Tahukah Anda, Siapa Ikon Prestasi Pancasila 2024 dan Insan Pancasila Tahun ini?

Klik Ini Biar Jelas

Tahukah Anda, Siapa Ikon Prestasi Pancasila 2024 dan Insan Pancasila Tahun ini?

MATRANEWS.id — Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) telah memilih ikon, baik individu, kelompok, maupun lembaga.

Para Ikon Prestasi Pancasila tersebut dipilih dengan kriteria, kandidat yang dapat mencerminkan semangat perjuangan atau elan manusia Indonesia yang menginspirasi dan memberi keteladanan bagi seluruh elemen bangsa untuk menguatkan rasa bangga dan cinta tanah air Indonesia.

Ikon Prestasi Pancasila 2024 dan Insan Pancasila

Inilah sosok dari putera dan puteri bangsa ini, yang mendapat penghargaan karena disebut sebagai ndividu-individu yang telah berkontribusi signifikan terhadap pembangunan bangsa dan nilai-nilai Pancasila.

Penghargaan ini diberikan kepada tokoh-tokoh yang telah menunjukkan dedikasi dalam berbagai bidang seperti kewirausahaan sosial, sains dan inovasi, lintas iman, serta seni dan budaya.

1. Dr. Dra. Hj. Nurhayati Subakat, Apt. – Ikon Kewirausahaan Sosial

Dr. Dra. Hj. Nurhayati Subakat adalah pendiri dan komisaris utama PT Paragon Technology and Innovation. Beliau dikenal dengan jiwa kemanusiaannya yang tinggi dalam bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan perempuan, dan lingkungan.

Nurhayati Subakat sering terlibat dalam berbagai program bantuan pendidikan, salah satunya adalah Paragon Scholarship, yang bertujuan untuk membantu anak-anak kurang mampu agar dapat mengakses pendidikan dengan lebih baik.

2. DR(Hc). H. Rusli Bintang – Ikon Sains dan Inovasi

Dikenal sebagai ‘Ayah Anak Yatim’ dari Lampoh Keude Aceh Besar, DR(Hc). H. Rusli Bintang telah memberikan dukungan finansial bagi lebih dari 3.000 anak yatim setiap bulannya.

Ia juga membantu pendidikan dokter gratis bagi anak yatim dengan syarat kembali ke daerah asal. Pada tahun 2014, ia menerima penghargaan sebagai tokoh pendidikan dari Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau.

3. Dr. (H.C.) K.H. Lukman Hakim Saifuddin – Ikon Lintas Iman

Sebagai Menteri Agama Republik Indonesia periode 2014-2019 dan tokoh penting dalam Nahdlatul Ulama (NU), Dr. (H.C.) K.H. Lukman Hakim Saifuddin menekankan pentingnya toleransi dan keanekaragaman di Indonesia.

Baca juga :  Bjorka Kembali Beraksi, Bocorkan Data Aplikasi MyPertamina

Beliau aktif dalam membangun kerjasama antar-agama dan memperkuat kerukunan antar-umat beragama di Indonesia.

4. Muhammad Guruh Irianto Sukarno Putra – Ikon Seni dan Budaya

Guruh Sukarno Putra terlibat dalam berbagai kegiatan seni dan budaya, termasuk sebagai penulis, sutradara teater, dan penggiat budaya.

Ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Yayasan Pusat Kesenian Jakarta (PKJ) dan menggagas Festival Wayang Dunia pada tahun 2013 untuk mempromosikan dan melestarikan seni wayang dari berbagai belahan dunia.

5. Ebiet G. Ade – Ikon Seni dan Budaya

Ebiet G. Ade dikenal dengan lagu-lagunya yang menggabungkan unsur musik tradisional Indonesia dengan aransemen modern.

Melalui karya-karyanya, ia mengangkat tema budaya dan tradisi Indonesia, serta menggunakan musik sebagai sarana untuk melestarikan dan mempromosikan keberagaman budaya Indonesia.

1.Petronella Merauje A.Md – Insan Kewirausahaan Sosial

Petronella Merauje adalah tokoh perempuan yang berpengaruh dalam perlindungan Hutan Perempuan (Tonotwiyat) dan Teluk Youtefa.

Ia terlibat dalam aksi penanaman mangrove bersama Forum Peduli Port Numbay Green (FPPNG) dan memberikan pelatihan kepada perempuan dalam mengelola sampah untuk lingkungan dan ekonomi masyarakat setempat.

2. Cucu Saidah, MPAP. – Insan Kewirausahaan Sosial

Sebagai aktivis disabilitas, Cucu Saidah memperjuangkan hak-hak penyandang disabilitas di Indonesia.

Ia aktif dalam advokasi dan kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan hak-hak penyandang disabilitas, serta berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesempatan kerja bagi mereka.

3. Sri Agustini Joekanan – Insan Kewirausahaan Sosial

Pendiri Anugrah Jaya Disabilitas (AJD) Bandung, Sri Agustini Joekanan adalah pengusaha sosial yang memproduksi kebutuhan penyandang disabilitas seperti kaki palsu dan tangan palsu.

Usahanya tidak berorientasi pada keuntungan komersial, dan seluruh keuntungan digunakan kembali untuk mengembangkan usaha serta memberikan dukungan kepada para penyandang disabilitas.

Baca juga :  Admiral Inspection Tradisi TNI AL Jelang Pergantian Kasal

4. Dr. H. Rahmat Shah – Insan Kewirausahaan Sosial

Museum Rahmat Shah adalah lembaga budaya dengan koleksi seni dan artefak berharga yang membantu melestarikan dan mempromosikan kekayaan budaya dan sejarah Indonesia.

5.Megawati Hangestri Pertiwi – Insan Olahraga

Megawati Hangestri Pertiwi adalah atlet voli yang telah mengharumkan nama Indonesia di berbagai kompetisi. Prestasinya menjadi inspirasi bagi generasi muda, terutama para pemain voli yang bercita-cita menjadi atlet sukses.

6.Didin Ahmad Zaenudin, S.Pd. (Diaz Nawaksara) – Insan Sains dan Inovasi

Didin Ahmad Zaenudin adalah pegiat aksara Nusantara dan pakar paleografer yang menguasai 30 aksara Indonesia kuno. Ia berprestasi dalam lomba menulis aksara Jawa dan lomba website aksara Jawa.

7.Muhammad Nabil Satria Faradis, S.T., M.Eng – Insan Sains dan Inovasi

Nabil adalah santri inspiratif yang meraih banyak prestasi nasional dan internasional. Ia menguasai lima bahasa asing dan saat ini menempuh studi doktoral di bidang model bisnis teknologi kuantum di Universitas Cambridge.

8.Dr. Imam Muhajirin Elfahmi, S.Pd, S.H, M.M – Insan Sains dan Inovasi

Dr. Imam adalah Grand Master Grounded Business Coach dan pendidik berpengalaman lebih dari 30 tahun.

Ia adalah pendiri lembaga pendidikan terbaik tingkat nasional yang telah meluluskan lebih dari 60.000 peserta program di seluruh Indonesia.

9.Husein Ja’far Al Hadar, S. Fil.I., M.Ag. – Insan Lintas Iman

Husein Ja’far Al Hadar adalah pemimpin visioner yang aktif dalam membangun kerukunan antar umat beragama dan mendorong toleransi di Indonesia.

Ia memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk menjadi pribadi yang beriman dan peduli terhadap sesama.

10.Dr. Budhy Munawar Rachman – Insan Lintas Iman

Sebagai penerus pemikir Islam progresif, Dr. Budhy Munawar Rachman mendorong dialog antar agama dan budaya.

Baca juga :  Prof Muhammad Syarifuddin Ketua MA Merayakan Hari Istimewanya

Ia memperjuangkan hak asasi manusia, kesetaraan gender, dan keadilan sosial dengan menekankan pentingnya nilai-nilai kemanusiaan dalam ajaran Islam.

11.Dr. I Made Gde Erata, MA – Insan Lintas Iman

Dr. I Made Gde Erata adalah Ketua Umum PHDI yang memimpin dan mengkoordinasikan kegiatan keagamaan umat Hindu di Indonesia.

Ia aktif memperjuangkan hak dan kepentingan umat Hindu di berbagai forum, baik nasional maupun internasional.

12.Assoc. Prof. Dr. Drs. Chandra Setiawan, M.M., Ph.D – Insan Lintas Iman

Mantan Ketua Umum Matakin dan anggota Komnas HAM, Chandra Setiawan terlibat dalam advokasi hak asasi manusia dan membuka jalan pluralisme di Indonesia melalui komunikasi antar umat beragama.

13. Hj. Anna Kumari – Insan Seni dan Budaya

Maestro tari dari Sumatera Selatan, Hj. Anna Kumari menciptakan lebih dari 50 tarian asli Sumatera Selatan dan menghibahkan koleksi jumputan berusia lebih dari 100 tahun ke Museum SMB II Palembang.

Ia menerima Upakarti dari Presiden Soeharto dan Lifetime Achievement Award dari Kemendikbud.

14. Ika Arista – Insan Seni dan Budaya

Sebagai satu-satunya mpu keris perempuan di Jawa Timur, Ika Arista memiliki keahlian dalam pembuatan dan restorasi keris, serta pengetahuan mendalam tentang sejarah dan filosofi keris.

15.D. Zawawi Imron – Insan Seni dan Budaya

Penyair senior Indonesia, D. Zawawi Imron, menggunakan puisi-puisinya untuk menyuarakan keadilan dan kemanusiaan.

Ia sering mengangkat isu sosial penting, seperti ketidakadilan, kemiskinan, dan hak asasi manusia dalam karya-karyanya.

Jadi, penghargaan Ikon Prestasi Pancasila dan Insan Pancasila 2024 ini merupakan bentuk apresiasi terhadap mereka yang telah memberikan dampak positif dan menjadi inspirasi bagi masyarakat luas dalam membangun bangsa yang adil, makmur, dan sejahtera.

BACA JUGA: majalah MATRA edisi AGUSTUS 2024, Klik Ini

Tinggalkan Balasan