MATRANEWS.ID – BNI, sebagai pionir dalam dunia Digital Banking, semakin memperkuat layanan Application Programming Interface (API) untuk memajukan ekosistem pembayaran digital di Indonesia.
Melalui API, BNI berhasil memberikan solusi pembayaran digital yang terintegrasi langsung dengan sistem nasabah.
Menurut Direktur Digital and Integrated Transaction Banking BNI, Corina Leyla Karnalies, perkembangan bisnis digital di Indonesia semakin pesat.
“Dengan layanan API BNI, kami ingin terus melayani nasabah dengan menyediakan berbagai solusi pembayaran digital yang cepat, aman, dan mudah,” ujarnya.
Corina menjelaskan bahwa BNI menjadi pelopor dalam penerapan API sejak tahun 2017, dengan layanan virtual account sebagai inisiasi pertama.
Pada tahun 2019, BNI mengembangkan portal BNI API digital services untuk memudahkan calon nasabah mengakses layanan API dan melakukan integrasi melalui sandbox dengan lebih cepat dan mudah.
Hingga tahun 2021, BNI telah memiliki total 280 layanan API yang telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pada tahun 2022, BNI menjadi pelaku utama dalam menerapkan Standar Nasional API Pembayaran (SNAP) Bank Indonesia (BI), dengan persetujuan penerapan SNAP pada layanan Virtual Account & Transfer (Intrabank).
Corina menyebutkan bahwa secara keseluruhan, BNI telah menyediakan layanan API untuk memfasilitasi nasabah dalam berbagai transaksi, termasuk disbursement, collection, payment, account information & digital opening account.
Untuk roadmap ke depan, yaitu pada tahun 2023-2024, BNI berencana untuk melengkapi layanan API guna memfasilitasi transaksi Supply Chain Finance (SCF), garansi bank, remittance, BI Fast, cardless withdrawal & transaction creation pada Cash Management BNI (BNIDirect).
Saat ini, layanan API BNI telah menarik lebih dari 4.000 nasabah dengan total hit API mencapai 295 juta, total item transaksi sebesar 115 juta, dan volume transaksi mencapai Rp609,6 triliun hingga Oktober 2023.
Corina menambahkan bahwa proses onboarding nasabah BNI semakin dipermudah dengan adanya portal API digital services yang mengakomodir layanan API yang disediakan oleh BNI.
Fitur baru pada portal BNI API digital services termasuk sandbox yang semakin lengkap, SDK untuk memudahkan nasabah dalam merancang aplikasi, postman collection untuk uji coba dengan mengimpor koleksi postman BNI, auto populate untuk pengisian data secara otomatis, dan fitur API SNAP yang tersedia di portal tersebut.
“Pengembangan terus kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan nasabah melalui satu platform solusi terintegrasi API BNI,” tegasnya.