Solidaritas, Kolaborasi & Kerja Sama Antarnegara Atasi Pandemi

oleh
Solidaritas, Kolaborasi & Kerja Sama Antarnegara Atasi Pandemi

Pemerintah RI Kirim Bantuan Hibah untuk Penanganan Covid-19 di India

Solidaritas, Kolaborasi & Kerja Sama Antarnegara Atasi PandemiSolidaritas, Kolaborasi & Kerja Sama Antarnegara Atasi Pandemi

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi meyakini bahwa solidaritas, kolaborasi, dan kerja sama antarnegara merupakan hal yang penting dalam melawan pandemi Covid-19.

“No country should be left behind. No one is safe until everyone is,” ujar Menlu Retno saat melepas bantuan hibah pemerintah Republik Indonesia kepada India. Dengan spirit solidaritas dan kerja sama yang dilakukan,

“Recover together, recover stronger,” imbuh Menlu secara simbolis menyerahkan bantuan hibah pemerintah Indonesia untuk mendukung upaya penanganan Covid-19 di India.

Bantuan ini bukan merupakan bantuan pertama Indonesia dalam memberikan dukungan penanganan Covid-19 bagi negara sahabat.

“Di awal pandemi, saat mulai terjadi di Wuhan, Indonesia juga memberikan bantuan alat kesehatan seperti masker, sarung tangan, dan hand sanitizer,” ujar Retno.

Indonesia juga memberikan bantuan kepada Palestina dan negara-negara Pasifik. Tak hanya itu, Indonesia juga berkontribusi melalui Coalition for Epidemic Preparedness Innovation (CEPI) untuk mendukung kesetaraan akses vaksin bagi semua negara.

“Pertama-tama, izinkan saya berterima kasih kepada Ibu Menteri Luar Negeri RI atas pernyataannya yang baik dan bijak mengenai kerja sama di kala membutuhkan. Ia dengan sangat tepat menunjukkan bahwa teman saat membutuhkan adalah teman sesungguhnya. Kami telah mempraktikkan hal tersebut di masa lalu sepanjang waktu. Sekarang saatnya mencari bantuan dari teman-teman kita,” ungkapnya.

Pesawat Garuda Indonesia, Indonesia memberangkatkan bantuan hibah kemanusiaan Indonesia ke India. 200 unit oxygen concentrators. Juga 1.400 tabung oxygen cylinders ke India.

“Persahabatan dua negara telah terjalin sejak masa Presiden Soekarno dan Perdana Menteri Jawaharlal Nehru sampai sekarang di masa pemerintahan Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Modi,” ungkap Menlu.

Turut hadir dalam pelepasan bantuan tersebut yaitu Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono. Termasuk Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan pemerintah Indonesia.

Solidaritas, Kolaborasi & Kerja Sama Antarnegara Atasi PandemiSolidaritas, Kolaborasi & Kerja Sama Antarnegara Atasi Pandemi Solidaritas, Kolaborasi & Kerja Sama Antarnegara Atasi Pandemi

salam erat

Solidaritas, Kolaborasi & Kerja Sama Antarnegara Atasi Pandemi

Solidaritas, Kolaborasi & Kerja Sama Antarnegara Atasi Pandemi

Tinggalkan Balasan