Adakah Yang Pernah Coba Aplikasi Facebook Collab?

MATRANEWS.id — Facebook meluncurkan aplikasi yang cara kerjanya mirip seperti TikTok namun khusus untuk membuat kolaborasi musik hasil kreasi kita sendiri.

Lewat aplikasi ini, kita tidak perlu menjadi seseorang yang jago bermusik, karena siapapun dapat menggabungkan video-video musik dari pengguna lain.

Setiap video musik di dalamnya bisa memuat tiga video yang berbeda, contohnya jika kalian ingin membuat satu video musik, dalam satu video tersebut kalian bisa menyisipkan video bermain gitar, drum dan piano dari user (pemusik) yang berbeda-berbeda.

Nantinya, ketiga video itu dapat kalian gabungkan untuk menjadi sebuah kolaborasi musik baru yang berdurasi maksimal 15 detik.

Hal tersebut tentunya serupa dengan aplikasi tiktok, pasalnya kita dapat  menggunakan video-video orang lain, yang telah di posting untuk membuat video baru tanpa harus meminta izin terlebih dahulu.

Bedanya, di aplikasi Collab fokus dengan membuat suatu karya musik. Setelah berhasil membuat video collab, aplikasi ini juga mendukung untuk bisa sharing ke platform seperti Instagram atau facebook stories.

Juga dapat diposting ke feed “Collab,” tempat di mana orang lain dapat menonton dan memutar video tersebut.

Di aplikasi Collab ini, pengguna tidak perlu khawatir untuk urusan edit video. Karena Collab memiliki alat dalam aplikasi untuk menyinkronkan video.

Pengguna juga dapat merekam satu bagian, lalu mencampurnya dengan dua bagian lain yang ditemukan di feed Collab yang telah direkam orang lain.

Opsi lainnya, pengguna dapat menggabungkan video orang lain, sehingga tidak perlu menjadi musisi. Namun, setiap pengguna akan mendapatkan kredit untuk karyanya, menurut FB.

Facebook meluncurkan Collab secara publik,  dirilis beta pada bulan Mei.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat video musik pendek dengan menggabungkan hingga tiga video. Misalnya, tiga musisi masing-masing dapat memainkan bagian lagu yang berbeda dan menggabungkannya menjadi satu video.

Sudah coba?