Trendinternasional

Balap Motor Indonesia Diramaikan Oleh Talenta-Talenta Muda

Didikan Astra Honda Harumkan Nama Bangsa

Balap Motor Indonesia Diramaikan Oleh Talenta-Talenta Muda
Views

Berita mengenai 12 pembalap muda dari Indonesia, yang siap berlaga di berbagai ajang balapan dunia, terus viral. Usianya masih belia. Ternyata, mereka bagian dari tim balap Astra Honda Racing Team (AHRT) 2020.

Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) ini berhasil merebut peringkat ketiga pada Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 di Thailand kelas AP250.  Ternyata, mereka berangkat dari ”sekolah” yang sama, yakni pembalap muda Indonesia ”lulusan” Astra Honda Racing School (AHRS).

Memulai tahap pembinaan kepada pebalap sejak usia muda, di bawah 14 tahun. Para pemula dilatih menggunakan motor balap Honda NSF100. Jika sudah terasah dan dirasa cukup kompeten, mereka bisa naik level mengendarai motor Honda NSF250 dan juga Honda CBR150R.

Tak hanya ajang balap nasional, para pebalap lulusan AHRS pun memiliki kesempatan untuk berlaga di ajang balap internasional, seperti Thailand Talent Cup, ATC, ARRC, dan MotoGP.

Menurut Direktur Marketing PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya mereka ditempa melalui program Astra Honda Racing School (AHRS) yang sudah berlangsung sejak 2013.

AHRS sebagai kawah candradimuka untuk melatih fisik dan mental, para pembalap muda binaan AHM disiapkan sejak dini untuk dapat mewujudkan mimpi tertinggi mereka di dunia balap.

Selama proses pembelajaran, para siswa AHRS mendapat pengawasan langsung dari mantan pebalap yang sudah lama berkiprah dan berprestasi di dunia balap, yakni Wawan Hermawan, Sudarmono dan juga Hokky Krisdianto yang tahun ini dipercaya sebagai instruktur.

“Dengan semangat Satu Hati untuk Indonesia Juara, tahun ini kami akan kembali menemani anak-anak muda bertalenta mewujudkan mimpi mereka di dunia balap di bawah payung AHRT,” ungkap Thomas.

Berita Menarik :  Presiden Jokowi: "ASEAN dan Korea Memiliki Potensi Besar di Bidang Industri Kreatif."

Adapun pembalap muda yang tergabung dalam tim balap AHRT 2020 antara lain Mario Suryo Aji, Irfan Ardiansyah, Rheza Danica Ahrens, Lucky Hendriansyah, M. Adenanta Putra dan Herjun Atna Firdaus, serta Delvintor Alfarizi.

Selain itu, AHM juga melatih skill balap Azryan Dheyo Wahyu Madiadi, Herlian Dandi, Fadillah Arbi Aditama, Veda Ega Pratama dan Chessy Meilandri. Mereka akan menjadi bagian dari upaya AHM dalam mengantarkan pembalap muda berbakat untuk meraih prestasi membanggakan di berbagai ajang balap.

Balap Motor Indonesia Diramaikan Oleh Talenta-Talenta Muda

Adapun dari 12 pembalap, 10 diantaranya akan berlaga di balapan level Asia pada tahun ini. Untuk balapan road race, pembalap binaan AHM akan berpartisipasi pada Thailand Talent Cup (TTC), Asia Talent Cup (ATC) dan Asia Road Racing Championship (ARRC), selain itu AHM juga mengikutsertakan pembalapnya pada ajang ketahanan Suzuka Endurance race.

Pada kesempatan kali ini ada pembalap muda berbakat Indonesia, Chessy Meilandri dan Veda Ega Pratama untuk menambah jam terbang sekaligus mengasah kemampuan mereka di TTC. Di ajang ini, mereka akan dapat merasakan dan juga beradaptasi dengan atmosfer balap menggunakan motor Honda NSF250R.

Ada empat pembalap muda dinyatakan lolos seleksi di akhir tahun 2019 untuk berlaga di ATC 2020 yang dipromotori oleh Dorna Sports yang juga penyelenggara kejuaraan balap dunia, MotoGP. Mereka adalah Herjun Atna Firdaus, Azryan Dheyo Wahyu Maniadi, Herlian Dandi dan Fadillah Arbi Aditama.

Berita Menarik :  Ngebir Tak Hanya Bicara Bibir

Balap Motor Indonesia Diramaikan Oleh Talenta-Talenta Muda

Pada balapan bergengsi ARRC 2020, AHM kembali mengandalkan Irfan Ardiansyah untuk berlaga di kelas Supersports 600cc, menemani Rheza Danica Ahrens yang telah berpartisipasi di kelas ini pada tahun lalu.

Sementara itu, pada kelas AP250, AHM mengikutsertakan Lucky Hendriansya, M. Adenanta Putra dan Herjun Atna Firdaus yang juga berlaga di ATC 2020. Ketiganya bertekad untuk memuncaki kembali klasemen kelas AP250 bersama motor kebanggaan bangsa Honda CBR250RR.

Balap Motor Indonesia Diramaikan Oleh Talenta-Talenta Muda

Selain ajang balapan road race, ada juga yang turut serta pada ajang kompetisi ketahanan di Suzuka Endurance Race untuk menguji performa, ketahanan fisik dan mental, konsistensi dan kestabilan pembalap binaannya.

Menuju jenjang yang lebih tinggi, pembalap AHRT diharapkan dapat bertarung di CEV International Championship. Ajang balap bergengsi di Eropa ini merupakan gelaran balap terdekat dengan Grand Prix yang menjadi mimpi tertinggi para pembalap dunia.

Sebelumnya, AHRT juga sukses mengantarkan Andi Gilang bergabung dengan Honda Team Asia untuk tampil pada GP Moto2. Selain Andi, Gerry Salim juga tampil bersama Honda Asia Dream Racing di kelas ASB1000 ARRC 2020.

Balap Motor Indonesia Diramaikan Oleh Talenta-Talenta Muda

Kesempatan besar ini kembali diberikan AHM pada Mario Suryo Aji yang akan berlaga di CEV Moto3 Junior World Championship. Mario akan menetap sementara di Eropa agar dapat mengasah kemampuannya dan fokus berlatih sehingga dapat memberikan hasil yang terbaik untuk Indonesia.

Tak pelak berita dunia balap motor Indonesia saat ini, diramaikan oleh talenta-talenta muda. Mereka adalah pebalap muda Indonesia ”lulusan” Astra Honda Racing School (AHRS). Di AHRS, para siswa diberikan pembekalan agar mampu memiliki mental pebalap profesional. Mulai dari public speaking, kedisiplinan, hingga rasa tanggung jawab terhadap motor yang digunakan.

Berita Menarik :  Semarak 15 Tahun Informa

Mempelajari dasar teknik balap seperti cara memilih racing line, teknik menikung, teknik mengerem dan materi dasar balap lainnya. Pada sesi kedua dari kelas AHRS ini, pembelajaran teknis yang diberikan difokuskan pada pengetahuan dasar untuk mempelajari karakter sirkuit yang baru ditemui dan cara penyesuaian berkendara untuk mendapatkan catatan waktu yang lebih baik.

 

Balap Motor Indonesia Diramaikan Oleh Talenta-Talenta Muda

Fokus pada pelatihan sesi dua bertujuan untuk mempersiapkan siswa AHRS menjadi pebalap profesional yang sering menjumpai sirkuit baru dalam kompetisi balap dan mengharuskan mereka beradaptasi dengan cepat untuk mendapatkan podium.

Selain materi-materi teknis, siswa AHRS juga mendapatkan pembelajaran berharga terkait materi non-teknis yang akan melatih mental para pebalap belia ini. Sebelumnya, para peserta didik telah diajarkan mengenai bagaimana cara berkomunikasi dan berbicara di hadapan publik.

Di sesi kedua ini, pebalap dilatih mental kedisiplinan yang harus dimiliki seorang pebalap profesional. Mereka juga diajarkan untuk memiliki rasa tanggung jawab terhadap motor yang mereka gunakan.

AHM konsisten berkontribusi di dunia balap melalui pembinaan berjenjang menyeluruh baik pada level regional, nasional maupun ajang kelas dunia. Materi-materi teknis dan non-teknis yang diajarkan oleh para pelatih handal AHRS memastikan bibit-bibit potensi balap peserta didik dapat berkembang dengan baik, didukung dengan mental juara,

Balap Motor Indonesia Diramaikan Oleh Talenta-Talenta Muda

Balap Motor Indonesia Diramaikan Oleh Talenta-Talenta MudaBalap Motor Indonesia Diramaikan Oleh Talenta-Talenta Muda

Konvergensi Majalah MATRA
Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »