Ekonomi

Sinar Mas Land & Kawan Lama Group Kembangkan Usaha Properti di Indonesia

531Views

Dua grup besar ini bersinergi. Pada 30 Mei 2018, Sinar Mas Land, salah satu pengembang properti di Indonesia dan Kawan Lama Group, perusahaan ritel, industrial dan property & services nasional menandatangani kerjasama atau Joint Venture di bidang properti yang dilakukan oleh Group CEO Sinar Mas Land, Michael Widjaja serta Chairman Kawan Lama Group, Kuncoro Wibowo (30/05).

Kerjasama itui bertujuan untuk mempercepat kemajuan di sektor properti Indonesia, dengan membangun sebuah kawasan mixed use untuk memaksimalkan penataan konsep pemukiman, bisnis dan perdagangan, jasa, serta rekreasi.

Kawan Lama Group merupakan bidang usaha yang bergerak dalam sektor Retail untuk perlengkapan rumah tangga, furnitur, gaya hidup serta food and beverage, Industrial, Property & Services, dan bisnis online yang telah berpengalaman lebih dari 63 tahun.

Sinar Mas Land merupakan pengembang properti di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 40 tahun yang telah sukses melakukan pengembangan properti mencakup perumahan, apartemen, pusat berbelanjaan dan kawasan industri.

Kedua perusahaan menyadari bahwa kondisi market saat ini lebih kompetitif, sehingga diharapkan melalui kerjasama ini kawan Lama Retail dan Sinar Mas Land dapat berkolaborasi untuk mengembangkan berbagai produk properti di wilayah strategis di seluruh Indonesia.

Jalinan kerjasama bidang properti dipilih karena merupakan kebutuhan dasar setiap manusia dan selalu memiliki permintaan atau daya beli, terutama properti hunian yang memiliki pasar yang besar dan terus mencatat pertumbuhan yang positif.

Kawan Lama Group dan Sinar Mas Land cukup optimis kondisi industri properti akan terus membaik kedepannya, sehingga hal ini akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi karena properti memiliki multiplier effect yang sangat besar dengan berbagai industri turunan lainnya.

“Selanjutnya, kerjasama Kawan Lama Group dan Sinar Mas Land diharapkan tidak hanya untuk mengembangkan bisnis kedua belah pihak, namun juga dapat memberi kontribusi yang baik untuk masyarakat dan pemerintah kota setempat dalam hal pembangunan dan pendapatan daerah, serta penyerapan tenaga kerja,” ujar Kuncoro Wibowo, Chairman Kawan Lama Group menjelaskan.

Realisasi kerjasama untuk proyek pertama adalah dengan pembangunan mixed-use project di kawasan Kota Wisata – Cibubur. Tahap awal yang dilakukan adalah melalui pembangunan mal di area seluas 8,5 Hektar dengan luas bangunan +/- 90.000 M2.

Target ground breaking mall ini adalah kwartal pertama 2019, dan ditargetkan akan beroperasi pada kwartal pertama 2021.

Selain untuk melengkapi township development serta mengakomodasi kebutuhan berbagai penghuni, mal ini juga dibangun sebagai pusat belanja serta rekreasi dan hiburan. Nilai investasi untuk proyek pertama ini senilai Rp 1,2 trilun, dengan share masing-masing 60% (Kawan Lama Group): 40% (Sinar Mas Land).

Realisasi pembangunan superblock ataupun mixed-use di Kota Wisata ditargetkan akan dimulai 2 atau 3 tahun setelah mall beroperasi, terdiri dari hotel, dan apartment.

Selanjutnya superblock lainnya akan dikembangkan di daerah Grand Wisata Bekasi, kemudian berlanjut pengembangan di Surabaya, dan Makassar. “Di daerah potensial lainnya di seluruh Indonesia,” tutup Alphonzus Widjaja, CEO Retail and Hospitality Sinar Mas Land.

Pemilihan lokasi di Kota Wisata, Cibubur pada awal kerjasama ini karena memiliki potensi besar untuk dikembangkan, dimana daerah tersebut telah mengalami migrasi urban dari kawasan-kawasan padat lainnya. Dampaknya adalah meningkatnya kebutuhan hunian, ruang komersial ritel, hotel dan juga perkantoran.

Saat ini Kota Wisata Cibubur tengah menjadi primadona, karena selain dekat dengan Jakarta, kota mandiri ini juga memiliki lokasi yang strategis. Integrasi properti dengan transportasi menjadi aspek penting bagi setiap pengembang real estate.

Penggabungan ini dinamakan transit oriented development (TOD), konsep dasar TOD adalah mengintegrasikan transportasi yang ada di daerah sekitar seperti akses langsung pintu toll Cimanggis – Cibitung yang akan mulai beroperasi tahun 2018.

Tol ini nantinya akan terhubung juga dengan Toll Jagorawi dan Toll JORR 2 (Tb. Simatupang) serta Toll JORR W2 ke Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Selain akses kendaraan pribadi, warga Kota Wisata juga akan semakin dimudahkan dengan sarana transportasi light rapid transit (LRT) dengan rute Cibubur – Cawang – Dukuh Atas yang rencananya akan mulai beroperasi pada 2018.

Sebelumnya warga Kota Wisata juga telah dimanjakan dengan akses tranportasi Shuttle Bus yang beroperasi dari dalam Kota Wisata dan memiliki rute kebebarapa titik di pusat kota Jakarta seperti Sudirman, Senayan, Semanggi, Grogol, ITC Mangga Dua.


Tentang Kawan Lama Group

Kawan Lama Group merupakan perusahaan industial, ritel, dan properti & services terkemuka di Indonesia yang hadir sejak tahun 1955. Mengusung slogan Bring Value for a Better Life, Kawan Lama Group mengelola 20 cabang distribusi, 24 service center, dan lebih dari 450 toko ritel di Indonesia.

Pada sektor ritel, Kawan Lama Group menaungi bisnis penyedia produk berkualitas untuk perlengkapan rumah, furnitur, dan gaya hidup.

Ada ACE pusat perlengkapan rumah tangga dan gaya hidup, kemudian Informa Furnishings pusat furnitur dan aksesoris untuk hunian dan bisnis, Toys Kingdom pusat mainan dan hobi untuk segala usia.

Masih satu grup, yakni Chatime penyedia minuman brewed tea, Bike Colony penyedia sepeda dan aksesoris, Pendopo rumah batik dan kerajinan tradisional Indonesia.

Juga Dr. Kong penyedia sepatu kesehatan dan aksesoris, Cupbop penyedia makanan Korean BBQ in a cup, Pet Kingdom pusat perawatan dan kebutuhan hewan peliharaan, dan Ruparupa toko online resmi Kawan Lama Group.

Di industrial, Kawan Lama Group menghadirkan Krisbow yaitu merek untuk berbagai perkakas teknik, permesinan, pertukangan dan industri, perangkat rumah tangga, alat keselamatan diperkenalkan pada tahun 1998.

Untuk property & Services, Kawan Lama Group memiliki dan mengoperasikan Living World, mal dengan diferensiasi positioning sebagai “The biggest Home Living, Lifestyle and Eat-tertainment center”.

Serta Living Plaza yang hadir memberikan konsep pengalaman berbeda untuk menikmati lebih banyak varian produk, layanan, dan kenyamanan berbelanja di toko Kawan Lama Retail dalam satu lokasi. Saat ini Living World telah hadir di 2 kota, yaitu di Alam Sutera Tangerang Selatan dimana ACE terbesar di dunia (15.000 M2) ada di dalamnya, dan di Pekanbaru. Sedangkan Living Plaza saat ini telah hadir di 13 lokasi di 10 kota.


Tentang Sinar Mas Land

Sinar Mas Land adalah pengembang properti di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 40 tahun. Sinar Mas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE).

Awal tahun 2011, BSDE telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.
Sinar Mas Land telah mengembangkan lebih dari 50 proyek di Indonesia.

Keberhasilan Sinar Mas Land dengan mengembangkan property & real estate di Indonesia juga diakui oleh lembaga yang kredibel dan independent di dunia dengan mendapatkan berbagai macam penghargaan International.

Penghargaan itu seperti World FIABCI Prix d’excellence Award di Cyprus (2011), Taichung (2013) & Kuala Lumpur (2015), Asia Pacific Property Award di Kuala Lumpur (2012, 2013, 2015), Cityscape Awards For Emerging Market di Dubai (2014),dan FIABCI Golden Award di Andora (2017), MIPIM di Hongkong (2017).

Dengan dukungan tim manajemen yang solid Sinar Mas Land juga dikenal sebagai pengembang kota mandiri (Melalui BSD City Development), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan Klaster/concept- clustered residential (Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain).

Disamping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor/pioneer pengembangan proyek inovatif Strata Mall / Trade Center (ITC) di Indonesia.

Sinar Mas Land sebagai pengembang properti berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi green di setiap proyeknya.

Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program, seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan ‘The Breeze’, serta jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat.

Hal itu menyangkut, pentingnya menjaga kelestarian lingkungan salah satunya melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun.

Sejauh ini Sinar Mas Land telah menanam lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan, dan mengembangkan taman kota serta hutan kota.

Inisiatif dan komitmen terhadap masalah sosial juga terus dilakukan melalui program – program CSR yang memberi kesempatan masyarakat sekitar dan usaha kecil dengan dapat menikmati pembangunan yang dilakukan Sinar Mas Land seperti penyediaan tempat usaha untuk 3.000 pelaku UMKM di Pasar-pasar tradisional dan taman jajan kaki lima serta program-program CSR lainnya.

Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan, Aeon, Itochu-Japan yang sudah berlangsung selama 25 tahun, Mitsubishi Corporation,Hongkong Land serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe.

baca juga: majalah MATRA cetak (print) terbaru- klik ini

Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »