Satpol PP Seluruh Indonesia Menjadi Garda Depan Cegah Corona, Tapi Perlengkapan Minim

MATRANEWS.id — Tak hanya petugas kesehatan yang menjadi “garda depan” menghadapi perang melawan virus corona.  Satuan polisi Pamong Praja termasuk aparat yang membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah korban yang terdapak virus.

Bersama jajaran TNI/Polri, Satpol PP terus “bersentuhan” dengan masyarakat.  Keliling mengedukasi ke detil dan ragam  unsur masyarakat,  dalam bagian menanggulangi covid-19.  Siap menertibkan masyarakat, jika nanti dirasa perlu. Jadi,  tak sekedar dihimbau.

Dengan Alat Pelindung Diri (APD) seadanya, Satpol PP kadang bertugas tanpa masker terus bergerak. Di tiap pemerintah daerah petugas  berjibaku untuk memberi pemahaman, agar masyarakat disiplin membatasi interaksi sosial atau social distancing.

Tujuan social distancing ini adalah menekan angka jangan statistik terus naik melalui penyebaran orang ke orang. Nanti akan dipantau apakah work from home ini berjalan efektif tidak. Kalau tidak disiplin, ya tidak akan efektif.

Tak hanya Satpol PP di Jakarta,  tapi aparat Satpol PP dari Bali Bali dan Sulawesi, Jawa Barat hingga Mataram, Lombok juga menjadi bagian “pahlawan” bersama para personel TNI/Polri atau Petugas Kesehatan.  Mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan untuk terhindar dari penularan virus corona.

Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk belajar, beribadah dan bekerja dari rumah.  Pol PP milik masyarakat, sebagai penyeimbang kehidupan dan representasi negara hadir di setiap geliat kehidupan.

Kehadirannya di masyarakat, profesional dan berguna dengan menjadi polisi protocol kesehatan, yang sudah dikeluarkan pemerintah pusat dan Pemerintah daerah masing-masing, sesuatu kebijakan masing-masing.

 

Tinggalkan Balasan