Hari Raya Nyepi 2022 Di Bali dan Medsos, Ini Dia

Hari Raya Nyepi 2022 Di Bali dan Medsos, Ini Dia

Beritasenator.com — Hari raya nyepi merupakan perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan Kalender Saka. Peringatan hari raya ini telah dimulai sejak tahun 78 Masehi. Nyepi sendiri berasal dari kata sepi yang berarti sunyi, senyap, dan tidak ada kegiatan.

Di Hari Raya Nyepi, berbagai aktivitas harian seperti bekerja ataupun bepergian ditiadakan karena perayaan dilakukan dengan sunyi dan penuh refleksi diri.

Secara tradisional, kalender yang digunakan oleh umat Hindu adalah kalender bulan, sehingga perhitungan hari dan bulan, serta tahunnya berbeda. Sementara kalender nasional sendiri menggunakan acuan kalender matahari, dan menjadi kalender yang digunakan secara umum di seluruh dunia.

Karena perbedaan perhitungan ini, maka Nyepi tidak tepat jatuh satu tahun sekali. Setidaknya selisih perayaan Nyepi setiap tahun adalah 10 hari lebih awal.

Nyepi diperkirakan anggal 3 Maret 2022, tepatnya di hari Kamis.

Hari Raya dengan Perayaan Unik

Jika kebanyakan hari raya disambut dan dirayakan dengan meriah, keramaian, dan puji-pujian kepada Tuhan, lain halnya dengan Nyepi. Umat Hindu merayakan Nyepi dengan cara berdiam diri dan melakukan puasa selama satu hari penuh.

Di Indonesia, perayaan hari besar keagamaan Hindu ini terlihat jelas di Bali.

Bali memiliki sekitar 3,2 juta penduduk beragama Hindu dari total penduduk 3,8 juta jiwa. Hasil ini berdasarkan sensus penduduk yang dilakukan oleh BPS pada tahun 2010 lalu. Tidak mengherankan, jika hari raya Nyepi sebagai hari libur nasional yang spesial bagi masyarakat Bali.

Pada tahun 2022, Hari Raya Nyepi jatuh pada tanggal 3 Maret 2022. H

ari Raya Nyepi merupakan hari besar keagamaan bagi umat Hindu yang jatuh pada tahun baru Saka berdasarkan kalender atau penanggalan Caka. Maka dari itu, tak jarang juga Hari Raya Nyepi disebut sebagai Tahun Baru Hindu.

Baca juga :  Mengenal Identitas Digital untuk Perlindungan Data Pribadi

Hari Raya Nyepi jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX) yang dipercayai merupakan hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera yang membawa intisari amerta air hidup. Untuk itu umat Hindu melakukan pemujaan suci terhadap mereka.

Hari Raya Nyepi ditetapkan sebagai hari libur nasional berdasarkan Keputusan Presiden Indonesia Nomor 3 tahun 1983 tanggal 19 Januari 1983, bersamaan dengan Hari Raya Waisak yang merupakan hari besar keagamaan bagi umat Buddha. Namun, perayaan Nyepi sendiri telah ada sejak tahun 78 masehi.

Pusat perayaan Hari Raya Nyepi sendiri berpusat di pulau Bali karena mayoritas penduduk Bali merupakan pemeluk agama Hindu dan konsentrasi pemeluk agama Hindu di Indonesia juga berada di Bali. Jadi, jika kamu tertarik untuk mengenal lebih dekat tradisi dan ritual perayaan Hari Raya Nyepi, Bali menjadi salah satu destinasi wisata terbaik untukmu melihat langsung perayaan Hari Raya Nyepi.

Perayaan Hari Raya Nyepi di Indonesia

Perayaan Nyepi memiliki tujuan sebagai bentuk permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia) dan Bhuana Agung (alam semesta).

Sesuai dengan namanya “Nyepi” yang berasal dari kata sepi (sunyi, senyap), pada saat Hari Raya Nyepi masyarakat Hindu di Bali tidak beraktivitas dan menyepi di rumah masing-masing. Pada saat itu, berbagai aktivitas dan kegiatan umum ditiadakan. Termasuk tidak beroperasinya toko-toko hingga Bandar Udara Internasional. Hanya fasilitas rumah sakit saja yang beroperasi seperti biasa.

Puncak Hari Raya Nyepi
Setelah upacara pengrupukan, tepatnya pada pinanggal pisan, sasih Kedasa (tanggal 1, bulan ke-10), tibalah puncak dari Hari Raya Nyepi sesungguhnya dimana para umat Hindu melaksanakan “Catur Brata” atau penyepian.

“Catur Brata” sendiri terdiri dari amati geni (tiada berapi-api/tidak menggunakan dan atau menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan).

Baca juga :  Memperkuat Kerjasama Dengan China Harbour Dalam Pembangunan Infrastruktur

Selain itu, bagi umat Hindu yang mampu juga kerap melaksanakan tapa, yoga, dan juga samadhi. Hal ini dilakukan guna benar-benar dimulai dengan suatu halaman baru yang putih bersih di tahun baru Caka pun.

Dasar ini dipergunakan, sehingga semua yang kita lakukan berawal dari suci dan bersih. Tiap orang berilmu (sang wruhing tattwa jñana) melaksanakan brata (pengekangan hawa nafsu), yoga (menghubungkan jiwa dengan paramatma (Tuhan)), tapa (latihan ketahanan menderita), dan samadi (manunggal kepada Tuhan, yang tujuan akhirnya adalah kesucian lahir batin).

Pada puncak Hari Raya Nyepi inilah para umat Hindu sama sekali tidak beraktivitas dan hanya berdiam diri di rumah masing-masing.

Berikut ini adalah 15 ucapan Hari Raya Nyepi 2022 dari yang dijamin bikin perayaan Nyepi lebih menarik.

15 ucapan Hari Raya Nyepi 2022 ini tentunya juga bisa Anda bagikan ke media sosial Anda seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, hingga Twitter. Tentunya akan membuat perayaan Hari Raya Nyepi 2022 menjadi lebih menarik.

1. Selamat Hari Raya Nyepi 2022, Semoga Hyang Widhi Wasa senantiasa melimpahkan wara nugraha-Nya kepada kita semua.

2. Selamat Hari Raya Nyepi 2022, Tahun Baru Saka 1944 bagi umat Hindu yang melaksanakannya. Semoga selalu dalam lindungan Tuhan.

3. Mari kita lalui hari raya ini dengan hati yang bersih agar seluruh dunia dapat hidup lebih baik lagi. Selamat Hari Raya Nyepi 2022.

4. Selamat Hari Raya Nyepi 2022 untuk saudara semuanya.

5. Selamat merayakan Hari Raya Nyepi 2022. Dalam keheningan sepi, semoga kita semua dapat melangkah lebih baik dalam perjalanan hidup ke depan bukan sekadar kata-kata bijak semata.

Baca Juga: Simak 15 Link Download Twibbon Nyepi 2022 di Sini, Beserta Cara Penggunaan: Mudah dan Cepat

Baca juga :  Anya, Gadis Kecil Pemberani

6. Selamat Hari Raya Nyepi. Semoga kita semua mempu melaksanakan Catur Brata Penyepian dengan penuh kesucian sehingga memiliki kesiapan batin untuk menghadapi setiap tantangan kehidupan pada tahun yang baru.

7. Selamat Hari Raya Nyepi 2022. Semoga Hyang Widhi Wasa senantiasa melimpahkan wara nugraha-NYA kepada kita semua.

8. Selamat Hari Raya Nyepi 2022, Tahun Baru Saka 1944 bagi yang menjalankan. Semoga Ida Sanghyang Widhi Wasa selalu menjaga kita untuk saling menyayangi satu dengan yang lain, memaafkan segala kesalahan dan kekeliruan. Hidup di dalam kerukunan dan damai.

9. Selamat tahun baru Saka 1944 bagi Anda yang merayakannya. Yuk mengucap syukur dan saling maaf memaafkan satu sama lain, untuk memulai lembaran tahun baru yang bersih menjadikan Hari Raya Nyepi penuh makna.

10. Selamat Hari Raya Nyepi untukmu dan keluarga. Semoga perjalanan hidup di tahun mendatang semakin baik dan mendapatkan banyak pencapaian.

11. Selamat Tahun Baru Saka 1944, Semoga Hyang Widhi Wasa senantiasa melimpahkan wara nugraha-Nya kepada kita semua.

12. Selamat merayakan Hari Raya Nyepi 2022. Dalam keheningan sepi, semoga kita semua dapat melangkah lebih baik dalam perjalanan hidup ke depan bukan sekadar kata-kata bijak semata.

13. Selamat Hari Raya Nyepi 2022. Semoga amal baik selalu menyertaimu dan keluarga. Selamat merayakan Nyepi.

14. Untuk masa baru, benar-benar dimulai dengan suatu halaman baru yang putih bersih, Selamat Hari Raya Nyepi 2022.

15. Mari kita lalui hari raya ini dengan hati yang bersih agar seluruh dunia dapat hidup lebih baik lagi. Selamat Hari Raya Nyepi 2022.

BACA JUGA: majalah MATRA edisi Februari 2022, klik ini

 

Tinggalkan Balasan