Marching Band BCK PHR Tampil Menawan di Harlah Pancasila

MATRANEWS.id — Marching Band BCK PHR Tampil Menawan di Harlah Pancasila

 

foto istimewa: dok goriau.com/liputanoke.com

Dumai, 1 Juni 2024 – Marching Band Bahana Cendana Kartika (BCK) PHR tampil menawan pada peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024, di lapangan Garuda, Dumai.

Penampilan BCK ini disaksikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo serta ratusan undangan yang hadir dalam rangka pelaksanaan upacara Harlah Pancasila, yang juga disiarkan secara langsung oleh berbagai stasiun televisi ke seluruh Indonesia.

Tiga nomor menarik ditampilkan BCK pada kesempatan tersebut.

Untuk nomor pembuka, BCK menampilkan Pertamina Energizing You. Dibawakan oleh lebih dari 100 anak-anak muda keluarga besar PHR, dengan aransemen energik serta konfigurasi gerak dan warna yang sangat dinamis.

Bila disimak liriknya, nomor ini menggambarkan komitmen insan Pertamina dalam menjaga ketahanan energi bagi pembangunan bangsa.

Nomor berikutnya Maju Tak Gentar. Lagu karya Cornel Simanjuntak tersebut diaransemen ulang dengan tempo Marcia Moderato.

Aransi ritmis kelompok perkusi, instrumen tiup serta color-guard yang dipimpin 3 orang commander ini tampil begitu memukau.

Terakhir, BCK melantunkan satu nomor populer dari tanah Melayu, Zapin Ya Maulai.

Marching Band BCK Duri yang kini telah berusia 25 tahun ini memiliki berbagai pengalaman kejuaraan yang mengharumkan nama Riau maupun Indonesia.

Baik pada Grand Prix Marching Band Tingkat nasional maupun internasional. Untuk acara kenegaraan, setidaknya telah tiga kali BCK mengisi parade senja di istana negara.

Untuk tingkat internasional, grup musik yang digawangi oleh anak-anak para Perwira PT Pertamina Hulu Rokan ini baru saja memenangkan Gold Medal Proficiency pada kejuaraan Internasional Thailand World Music Championships (TWMC) 13-16 Desember 2023 lalu.

Terakhir, BCK meraih Juara Umum 2 Divisi Senior, dengan membawa pulang Piala Kemenpora pada Grand Prix Marching Band 2023, di Jakarta.

“Menjadi anggota Marching band tidak semata-mata menyalurkan bakat seni. Tapi juga mengajarkan tentang kedisiplinan, etika, ketekunan, pembangunan karakter, tanggung jawab dan rasa saling menghargai.”

“Karena harmoni hanya dapat dibentuk melalui pembinaan seluruh elemen tersebut. Dan itu selaras dengan nilai-nilai Pancasila,” tegas Daniel Djarot, penanggung jawab program BCK.

“MB BCK adalah salah satu bentuk komitmen PHR dalam membentuk karakter anak muda unggul,” pungkas Djarot.

TENTANG PHR WK ROKAN

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) merupakan salah satu anak perusahaan Pertamina yang bergerak dalam bidang usaha hulu minyak dan gas bumi di bawah Subholding Upstream, PT Pertamina Hulu Energi (PHE). PHR berdiri sejak 20 Desember 2018.

Pertamina mendapatkan amanah dari Pemerintah Indonesia untuk mengelola Wilayah Kerja Rokan sejak 9 Agustus 2021. Pertamina menugaskan PHR untuk melakukan proses alih kelola dari operator sebelumnya. Proses transisi berjalan selamat, lancar dan andal.

PHR melanjutkan pengelolaan WK Rokan selama 20 tahun, mulai 9 Agustus 2021 hingga 8 Agustus 2041.

Daerah operasi WK Rokan seluas sekitar 6.200 km2 berada di 7 kabupaten/kota di Provinsi Riau. Terdapat 80 lapangan aktif dengan 11.300 sumur dan 35 stasiun pengumpul (gathering stations).

WK Rokan memproduksi seperempat minyak mentah nasional atau sepertiga produksi pertamina.

Selain memproduksi minyak dan gas bagi negara, PHR mengelola program tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan fokus di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat dan lingkungan.

 

  • Bacakan Teks Pancasila di Upacara Hari Lahir Pancasila, Ketua MPR RI Bamsoet Ungkap Dunia Internasional Kagumi Pancasila.

Tinggalkan Balasan