Mengenal Tank Farm Lapangan Garuda Blok Rokan, Lokasi Upacara Harlah Pancasila 2024

Setelah Gladi Bersih Kepala BPIP Prof Drs KH Yudian Wahyudi MA,PhD meninjau kesiapan lapangan dan menyapa Paskibraka Tingkat Pusat 2023

  • Kepala BPIP Saksikan Gladi Bersih Upacara Peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2024

MATRANEWS.id — Mengenal Tank Farm Lapangan Garuda Blok Rokan, Lokasi Upacara Harlah Pancasila 2024

Hujan deras melanda jelang Puncak Peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila tahun 2024 yang dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Momen BPIP besok 1 Juni 2024/ digelar di Lapangan Garuda, tepat di depan tangki-tangki raksasa penyimpanan minyak (tank farm) PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Kota Dumai, Riau, Sabtu (1/6/2024).

Tentu, pemilihan lokasi ini menjadi hal istimewa bagi Pertamina.

Lantas, seperti apa kondisi dan sejarah Wilayah Kerja (WK) Rokan khususnya di Kota Dumai?

Fasilitas tank farm milik PHR berada di Kota Dumai, merupakan bagian penting daerah operasi WK Rokan.

Kota Dumai terletak di bagian timur Provinsi Riau, berbatasan dengan Utara Selat Malaka boleh dikatakan menjadi jantung bisnis migas.

Awalnya lokasi ini adalah sebuah desa nelayan, namun dengan semakin berkembangnya industri migas, dibangunlah dermaga dan tank farm berkapasitas raksasa yang sangat berperan untuk distribusi minyak mentah dari berbagai lapangan di provinsi ini.

Dengan kemampuan penyimpanan yang besar dan akses untuk kapal tanker berlabuh, semakin membuka kesempatan bagi kota Dumai untuk berkembang baik sebagai sumber daya maupun ekonomi.

Di tambah lagi saat ini fasilitas jalan tol dan transportasi di Provinsi Riau semakin memadai dan memudahkan akses menuju dan dari Dumai.

Tank farm PHR di Dumai memiliki kapasitas mencapai 5,1 juta barel minyak dengan 16 unit tangki timbun.

Sementara, total tangki timbun yang dimiliki PHR di WK Rokan sebanyak 26 unit dengan total kapasitas penyimpanan sebesar 5,8 juta barel.

Sebagai produsen minyak terbesar di Indonesia, PHR mengelola 13.200 km jaringan pipa alir serta 500 km jaringan shipping line.

Letaknya yang strategis di pesisir pantai timur membuat Dumai memiliki posisi strategis dalam proses pengapalan minyak PHR untuk disalurkan ke kilang-kilang domestik dan yang tak kalah penting 100% hasil produksi minyak di WK Rokan disalurkan untuk kebutuhan domestik.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menunjuk Blok Rokan sebagai lokasi acara puncak peringatan Harlah Pancasila 2024 karena merupakan simbol ketahanan energi negeri.

Dari sini diharapkan semakin meningkatkan semangat nasionalisme, kebanggaan dan persatuan seluruh anak bangsa.

Menjadi tempat penyelenggaraan puncak Harlah Pancasila 2024 merupakan suatu kehormatan besar bagi segenap manajemen PHR. Upacara Harlah Pancasila di Blok Rokan sekaligus menjadi momen bersejarah anak bangsa dalam upaya meningkatkan energi nasional.

“PHR menyadari pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam menjalankan operasi untuk ketahanan energi nasional. Pancasila telah menjadi pedoman perusahaan dalam menjalankan usaha dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa,” kata Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto.

Sementara itu, Pemerintah Kota Dumai turut bangga mendapat kepercayaan jadi tuan rumah dalam upacara Harlah Pancasila 2024 di Lapangan Garuda PHR.

“Kami tentunya berharap kegiatan tersebut berjalan lancar dan sukses. Pemko Dumai bersama PHR dan para pihak lainnya terus berkolaborasi menyukseskannya. Kota Dumai sebagai daerah industri, tentunya turut bangga ditunjuk jadi tuan rumah kegiatan tersebut,” kata Wali Kota Dumai, Paisal.

Paisal berharap, kedatangan Presiden RI Joko Widodo dapat membawa berkah bagi daerah berjuluk Kota Idaman tersebut.

Pemantauan Kesiapan Upacara Hari Lahir Pancasila 2024 oleh BPI (eksekutif.com)

Presiden Joko Widodo akan menjadi Inspektur Upacara. Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga dijadwalkan hadir. Ketua MPR Bambang Soesatyo akan bertindak sebagai Pembaca Teks Pancasila.

Ketua DPD akan bertindak sebagai Pembaca UUD 1945 dan Doa akan dibacakan oleh Menko PMK Muhadjir Effendy.

Hadir dalam gladi bersih tersebut, Wakil Kepala BPIP Dr. Rima Agristina, S.H., S.E., M.M., Sekretaris Utama BPIP Tonny Agung Arifianto, S.E., M.A.B., Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Kerjasama, Sosialisasi dan Jaringan BPIP Ir. Prakoso, M.M., Deputi Bidang Pengkajian dan Materi BPIP Surahno, S.H., M.Hum., serta Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Dr. Adhianti, S.I.P., M.Si. Serta dihadiri juga oleh sejumlah JPT Pratama di Lingkungan BPIP.

Tinggalkan Balasan