dengan istilah “Ofik”, namun ada pula yang menyebutkanya “Tuyul”. Ofik sendiri merupakan kependekan dari Order Fiktif. Cara kerja Fake GPS adalah memalsukan lokasi keberadaan pengemudi yang tidak sesuai dengan lokasi pemesanan.

Penggunaan Fake GPS merupakan tindakan curang yang merugikan para pengemudi yang bekerja dengan jujur. Penggunaan Fake GPS termasuk pelanggaran kode etik karena mengakali sistem. Karena lokasinya tidak ada di situ, jadi penumpang menunggu agak lama.

Dengan aplikasi mock locations, hanya mengutak atik handphone supir online itu sudah mendapatkan order, padahal hanya di belakang meja dan mendapat insentif dari operator. Seolah mereka mengangkut penumpang, namun sebenarnya tidak. Dijam sibuk, “mengantar-jemput” penumpang lewat program manipulasi informasi jasa antar ke sistem operator dengan target insetif dan mendapatkan fulus.

“Para mitra menjadi kesulitan mendapatkan pesanan lantaran membanjirnya pesanan palsu. Mereka pun membuat pelanggan tidak nyaman, karena pesanan kerap dibatalkan,” ujar Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia.

MATRANEWS.ID

Konvergensi Majalah MATRA
Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »
Lewat ke baris perkakas