Berita  

Angkatan Laut 36 Negara Meriahkan Pembukaan MNEK 2023

MATRANEWS.id — Jalesveva Jayamahe, Makassar — Angkatan Laut TNI telah menggelar acara berskala internasional Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) ke-4 tahun 2023, yang dihadiri oleh Angkatan Laut dari 36 negara.

Acara dengan tema “Partnership To Recover And To Rise Stronger” secara resmi dibuka oleh Panglima TNI,

Laksamana TNI Yudo Margono, dan didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali.

Acara ini berlangsung di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Senin (05/06).

Seremoni pembukaan MNEK 2023 ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Panglima TNI, Kasal, Gubernur Sulawesi Selatan, dan Walikota Makassar.

Selain itu, dilakukan juga penandatanganan prasasti oleh perwakilan dari 36 negara yang ikut serta dalam latihan tersebut.

Dalam sambutannya, Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono, menyampaikan bahwa MNEK adalah latihan non-perang yang bertujuan untuk memperkuat kerja sama maritim di kawasan regional, penanggulangan bencana, dan operasi kemanusiaan.

Melalui MNEK, TNI Angkatan Laut berupaya mempererat kerja sama dengan negara-negara sahabat.

Seremoni pembukaan MNEK 2023 dimeriahkan dengan berbagai atraksi yang memukau, antara lain demonstrasi terjun payung oleh Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Intai Amfibi (Taifib) TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara, Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan, serta demonstrasi pesawat udara Bonanza oleh para penerbang TNI Angkatan Laut.

Acara juga melibatkan Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL, pertunjukan tarian kolosal Ma’biring Kassi, dan melibatkan pesawat Sukhoi milik TNI Angkatan Udara.

Selain latihan bersama, MNEK ke-4 tahun 2023 ini juga melibatkan berbagai kegiatan bakti kemanusiaan, seperti Engineering Civic Action Programme (ENCAP) yang meliputi pembangunan monumen MNEK di Center Point Indonesia, pengembangan lorong wisata, perbaikan atap SMP Lae-Lae, dan perbaikan sarana jalan di Lanraki.

Selain itu, Medical Civic Action Programme (MENCAP) juga dilaksanakan dengan kegiatan pengobatan gigi, khitanan massal, dan operasi katarak.

Setelah seremoni pembukaan selesai, Panglima TNI beserta pejabat dan tamu undangan melaksanakan International Fleet Review (IFR) menggunakan KRI Bung Karno-369.

Acara MNEK 2023 ini merupakan upaya nyata TNI Angkatan Laut dalam memperkuat kerja sama maritim regional dan meningkatkan kapabilitas serta hubungan bilateral dengan negara-negara mitra.

Diharapkan bahwa melalui MNEK, kerja sama dan persahabatan di antara negara-negara tersebut akan semakin erat dan saling mendukung untuk membangun keamanan dan stabilitas di kawasan.

  • BACA JUGA: majalah MATRA edisi cetak, Klik ini

Tinggalkan Balasan