Cara Buka Toko Online untuk Pemula yang Anti Gagal

Cara Buka Toko Online untuk Pemula yang Anti Gagal

MATRANEWS.id — Ketika ingin menjalankan bisnis apa pun, Anda pasti mempelajari cara buka toko online juga.

Mengapa?

Karena toko yang dijalankan secara online bisa memberikan banyak sekali keuntungan. Salah satunya adalah bisa melebarkan target market yang dimiliki dan penjualan berjalan 24 jam.

Sayangnya, membuka toko online tidak semudah yang dipikirkan oleh banyak orang.

Ada banyak hal yang harus dipikirkan terlebih dahulu agar toko bisa berjalan dengan baik. Jadi, peluang untuk mendapatkan keuntungan sangatlah besar.

Sebelum membuka toko online jenis apapun ataupun bergabung dengan marketplace, ada baiknya untuk menyimak beberapa cara di bawah ini.

Pilih Jenis Produk yang Diinginkan

Hal pertama yang akan dilakukan ketika ingin membuka toko online ataupun menjual produk pada marketplace adalah memilih jenis yang tepat. Anda bisa memilih satu jenis produk saja semisal produk pakaian wanita ataupun produk pakaian anak-anak.

Dengan memilih satu jenis saja, fokus bisa lebih terjaga dan memudahkan proses untuk mendapatkan supplier. Namun, jika ingin menjual barang lebih banyak bisa mencampur berbagai jenis produk fashion dengan produk produk rumah tangga lainnya.

Intinya pemilihan produk bisa disesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi pasar. Jadi, jangan asal memilih produk jika nantinya tidak akan laku dijual. Selain itu, juga jangan memilih produk yang mudah rusak sehingga ketika dikirim sering mendapatkan komplain.

Baca juga :  Ind Police Watch (IPW): "Terjadi Kebingungan Di Internal Polri."

Pahami Karakteristik Toko Online atau Marketplace

Biasanya produk-produk tertentu selalu memiliki tempat jualan yang khas. Ada marketplace yang biasanya cocok sekali untuk menjual produk-produk elektronik ataupun produk  rumah tangga lainnya.

Sementara itu, ada juga toko online yang cocok sekali untuk menjual produk-produk fashion baik itu fashion wanita ataupun fashion untuk anak-anak. Jadi, pastikan terlebih dahulu karakteristik dari marketplace itu sebelum membuka toko di sana.

Apabila sekedar membuka toko online tanpa memikirkan hal ini. Peluang untuk mendapatkan konsumen dalam jumlah besar sangat kecil. Jadi, selalu pastikan terlebih dahulu kira-kira produk yang akan dijual cocok di masukkan ke mana.

Siapkan Aset Produk

Ada baiknya untuk selalu menyiapkan aset produk terlebih dahulu. Aset produk ini biasanya dalam bentuk foto yang nantinya akan diunggah secara langsung pada toko online atau marketplace. Anda bisa membuat foto sendiri atau menggunakan foto yang sudah ada dari supplier.

Selain dalam bentuk foto, siapkan juga aset dalam bentuk teks yang nantinya akan berisi product knowledge. Biasanya jumlah aset ini sangat banyak dan menyesuaikan dengan jumlah produk yang dijual. Jadi, sangat disarankan untuk menyiapkannya secara matang agar tidak asal-asalan saat menambahkan ke marketplace.

Siapkan Aset Promosi

Ada baiknya untuk menyiapkan aset promosi terlebih dahulu. Aset promosi ini bisa dalam bentuk teks yang nantinya akan digunakan sebagai copy. Selanjutnya bisa dalam bentuk gambar yang juga akan dipakai sebagai pelengkap dari kata-kata promosi.

Baca juga :  Freddy Widjaja Cabut Gugatan Soal Waris Eka Tjipta Widjaja di PN Pusat

Apabila ingin melakukan promosi dengan memanfaatkan media sosial, disarankan juga untuk menyiapkan aset dalam bentuk video pendek. Video yang nantinya dibuat tidak harus sesuatu yang terlalu besar. Cukup yang sederhana saja tetapi memuat konten promosi yang banyak.

Jadi, bisa melakukan promosi secara rutin setiap hari. Dengan melakukan ini, Anda tidak perlu pusing dengan konten promosi yang nantinya dibuat. Karena seluruh aset yang ada bisa digunakan dan didaur ulang sesuai dengan kebutuhan.

Usahakan untuk Membuat Sosmed

Pastikan untuk selalu membuat sosial media tersendiri ketika akan melakukan promosi. Hal ini sangat penting dilakukan untuk memudahkan komunikasi antara penjual dan pembeli.

Selain itu interaksi dengan menggunakan media sosial juga lebih mudah untuk dilakukan. Medsos juga digunakan untuk mengetahui kira-kira apa yang sedang dibutuhkan oleh calon pembeli. Jadi, kita bisa segera menyediakan produk yang mereka butuhkan.

Bangun Brand Awareness

Usahakan untuk membangun brand awareness atau kesadaran merek. Dengan melakukan ini maka calon pembeli akan mengetahui jika toko yang sedang Anda bangun memang memiliki spesifikasi menjual produk tertentu.

Selain itu, toko juga akan lebih dikenal memiliki pelayanan yang bagus sehingga disukai oleh banyak orang. Hal semacam ini sangat penting karena bisa meningkatkan penjualan di masa depan.

Jangan Lupakan Promosi

Terakhir yang tidak kalah penting ketika akan membuka toko online adalah dengan melakukan promosi. Hal ini sangat penting karena toko online yang masih baru biasanya akan memiliki calon pembeli dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Baca juga :  Kasal Ingatkan Tugas Taruna Belajar agar Menjadi Perwira Profesional

Untuk meningkatkan jumlah pembelian disarankan untuk melakukan promosi terlebih dahulu dengan menggunakan media sosial. Anda bisa menggunakan media sosial seperti Instagram untuk  promosi dalam bentuk teks dan juga gambar.

Sementara itu, promosi juga bisa dilakukan di media sosial lain yang sedang ngetren. Salah satunya adalah melakukan promosi dalam bentuk video dengan menggunakan Tiktok. Promosi yang dilakukan di sini bisa dalam bentuk live streaming ataupun video pendek.

Membuka toko online memang tidak mudah dan tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Tetapi apabila memiliki strategi yang tepat bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Jadi, berbagai hambatan bisa diatasi bahkan sebelum masalah itu muncul di kemudian hari.

Sebenarnya Anda bisa bergabung ke berbagai jenis marketplace yang ada di Indonesia.

Tetapi, sangat disarankan untuk menggunakan Blibli saja karena sudah terbukti memberikan banyak sekali kelebihan. Salah satunya adalah menyediakan wadah promosi yang membantu penjual untuk mengenalkan produk.

Tinggalkan Balasan