KSAL: Pramuka Sebagai Forum Membangun Karakter Bangsa Yang Berwawasan Maritim

“Kita harus bekerja keras untuk membuat Negara Indonesia sebagai bangsa maritim.”

 

MATRANEWS.id —  Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., selaku Ketua Majelis Pembimbing (Mabi) Pramuka Saka Bahari Tingkat  memposisikan sosok para Pramuka juga bagian dari mencetak manusia handal. Lurus, tulus dan bermental pejuang.  Menekankan hal-hal yang humanis serta realistis, menyangkut daya cipta, daya rasa dan daya karsa.

Hal ini dipaparkan Siwi, dalam acara “tatap muka Kasal” dengan para pengurus dan anggota pramuka Saka Bahari.  Acara berlangsung di Gedung Imam Taufiq, Pondok Dayung, Koarmada I, Jakarta Utara, Sabtu (16/5)

Kegiatan dilaksanakan di tengah situasi pandemic Covid-19, sehingga panitia dan para prajurit tetap melaksanakan protokol kesehatan yang dihimbau oleh pemerintah.  Dalam protokoler ketat,  dengan menjaga social distancing,  physical distancing serta menggunakan masker. Tak lupa cuci tangan dengan sabun.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Komandan Lantamal (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Bahari Tingkat Daerah yang menyampaikan bahwa tujuan pembentukan Saka Bahari.

Pramuka Saka Bahari, menjadi bagian tambahan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan di bidang kebaharian. Intinya, Hemanto memaparkan, hal-hal positif  yang dapat menjurus kepada karir di masa yang akan datang serta memiliki sikap dan cara berpikir yang lebih matang dalam menghadapi segala tantangan hidup terutama kebaharian.

Hal tersebut,  senada dengan pernyataan Kasal pada sambutannya yang baru saja.  Laksamana Siwi mengatakanm bahwa saat ini sasaran utama persaingan global adalah generasi muda. Dalam menghadapi persaingan global dibutuhkan bangsa yang memiliki generasi muda yang berpikir secara cepat, berinovasi, memiliki kreatifitas dan memiliki suatu gagasan yang semua ini ada di tataran generasi muda.

“Dalam membangun sumber daya manusia Indonesia yang unggul harus memiliki kompetensi tersebut,” ujar Siwi yang menegaskan salah satu visi dan misi dari pembangunan nasional adalah membangun budaya maritim, pertahanan maritim, kekuatan maritim dan diplomasi maritim.  Di sinilah peran yang sangat penting dari generasi muda Pramuka Saka Bahari dalam pembangunannya.

“Kita harus bekerja keras untuk membuat Negara Indonesia sebagai bangsa maritim,” Kasal menegaskan hal itu, jelang  akhir kegiatan.  Untuk kemudian, ada momentum Kasal memberikan Tali Asih kepada pengurus dan anggota Pramuka Saka Bahari.

Hadir dalam kesempatan tersebut Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Yuniar Ludfi, Pangkoarmada I Laksda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., Pangkolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., Kadispotmar Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Kadisbekal Laksma TNI Agus Karminto, S.E., Kadispenal Laksma TNI Mohammad Zaenal, S.E., M.M., Kadislaikmatal Laksma TNI Rachmat Hartoyo, S.Sos., M.M., serta para Pinsaka Bahari Tingkat Cabang Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan Bekasi.

“Pramuka sebagai forum membangun karakter bangsa yang berwawasan maritim karena Pramuka Saka Bahari merupakan tonggak yang sangat penting dalam pembangunannya” — Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Staf Angkatan Laut (Kasal)

Tinggalkan Balasan