Membangun Rumah Memakai Bahan Rongsokan dan Sampah

repost Beritasenator.com, portalnya anak muda

Membangun Rumah Memakai Bahan Rongsokan dan Sampah

MATRANEWS.id — Ban bekas, kaleng kusut, dan botol anggur kosong menumpuk di lokasi konstruksi di seberang gurun.

Tujuan baru menunggu barang-barang yang dibuang ini, yang akan menjadi blok bangunan untuk rumah baru yang hypersustainable.

Ban dan kaleng ditumpuk menjadi menara dan tertanam di semen untuk membuat fondasi struktur, sementara botol warna-warni menciptakan tampilan kaca patri di dinding.

Desainnya terlihat seperti dunia lain, tetapi arsitek aslinya, Michael Reynolds, menyebutnya “Earthships.” Tujuannya adalah agar rumah benar-benar ramah iklim dengan melakukan lebih dari sekadar mendaur ulang barang.

“Orang-orang memiliki gagasan tentang apa itu rumah, tetapi ini adalah mesin untuk ditinggali, mesin yang menghadapi fenomena planet untuk memberi Anda semua yang Anda butuhkan, gratis,” kata Reynolds selama tur baru-baru ini tentang desain Earthship terbarunya.

“Ini tangguh, dibuat untuk menghadapi dunia di sekitarnya.”

Enam elemen mendefinisikan Earthship, menurut Reynolds.”

Itu harus dibangun dengan bahan alami dan digunakan kembali, menggunakan pemanas dan pendinginan termal atau matahari, mendapatkan listrik dari energi matahari dan angin, memanen dan menggunakan kembali air hujan, memiliki pengolahan limbah sendiri, dan memungkinkan pemilik untuk menanam atau memproduksi makanan mereka di tempat.

Gurun mengelilingi komunitas Earthship, dengan pegunungan berselimut salju di kejauhan dan matahari yang cerah menyinari hampir setiap hari.

Saat Reynolds mengunjungi situs itu, tetesan lemak jatuh dari langit yang murung dan angin bertiup di sekelilingnya saat dia tersenyum.

Baca juga :  Memilih Pemimpin Berkualitas untuk Masa Depan Indonesia: Alumni SMA TOP GAN Mendukung Ganjar-Mahfud

“Saat hujan, saya senang karena saya mendapatkan air, bukan dalam botol plastik,” katanya. “Saya mendapatkannya tidak peduli apa yang terjadi pada toko atau pengiriman.”

Air hujan yang ditampung awalnya digunakan untuk mandi atau menjalankan mesin cuci sebelum disaring melalui sistem air rumah dan digunakan untuk menyiram toilet. Kemudian dapat digunakan untuk memberi makan kebun atau tanaman.

Earthships dirancang untuk mandiri dan mengalir dari jaringan listrik. Mereka dibangun dengan setidaknya 40 persen bahan daur ulang dan menggunakan seperenam kekuatan rumah biasa.

Reynolds mengatakan pemilik dapat menjadi berkelanjutan atau tradisional seperti yang mereka inginkan, yang telah menyebabkan beberapa kritikus berpendapat bahwa konsep tersebut menyesatkan jika semua rumah tidak 100 persen berkelanjutan.

 Tetapi fleksibilitas itu menarik bagi siswa yang melakukan perjalanan dari seluruh negeri dan dunia untuk menghadiri Earthship Academy, kursus di tempat yang mengajarkan peserta tentang sistem air, energi matahari dan angin, dan pertanian dalam ruangan sambil memberikan instruksi langsung.

Mereka juga berlatih membangun elemen Earthship mereka sendiri.

Tinggalkan Balasan