Tokoh  

Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali Diangkat Jadi Datuk Seri Segara Utama Setia Wangsa

MATRANEWS.idKEPALA STAF TNI AL TERIMA GELAR “DATUK SERI SEGARA UTAMA SETIA WANGSA”

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, didampingi oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali, menerima gelar adat kehormatan dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) sebagai Datuk Seri Segara Utama Setia Wangsa.

Upacara penganugerahan ini dilangsungkan di Balairung Tenas Effendy Balai Adat Melayu Riau, Rabu (05/06).

Gelar adat Datuk Seri Segara Utama Setia Wangsa memiliki makna yang mendalam, yakni “Seorang pemimpin yang penuh dengan kebaikan dan kemuliaan, memiliki kekuatan yang besar, serta mampu menggunakan kekuatannya untuk menjalankan kewajiban dan menjunjung kesetiaan kepada bangsa dan negara”.

Gelar ini merupakan simbol pengakuan atas dedikasi dan kontribusi Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam menjalankan tugasnya.

Usai menerima penganugerahan tersebut, Kasal menyampaikan ucapan terima kasih atas kehormatan yang diberikan oleh LAM Riau.

Menurut Kasal, gelar ini tidak hanya merupakan kebanggaan pribadi tetapi juga amanah yang harus dijaga dan dihormati.

“Penganugerahan ini memberikan konsekuensi kepada saya selaku Kepala Staf TNI Angkatan Laut maupun pribadi, untuk mencurahkan perhatian dan segala daya upaya, bersama-sama dengan pemerintah daerah serta masyarakat Riau guna meningkatkan keamanan wilayah di perairan laut,” tegas Kasal.

Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau, Datuk Seri Raja Marjohan Yusuf, menyatakan bahwa Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali telah menjadi Melayu yang sejati.

Gelar datuk adat yang diberikan mencerminkan sosok panutan yang mampu memperhalus yang kasar, meluruskan yang melintang, dan membetulkan yang salah.

“Datuk adat adalah tempat yang kusut diselesaikan, keruh dijernihkan, tempat sengketa diselesaikan, tempat hukum dijalankan, tempat adat ditegakkan, serta menjadi tempat undang-undang,” ungkap Datuk Seri Raja Marjohan Yusuf.

Bagi Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, wilayah Kepulauan Riau bukanlah daerah yang asing.

Dalam perjalanan kariernya, beliau pernah menjabat sebagai Komandan Pangkalan TNI AL Dumai, Kepala Staf Gugus Keamanan Laut Komando Armada Barat, Panglima Komando Armada Barat, hingga menjadi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I yang bermarkas di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Selain menerima penganugerahan gelar adat, dalam kunjungannya kali ini, Kasal beserta rombongan berkesempatan meninjau acara bakti kesehatan berupa sunatan massal dan bakti sosial dengan penyerahan bahan kontak serta memberikan tali asih yang berlangsung di Pangkalan TNI AL Dumai, tepatnya di Pos Babinpotmar Perawang.

Penganugerahan gelar adat Datuk Seri Segara Utama Setia Wangsa kepada Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali tidak hanya memperkuat hubungan antara TNI AL dengan masyarakat adat Melayu Riau, tetapi juga mengukuhkan komitmen bersama dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan wilayah perairan Indonesia.

Tinggalkan Balasan