“Selamat datang peserta kongres Satpol PP.  Silahkan sebelum atau sesudahnya acara resmi, bisa menikmati destinasi unggulan di NTB,” tutur Awan Aswinabawa, Ketua Asosiasi Travel Agent Indonesia.

Awan yang merupakan tokoh pariwisata tingkat nasional ini, memang terus berkomitmen terus memperkenalkan potensi Provinsi NTB terutama Lombok Sumbawa dalam hal keindahan alam dan kekayaan budaya yang dapat membuat siapa saja jatuh cinta.

Pasalnya, sempat disebut pariwisata disebut “lumpuh” setelah Lombok dilanda gempa berkekuatan magnitude 7.0.

Wisatawan berhenti datang ke Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Pantai-pantai sepi dari wisatawan, hanya ada kuda berkeliaran, tanpa pengawasan pemiliknya.

“Kami move on dan mengajak media massa untuk membantu kami,” ujar Awan Aswinabawa, Ketua Asosiasi Travel Agent Indonesia, mengucap terima kasih dengan rekan-rekan dari Asosiasi Media Digital Indonesia yang terus memberitakan secara positif, situasi akibat gempa di Lombok.

Awan, tokoh Lombok yang juga aktif sebagai Ketua Asosiasi Marketing Mataram ini segera mencari cara untuk daerahnya kembali dikunjungi wisatawan kembali. Setelah puing-puing dibersihkan, perbaikan sarana dan prasarana segera dilakukan, secara bertahan kembali memasarkan fasilitas wisata di Gili, yang segera pulih.

“Kami akan terus kreatif dan inovatif dalam menawarkan produk paket-paket menarik bagi wisatawan yang akan dan sedang berkunjung ke NTB,” tutur Awan Aswinabawa, pemilik A&T tours dibangun yang dibangun sejak 1992, dengan optimis.

Upayanya adalah meyakinkan kembali menyambut kedatangan wisatawan, dilakukan Awan dan tim sehingga pada September 2018 ini, hotel-hotel sudah kembali beroperasi untuk wisatawan. Menjelaskan dan mensosialisasikan ke dunia, bahwa situasi Lombok kondusif, termasuk di tiga Gili (Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air).

“Extend saja satu malam,” ajak Awan dengan ramah. “Coba nginep di tempat kita dong, Nirvana gili Sudak,” demikian pelaku pariwisata Lombok yang sangat senang (happy) dengan adanya peringatan HUT Ke-70 SatPol-PP dan HUT ke-58 Sat-Linmas Tahun 2020 yang dipusatkan di Mataram.