PT Karian Water Services Menandatangani Kontrak EPC untuk Proyek Pasokan Air Regional Karian-Serpong

PT Karian Water Services Menandatangani Kontrak EPC untuk Proyek Pasokan Air Regional Karian-Serpong

K Water: Menyambut Baik Investasi Korea di Indonesia, Fokus pada Energi Baru dan Terbarukan

MATRANEWS.id Ismeth Wibowo, Penasihat Senior K Water, menyatakan sambutan positif terhadap investasi Korea di Indonesia, khususnya di sektor energi baru dan terbarukan.

Hal ini menjadi langkah strategis dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan pemenuhan kebutuhan energi yang ramah lingkungan di tanah air.

Pada 10 Oktober 2024 yang lalum  PT Karian Water Services (“KWS”) resmi menandatangani Kontrak EPC (Engineering, Procurement, and Construction) dengan Joint Operation GS Engineering & Construction Corp. (GS E&C) dan PT Korindo Konstruksi.

Penandatanganan kontrak ini merupakan lanjutan dari Perjanjian Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) untuk Sistem Penyediaan Air Minum Regional Karian-Serpong, yang telah disepakati pada tahun 2021 dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebagai Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama (PJPK).

Proyek ini memiliki total biaya yang diperkirakan mencapai Rp3,4 triliun, dan merupakan skema Pembiayaan Proyek pertama di sektor air di Indonesia, yang menjadi preseden penting untuk pengembangan proyek-proyek serupa di masa mendatang.

KWS, sebagai Badan Usaha Pelaksana (BUP) dalam Perjanjian KPBU, merupakan hasil konsorsium antara Korea Water Resources Corporation (Badan Usaha Milik Negara Korea Selatan) dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk (Badan Usaha Milik Negara Indonesia).

Dengan masa konsesi selama 36 tahun, KWS bertanggung jawab untuk membangun Instalasi Pengolahan Air dengan kapasitas 4.600 liter per detik, yang akan memberikan akses terhadap air minum yang bersih dan aman bagi jutaan penduduk di Jakarta, Tangerang, dan Tangerang Selatan.

Baca juga :  PPKM dan BOR, Apa Hubungannya?

“Investasi ini bukan hanya sekadar proyek infrastruktur, tetapi juga merupakan langkah nyata dalam mendukung ketahanan air dan energi di Indonesia. Kami percaya bahwa kolaborasi ini akan membawa manfaat jangka panjang bagi masyarakat,” ujar Ismeth Wibowo.

Dengan dukungan investasi dari Korea, K Water berharap dapat terus berkontribusi dalam pengembangan sektor energi baru dan terbarukan, sejalan dengan visi Indonesia menuju pembangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

  • “Investasi ini bukan hanya sekadar proyek infrastruktur, tetapi juga merupakan langkah nyata dalam mendukung ketahanan air dan energi di Indonesia. Kami percaya bahwa kolaborasi ini akan membawa manfaat jangka panjang bagi masyarakat,” ujar Ismeth Wibowo, penasehat Senior K Water menyambut baik investasi Korea di Indonesia khususnya energi baru dan terbarukan .

Tinggalkan Balasan