KASAL: “Kami Terus Memperkuat Hubungan Antara TNI AL dan Royal Cambodian Navy.”

MATRANEWS.id – Perjalanan rangkaian ASEAN Navy Chief Meeting (ANCM) ke-13 di Siem Reap, Kamboja.

Dalam momen  Courtesy Call kepada Commander Royal Cambodian Navy yang juga Deputy Commander-in-Chief, Royal Cambodian Armed Forces, Admiral Tea Vinh, Senin (25/11) di Kamboja.

Pada pertemuan itu, Admiral Tea Vinh secara resmi mengucapkan selamat datang dan mengungkapkan terima kasih atas kehadiran Kasal beserta rombongan TNI AL untuk memenuhi undangannya dalam ANCM ke-13 di Siem Reap, Kamboja.

“Kerjasama dan jalinan hubungan sudah terjadi, lekat, erat,” ujar Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.

Dalam kesempatan ini, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menyampaikan pandangannya untuk memperkuat hubungan antara TNI AL dan Royal Cambodian Navy melalui berbagai kerja sama seperti pendidikan, kunjungan kapal perang, hingga pelaksanaan forum dialog Navy to Navy Talks.

Hal tersebut disambut sangat baik oleh pimpinan AL Kamboja Admiral Tea Vinh, dan berharap kerja sama tersebut dapat segera diwujudkan.

Seusai pertemuan tersebut, Kasal juga melaksanakan pertemuan bilateral dengan Panglima Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM), Laksamana Tan Sri Mohd Reza bin Mohd Sany.

Dalam pertemuan ini, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menyatakan kembali pentingnya hubungan antara kedua Angkatan Laut yang saling bertetangga guna menghadapi tantangan keamanan maritim global yang semakin dinamis dan tidak menentu.

“Kami terus berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama antara TNI AL dan TLDM untuk mewujudkan stabilitas di Kawasan,”  ungkap Panglima TLDM dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh keakraban.

Dalam kedatangannya di Kamboja kali ini, Kasal bersama Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji didampingi Aspam Kasal Laksamana Muda TNI Angkasa Dipua beserta Ny. Yunita Angkasa Dipua, berkesempatan untuk mengunjungi situs peninggalan sejarah yaitu Candi Angkor Wat.

Komplek Percandian Angkor yang tercatat sebagai situs religi terbesar di dunia dengan luas mencapai 160 hektar ini dibangun oleh Raja Suryawarman II dari Dinasti Khmer pada abad ke-12 dan membutuhkan waktu hingga tiga abad lamanya.

Pada tahun 1992, Kompleks percandian Angkor termasuk di dalamnya Angkor Wot diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Malam harinya, Kasal serta seluruh delegasi TNI AL memenuhi undangan Admiral Tea Vinh dalam acara Welcome Reception di Lotus Restaurant, Sokha Angkor Resort.

Dalam acara itu, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji diterima di meja utama bersama dengan para pemimpin AL negara lainnya.

majalah Matra edisi cetak — klik ini

Tinggalkan Balasan