KomunitasPolitik

Peran Media Dan Ormas Islam Mewujudkan Islam Yang Rahmatan Lil Alamin Guna Memperkokoh NKRI Dan Pancasila

128

Staf Ahli Menkopolhukam, S. Yunanto, Ph. D, memuji peran Kaukus Muda Indonesia dalam membuat diskusi publik yang mengingatkan anak muda dan mahasiswa yang berpendidikan agar senantiasa memperkokoh dan memperkuat NKRI, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan UUD’45 yang merupakan 4 pilar bangsa Indonesia.

Hal ini diungkapkannya dalam acara Diskusi Publik Kaukus Muda Indonesia di Gedung Dewan Pers Jl. Kebon Sirih Jakarta Pusat, hari Selasa(26/9/2017).
Yang menjadi kekhawatiran Yunanto adalah 4 konsensus bangsa yg saat ini tengah digoyang dengan berbagai gerakan-gerakan yg bersifat ideologis dan harus segera ditangani oleh pemerintah bekerjasama dengan masyarakat.

” Saya kira anak-anak muda yang merupakan komponen bangsa harus ikut berpartisipasi dalam memperkuat negara secara ideologis untuk memperkuat landasan pembangunan yang akan datang,” harapnya.

Terkait dengan konteks tema diskusi, menurut Yunanto, Islam atau politik Islam memainkan peran penting sejak sebelum kemerdekaan sampai hari ini. Ada Islam yang moderat dan besar seperti NU dan Muhammadiyah yang nasionalismenya tidak diragukan lagi.

Media juga punya peran sangat penting bersama dengan masyarakat untuk saling memperkuat bangsa ini.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Ketua Litbang PP. GP. Anshor, Hasanuddin Ali menjelaskan bahwa dalam konteks sekarang ada 2 kutub yang semakin keras, yaitu ada kelompok yang menginginkan bangkitnya Islam dan politik Islam semakin kuat juga ada kelompok yang ingin mengganti Pancasila juga menguat.

” Posisi Anshor sudah clear dan sudah jelas bahwa Pancasila itu tidak bisa ditawar-tawar lagi. Jadi dari kelompok manapun dari spektrum politik manapun kalau menentang Pancasila harus kita lawan. Apakah dari kelompok Islam, dari kelompok komunis misalnya itu juga tidak bisa kita terima,” tegasnya.

Menurutnya, ini semua kembali kepada pertarungan Pilpres 2019. Jadi panggung ini akan terus ramai dengan diisi oleh kelompok-kelompok yang ingin memanfaatkan semua isu untuk dipakai dalam Pilpres 2019. Sedangkan GP. Anshor sebagai gerakan pemuda yang memang garis politiknya sudah jelas bahwa NKRI adalah harga mati. Jadi siapapun yang menginginkan NKRI pecah tidak bisa kita terima.

Sementara itu, Wartawan LKBN Antara, Mohammad Anthony, menyatakah media memiliki peran kuat dalam menggairahkan 4 pilar bangsa yaitu NKRI, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan UUD’45 untuk menjadi panduan dalam pemberitaannya di media. Dan media harus memiliki 4 sifat nabi yaitu, Sidiq, Amanah, Fathonah dan Tablik agar berita yang muncul akan menjadi sejuk. (Mistqola)

Konvergensi Majalah MATRA
Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »
Lewat ke baris perkakas