MATRANEWS.id — New Normal menjadikan budaya ngopi sambil duduk-duduk dan ngobrol sedikit terganggu. Saat pandemi kebiasaan ngopi dan nongkrong di kafe berubah.
Tak berarti, para pebisnis coffee hilang. Karena banyak juga pencinta kopi justru kebingungan mencari lokasi yang kiranya di lock down. Jam berapa lokasi dan tempat itu tutupnya.
Masyarakat modern masih ingin bersantai di kafe. Hanya saja, kini harus menyesuaikan situasi. Konsep coffee shop juga demikian.
Protokoler kesehatan dalam cegah covid-19 menjadi syarat utama. Agar masyarakat yang ingin mengunjungi coffee shop itu merasa nyaman.
Tak hanya menikmati dan membeli makanan dan minuman, sekaligus mengayuh suasana, bertemu dengan kerabat, klien bisnis, atau kolega, atau mencari inspirasi.
Apakah Anda ingin merintis bisnis café?
Jika iya, haruslah memiliki visi misi yang realistis. Misalnya, ingin mewujudkan bisnis café paling populer di kota Anda.
Visi misi tersebut pasti memotivasi Anda untuk melakukan berbagai strategi bisnis sesuai perkembangan zaman.
Sambil membuat visi misi, jangan lupa menyusun business plan secara detail agar rencana Anda bisa lekas direalisasikan.
Di masa sulit sekarang ini, yang penting adalah memiliki business plan. Menyiapkan modal bisnis. Jika modal pribadi Anda belum cukup, coba ajak pihak lain untuk bekerja sama membangun bisnis.
Bank sedang royal memberi fasilitas bank atau lembaga keuangan lainnya untuk memperoleh pinjaman modal usaha tanpa agunan.
Hanya saja, jangan gegabah untuk kemudian meminjam lantas tak bisa mengembalikan pinjaman.
Kafe yang terletak di jalan besar, mudah diakses oleh semua orang secara manual maupun via maps. Memiliki fasilitas area parkir yang luas.
Tak jauh dari pemukiman padat penduduk dan tempat yang mobilitasnya tinggi seperti kampus, kawasan perkantoran, dan pusat perbelanjaan modern. Juga hendaknya dilewati rute kendaraan umum.
Mencari Penyuplai Biji Kopi Berkualitas
Tak sedikit coffee shop yang langsung bekerja sama dengan petani kopi demi memperoleh biji kopi berkualitas dengan harga terjangkau.
Alangkah lebih baik jika Anda menyediakan beberapa pilihan biji kopi sekaligus memiliki racikan kopi khusus (house blend) agar pelanggan café leluasa memilih sesuai selera.
Lantas apa saja peralatan coffee shop yang memadai?
- Perlengkapan untuk membuat kopi (coffee grinder, drip coffee maker, moka pot, french press, dan mesin kopi espresso).
- Peralatan pendukung lainnya (gelas ukur, sendok takar, timbangan digital, blender, toples untuk menyimpan biji kopi, gelas, kemasan plastik untuk takeaway, dan lainnya.)
- Perlengkapan kebersihan (larutan pembersih, lap, sabun cuci piring.)
- Meja barista.
- Meja dan kursi pelanggan.
- Mesin kasir dan aplikasi pendukungnya.
Coffee Shop dengan Konsep yang Nyaman dan Kekinian
- Gaya interior yang simpel tetapi menarik sehingga tidak terkesan sempit.
- Pencahayaan yang memadai untuk mendukung aktivitas foto para pelanggan.
- Sudut-sudut coffee shop yang instagramable penting untuk lokasi berfoto.
- Posisi meja dan kursi yang mendukung privasi pelanggan.
Menu Terbaik dan Menentukan Harga yang Tepat & Melatih Sumber Daya Manusia (SDM)
Memilih karyawan profesional di coffee shop memang tidak mudah. Namun, kita dapat melatih SDM yang masih awam agar menjadi barista profesional.
Pastikan bahwa SDM yang Anda pekerjakan telah memenuhi kualifikasi berikut ini:
- Menguasai berbagai teknik pembuatan kopi dan jenis minuman lainnya.
- Berpenampilan menarik (potongan rambut rapi, tubuh bersih, dan tidak berbau badan).
- Mampu berkomunikasi secara maksimal dengan pelanggan (ramah, murah senyum, dan bersedia diajak ngobrol pelanggan).
- Menekuni pekerjaan secara telaten dan profesional (tidak malas membereskan coffee shop dan membersihkan peralatan membuat kopi).
- Memiliki kemampuan kerja sama tim yang baik.
- Gemar belajar hal-hal baru, terutama yang berkaitan dengan dunia kopi dan kuliner.
Jangan Lupa Daftarkan Bisnis ke Aplikasi Ojek Online
Tak masalah bila bisnis café Anda belum memiliki layanan kurir. Anda bisa mendaftarkannya ke aplikasi ojek online agar omzet bisnis terus meningkat.
Aplikasi ojek online mempermudah pelanggan untuk memesan dari lokasi yang jauh. Sehingga Anda berkesempatan menjangkau para pelanggan yang belum pernah mengunjungi coffee shop Anda.
Media Sosial Maksimal
- Membuat akun media sosial khusus untuk bisnis café.
- Rutin mengunggah konten dan story tentang coffee shop tersebut.
- Menayangkan banyak testimoni positif dari pelanggan.
- Menyiapkan konten-konten up to date yang masih berhubungan dengan coffee shop. Selain konten edukasi, pengguna media sosial biasanya juga tertarik dengan humor atau konten yang sedang viral.
- Memberikan informasi mengenai promo menarik yang sedang berlaku di coffee shop.
- Mengadakan giveaway dengan syarat tag pengguna media sosial lain agar coffee shop Anda semakin populer.
- Follow akun-akun menarik yang berpotensi mendatangkan banyak followers.
Sistem Promosi Konvensional
Meskipun media sosial bisa diandalkan untuk mempromosikan bisnis, bukan berarti Anda boleh meninggalkan sistem promosi konvensional.
Alangkah lebih baik jika Anda juga melakukan promosi secara konvensional dengan beberapa cara berikut ini:
- Menyebarkan brosur di sekitar lokasi coffee shop.
- Mengandalkan teknik pemasaran dari mulut ke mulut yang dilakukan oleh orang-orang terdekat (keluarga, sahabat, tetangga, rekan bisnis, dan kerabat lainnya).
- Memberikan promo menarik pada momen grand opening coffee shop.
- Menyediakan tester untuk calon pelanggan yang tertarik mengunjungi coffee shop.
Mengupayakan Inovasi Secara Berkelanjutan
Meskipun bukan bisnis musiman, Anda tetap harus berinovasi secara berkelanjutan agar para pelanggan senantiasa loyal. Jangan sampai pelanggan beralih ke kompetitor karena merasa bosan dengan produk dan pelayanan di coffee shop Anda.
Inovasi yang bisa Anda lakukan antara lain:
- Rutin menghadirkan menu baru dalam kurun waktu tertentu (misalnya dua bulan sekali) untuk menggugah rasa penasaran pelanggan.
- Melakukan dekorasi ulang bila desain interior cafe sudah mulai usang dan membosankan.
- Mendesain packaging baru yang menarik, aman, dan higienis untuk produk yang dibawa pulang atau diantar pengemudi ojek online.
- Menyiapkan program yang menguntungkan para pelanggan setia, misalnya member card atau buy one get one.
- Membuat paket khusus dengan harga terjangkau untuk kebutuhan reservasi atau pemesanan dalam jumlah banyak.
Menjaga Kebersihan Coffee Shop Secara Telaten
Jangan lupa bahwa kebersihan coffee shop juga harus diperhatikan agar para pelanggan selalu merasa nyaman. Beberapa hal yang mesti dilakukan untuk menjaga kebersihan coffee shop, yaitu:
- Membersihkan mesin dan peralatan membuat kopi secara rutin, terutama sesaat setelah coffee shop tutup.
- Menyiapkan hand sanitizer untuk barista, waiter, maupun pelanggan.
- Menjaga kebersihan area toilet agar tidak becek, kotor, atau berbau tak sedap.
- Mengelap semua meja dan kursi secara teratur selama jam operasional coffee shop berlangsung.
- Mengepel lantai minimal dua kali sehari (sebelum jam buka dan tutup) agar lantai bebas debu dan noda lainnya.
Aktivitas mengepel lantai biasanya terasa menyebalkan jika lantai berbau tak sedap dan ada noda membandel yang sulit hilang. Namun, Anda tak akan kesulitan membersihkan lantai coffee shop jika menggunakan Wipol Pro Sereh Jeruk Jerry Can 3×5 L.
Produk Wipol ini diformulasikan khusus untuk kebutuhan bisnis sehingga harganya lebih ekonomis dengan kemasan besar.
Wipol Pro Sereh Jeruk Jerry Can 3×5 L memberikan perlindungan maksimal dengan membasmi 99.99% kuman seketika. Noda membandel dan bau tak sedap pada lantai akan lekas hilang sehingga lantai kembali bersih kesat.
Wipol Pro Sereh Jeruk Jerry Can 3×5 L juga dilengkapi dengan formula cepat kering yang membuat lantai anti licin.
Sensasi keharuman sereh dan jeruk pada produk Wipol ini akan membuat coffee shop Anda lebih nyaman dan higienis.
Jadi, pastikan bahwa Wipol Pro Sereh Jeruk Jerry Can 3×5 L ada di dalam daftar belanja bisnis coffee shop Anda, ya. Coffee shop yang nyaman dan inovatif pasti disukai banyak orang dan siap meraih omzet bisnis yang fantastis.