Yang Ditulis Paus Fransiskus di Buku Kenangan Tamu Istana Merdeka

Yang Ditulis Paus Fransiskus di Buku Kenangan Tamu Istana Merdeka
Keningnya Dicium Imam Besar Masjid Istiqlal, Paus Fransiskus Balas Cium Tangan Sang Imam 2 Kali

MATRANEWS.id Yang Ditulis Paus Fransiskus di Buku Kenangan Tamu Istana Merdeka, 4 September 2024

Pada kunjungan bersejarahnya ke Indonesia, Paus Fransiskus meninggalkan pesan mendalam di Buku Kenangan Tamu Istana Merdeka pada 4 September 2024. Dalam pesan tersebut, ia menulis:

“Immersed in the beauty of this land, a place of encounter and dialogue between different cultures and religions, I wish the Indonesian people growth in faith, fraternity, and compassion. God bless Indonesia!”
(Pope Francis)

Pesan yang diucapkan dalam bahasa Inggris tersebut mencerminkan kekaguman Paus Fransiskus terhadap keindahan alam Indonesia dan keragaman budaya serta agama yang hidup harmonis di negara ini. Ia juga menyampaikan harapannya agar rakyat Indonesia terus bertumbuh dalam iman, persaudaraan, dan kasih sayang.

Dalam terjemahan bahasa Indonesia, pesan tersebut berbunyi:

“Terbenam dalam keindahan tanah ini, tempat pertemuan dan dialog antara berbagai budaya dan agama, saya mendoakan agar masyarakat Indonesia bertumbuh dalam iman, persaudaraan, dan kasih sayang. Tuhan memberkati Indonesia!”
(Paus Fransiskus)

Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia menjadi momen penting yang menegaskan hubungan baik antara Vatikan dan Indonesia, sebuah negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, namun tetap menjunjung tinggi toleransi dan kerukunan antarumat beragama. Pesan beliau di Istana Merdeka menjadi simbol harapan bagi perdamaian, persatuan, dan saling menghormati di tengah perbedaan.

Baca juga :  Sunra di Paguyuban Pasundan Saat Gelar Job Fair di Bandung

Paus Fransiskus juga menyampaikan apresiasinya terhadap peran Indonesia sebagai negara yang menjembatani berbagai budaya dan agama, memperkuat komitmennya untuk terus mendorong dialog antarumat beragama di tingkat global.

Tinggalkan Balasan