Alasan Membeli Samsung A20 untuk Perangkat Sehari-hari

Dilengkapi dengan RAM 3GB dan ROM 32GB, Galaxy A20 semakin dapat dimanfaatkan dengan baik untuk digunakan sehari-hari.

Samsung A20
Samsung A20

MATRANEWS.ID – Salah satu ponsel keluaran Samsung yang berada di kelas entry level adalah Samsung A20. Ponsel ini dirilis di Indonesia pada April 2019 dengan harga yang terjangkau. Model yang lebih tinggi yaitu Galaxy A20s diluncurkan beberapa bulan selanjutnya. Ada sejumlah perbedaan yang signifikan di antara keduanya.

Meskipun sekarang produksinya dihentikan, Galaxy A20 masih beredar di pasaran. Anda bisa menemukannya dalam versi seken dengan harga yang tentu lebih miring. Jika cermat memilih ponsel seken yang berkualitas di Blibli, hasilnya tidak akan mengecewakan. Sebelum itu, simak dulu alasan membeli Samsung Galaxy A20 berikut ini!

1. Bodi Kokoh dan Desain Elegan

Salah satu kelebihan Galaxy A20 adalah memiliki bodi yang kokoh. Ponsel ini terbuat dari material kaca di bagian depan dan plastik di bagian belakang. Menggunakan lapisan kaca Gorilla Glass 3, layar ponsel menjadi lebih aman dan tahan dari goresan ringan.

Dimensi Galaxy A20 adalah 158.4 x 74.7 x 7.8 mm dengan bobot 169 gram. Ukurannya terbilang kecil sehingga nyaman saat digenggam. Untuk pilihan warna yang tersedia, Galaxy A20 hadir dalam warna hitam, merah, dan biru. Warna-warna yang solid pada ponsel terlihat elegan saat dibawa ke mana pun.

2. Kualitas Tampilan yang Memadai

Layar Galaxy A20 menggunakan teknologi Super AMOLED dengan kualitas resolusi standar HD+. Meskipun bukan Full HD, kualitas tampilan Galaxy A20 terbilang masih cukup bagus dan nyaman di mata. Tampilannya bahkan lebih baik daripada Galaxy A20s yang diluncurkan setelahnya.

Ukuran layar Galaxy A20 adalah 6,4 inci dengan resolusi 720×1560 piksel. Memiliki tingkat refresh rate 60 Hz, adaptasi kecerahan ponsel terhadap sekitar bisa dibilang masih standar. Karena itu, performa ponsel ini akan lebih maksimal jika digunakan dalam ruangan.

3. Performa yang Cukup Unggul

Galaxy A20 didukung oleh chipset Exynos 7884. Seperti diketahui, Exynos 7884 adalah chipset produksi Samsung. Dengan tenaga tersebut, dapur pacu pada ponsel bisa dibilang cukup unggul untuk kelasnya.

Dilengkapi dengan RAM 3GB dan ROM 32GB, Galaxy A20 semakin dapat dimanfaatkan dengan baik untuk digunakan sehari-hari. Anda juga bisa menambahkan memori eksternal jika membutuhkannya untuk menyimpan berbagai dokumen seperti foto, video, atau musik.

Dengan keberadaan RAM yang cukup besar, performa ponsel semakin dapat diandalkan. Ini berarti ponsel dapat dipakai untuk melakukan berbagai tugas, bahkan dalam waktu yang bersamaan tanpa tertunda. Sementara itu, fungsi ROM adalah untuk menyimpan data aplikasi sehingga ponsel bisa lebih multifungsi.

4. Dilengkapi Dua Kamera Belakang

Di kelas entry level, Galaxy A20 memang tidak begitu menonjol, terutama jika membahas tentang kamera yang tersemat di dalamnya. Ponsel ini memiliki dua modul kamera yaitu wide camera 13 MP dan ultrawide camera 5 MP. Sementara itu, kamera depan adalah wide camera 8 MP.

Meski begitu, Anda tetap bisa menikmati berbagai fitur kamera yang tersedia di ponsel ini. Beberapa di antaranya adalah LED flash, panorama, dan HDR. Anda juga dapat merekam video dengan resolusi 1080p 30fps. Secara umum, kamera di Galaxy A20 bisa dipakai untuk keperluan fotografi sederhana.

5. Memiliki Fitur Bluetooth

Alternatif fitur di Galaxy A20 yang bisa digunakan untuk kebutuhan koneksi dengan perangkat lain adalah bluetooth. Teknologi bluetooth yang tersedia di perangkat keluaran Samsung ini adalah Bluetooth versi 5. Levelnya bahkan lebih tinggi daripada bluetooth yang terdapat pada Galaxy A20s. Dengan demikian, kinerjanya juga lebih baik.

6. Baterai dan Pengisian Cepat

Ponsel Samsung Galaxy A20 menggunakan baterai dari material Lithium Polymer. Kapasitas baterai ponsel adalah 4000 mAh. Dibandingkan dengan ponsel terkini, kapasitas baterai Galaxy A20 memang masih kalah. Namun, ponsel ini telah dibekali dengan fitur pengisian cepat 15 W sehingga Anda dapat mengisi ulang dayanya dalam waktu lebih singkat.

7. Deskripsi Jaringan Ponsel

Bagian yang tidak kalah penting dari sebuah ponsel adalah pita frekuensi operasi. Galaxy A20 menggunakan teknologi GSM, HSPA, dan LTE. Informasi ini penting untuk mengetahui apakah ponsel yang dipilih masih kompatibel dengan operator jaringan tertentu dan bisa digunakan setiap hari.

8. Fitur-Fitur yang Tersedia

Terakhir adalah fitur-fitur yang tersedia pada Galaxy A20. Saat dirilis, ponsel ini didukung dengan Android 9.0, tetapi masih bisa ditingkatkan hingga Android 11 dengan One UI 3.1. Sementara itu, fitur sensor yang tersedia antara lain pemindai sidik jari yang terletak di bagian belakang, akselerometer, proksimitas, kompas, dan giroskop.

Galaxy A20 juga dilengkapi dengan sensor face recognition atau pengenalan wajah. Fitur ini memungkinkan Anda mengakses ponsel hanya dengan menghadapkan wajah pada kamera depan. Kehadiran fitur tersebut sangat penting bagi Anda yang mementingkan keamanan pada perangkat. Tidak sembarang orang bisa mengakses ponsel tanpa Anda.

Demikian beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Galaxy A20. Sebagai ponsel keluaran lama, Galaxy A20 memang masih tertinggal dibandingkan produk-produk terkini. Namun, Anda bisa mempertimbangkan faktor harganya yang lebih miring sehingga tidak menguras kantong. Di balik itu, fitur dan kemampuannya tidak boleh diremehkan.

Tinggalkan Balasan