Kawula MudainternasionalWisata & Kuliner

Cara Teraman Merayakan Liburan Tahun Baru

Cara Teraman Merayakan Liburan Tahun Baru

Cara Teraman Merayakan Liburan Tahun BaruCara Teraman Merayakan Liburan Tahun BaruCara Teraman Merayakan Liburan Tahun BaruCara Teraman Merayakan Liburan Tahun Baru

MATRANEWS.id —  Liburan tahun ini baiknya ialah tetap menghindari pertemuan sosial. Penelitian menunjukkan hampir setengah dari orang yang tertular COVID-19 tidak mengalami gejala apa pun.

Para pakar kesehatan mengingatkan Anda untuk memakai masker saat berada di tempat umum atau di sekitar orang yang tidak tinggal serumah dengan Anda, menjaga jarak secara fisik yakni 1-2 meter.

Anda juga harus rajin mencuci tangan. Penelitian menunjukkan, jika lebih dari setengah dari orang yang bepergian sering mencuci tangan (dengan cara yang benar) maka penyebaran infeksi virus dapat melambat sekitar 70 persen.

Jika akses ke sabun dan air terbatas atau tidak ada, CDC menyarankan untuk menggunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60 persen kandungan alkohol.

Jika Anda perlu menghadiri pertemuan kecil, pastikan Anda dan tuan rumah paham tentang langkah-langkah kesehatan dan keselamatan dari COVID-19.

Dari sisi peralatan makan, mungkin yang terbaik menggunakan piring dan peralatan makan sekali pakai dan mempertimbangkan untuk membawa makanan sendiri daripada berbagi makanan dengan tamu lain.

Kemudian, dari sisi jumlah tamu, idealnya hanya dalam jumlah sedikit dan berasal dari lokasi yang tak jauh dari lokasi tuan rumah, mengadakan acara di luar ruangan tetapi jika di dalam ruangan pastikan lokasinya berventilasi baik.

Penting juga untuk menjaga kebersihan permukaan benda yang biasa disentuh dan hindarilah bernyanyi atau berteriak untuk membatasi emisi partikel ke udara.

Orang yang sedang sakit tidak boleh menghadiri pertemuan dan sebagai gantinya dia bisa mengadakan kumpul-kumpul melalui obrolan video.

Pada akhirnya, liburan tahun ini Anda perlu menjadikan kesehatan diri dan orang yang kita cintai sebagai prioritas.

Cara Teraman Merayakan Liburan Tahun BaruCara Teraman Merayakan Liburan Tahun Baru

***

Pemerintah pusat maupun daerah sejauh ini mengingatkan masyarakat untuk sebisa mungkin berada di rumah ketika libur panjang.

Hal ini lantaran pengalaman dua kali libur sebelumnya disertai dengan peningkatan kasus covid-19.

Meski demikian, menurut Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, masyarakat tak dilarang berkunjung ke tempat wisata saat libur panjang. Tetapi, masyarakat diharapkan sebisa mungkin menghindari kerumunan serta menerapkan protokol kesehatan.

Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan bersama lintas program sudah mulai melakukan kegiatan pedistribusian pesan kesehatan tentang 3 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak)

Pesan tersebut dikemas dalam bentuk poster, spanduk, banner, serta sticker dan distribusikan di tempat strategis seperti rest area, stasiun, mall, terminal, tempat ibadah, pelabuhan, tempat wisata.

Kementerian Kesehatan mengajak semua masyarakat dimanapun kita berada untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, agar bisa  menikmati liburan  dan terhindar dari risiko penularan Covid-19.

Agar masyarakat dapat berlibur dengan aman,  berikut tips liburan saat pandemi:

•   Pilih tempat wisata terbuka seperti pantai, gunung atau perkebunan yang telah menerapkan protokol kesehatan.

•   Pastikan semua dalam kondisi sehat, tidak batuk, pilek, demam, atau sesak napas. Bila sakit di rumah saja.

•   Siapkan masker dalam jumlah yang cukup, sabun cuci tangan atau handsanitizer. •   Siapkan juga e-money •   Hindari kerumunan

•   Hindari menggunakan transportasi umum yang tidak memenuhi standar  protokol kesehatan.

•   Disiplin menerapkan 3M  (menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) di mana pun berada.

•   Saling mengingatkan untuk 3M

Mengapa 3M penting?  Dengan menjaga jarak, kita bisa menghindari virus tatkala ada yang batuk.  Droplet yang keluar saat orang batuk, jika tanpa masker bisa meluncur sampai dua meter, dan bersin sampai enam meter.

Dengan demikian jaga jarak bisa mengurangi risiko tertular.

Tetap selalu dalam protokol kesehatan dan zonasi aman Covid-19. Tidak bersalaman, tidak cipika cipiki atau bersentuhan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah waktu makan bersama, tentunya buka masker, duduk berdekatan dan sambil ngobrol.

Agar lebih aman dari penularan Covid-19 harus duduk berjarak minimal satu meter dan batasi makan sambil bicara.

Pilihan paling bijak untuk mengisi libur panjang adalah dengan liburan di rumah saja.

Ciptakan kegiatan yang seru untuk anggota keluarga seperti game,  wisata virtual, memasak.

Yang pasti aman untuk seluruh keluarga dan tentunya hemat. Salam sehat, tetap semangat dan gembira.

Cara Teraman Merayakan Liburan Tahun Baru Cara Teraman Merayakan Liburan Tahun Baru

Cara Teraman Merayakan Liburan Tahun BaruCara Teraman Merayakan Liburan Tahun Baru

Cara Teraman Merayakan Liburan Tahun Baru

Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »