Berita  

Deklarasi Dukungan PERTIWI untuk Sahbirin Noor sebagai Wakil Presiden 2024

MATRANEWS.id — Deklarasi Dukungan PERTIWI untuk Sahbirin Noor sebagai Wakil Presiden 2024: “Hak Kesulungan” untuk Kalimantan

 

Pasukan Relawan Sahbirin Noor Wakil Presiden (PERTIWI) dengan tegas mengumumkan dukungan mereka kepada Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, untuk menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia pada tahun 2024.

Deklarasi ini merupakan langkah penting dalam memajukan aspirasi dan kepentingan Kalimantan dalam konteks perpolitikan nasional.

Ketua Umum PERTIWI, Yozthin M.E Thelik, S.Sos., M.H, dalam pidatonya menegaskan bahwa Sahbirin Noor adalah pilihan yang tepat untuk menjadi Wakil Presiden mengingat latar belakangnya sebagai putra asli Kalimantan.

Menurutnya, mendukung Sahbirin Noor bukan hanya kewajiban moral, melainkan juga sebagai bentuk penghormatan terhadap tanah leluhur Kalimantan yang telah berkenan memberikan tanahnya untuk membangun Ibu Kota Negara yang baru.

Pernyataan tersebut juga menggarisbawahi konsep “Hak Kesulungan,” yang berarti memberikan peluang yang setara kepada putra-putri terbaik Kalimantan untuk menduduki jabatan Presiden maupun Wakil Presiden.

Yozthin Thelik memandang Sahbirin Noor sebagai salah satu dari mereka, dengan pengalaman Gubernur Kalimantan Selatan selama dua periode, yang mampu memastikan kelancaran pembangunan Ibu Kota Negara baru dan kelanjutan program Nawacita yang telah dicetuskan oleh Presiden Jokowi.

Pengalaman Sahbirin Noor dalam mengemban tugas pemerintahan sebagai seorang birokrat yang sangat berpengalaman telah terbukti, dan Yozthin Thelik meyakini bahwa kompetensinya tidak diragukan lagi.

Deklarasi ini lebih tentang kesiapan dan keinginan untuk memberikan kesempatan kepada Kalimantan untuk memiliki peran yang lebih besar dalam pemerintahan nasional.

Yozthin Thelik menekankan bahwa fenomena sejarah yang mengarah pada presiden-presiden berasal dari pulau Jawa sejak awal kemerdekaan bukanlah masalah etnis, tetapi lebih kepada prinsip “Hak Kesulungan.”

Ini adalah wujud penghormatan dan dedikasi kepada masyarakat Kalimantan yang telah berkontribusi dengan memberikan tanah leluhurnya untuk membangun ibu kota negara baru.

Sekjen PERTIWI, Arif Dharmawan, yang juga merupakan putra asli Kalimantan, memanggil seluruh tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat Kalimantan serta warga negara Indonesia yang sevisi untuk bersatu dalam mendukung Sahbirin Noor sebagai putra terbaik Kalimantan untuk menduduki jabatan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Deklarasi ini adalah langkah konkret PERTIWI untuk meneguhkan komitmen mereka terhadap perwakilan Kalimantan dalam pemerintahan nasional.

Di akhir pidatonya, Yozthin Thelik mengutip salam khas masyarakat Kalimantan: “Adil Ka’Talino, Bacuramin Ka’Saruga, Basengat Ka’Jubata. Arus… Arus… Arus…”

Melalui deklarasi ini, PERTIWI mengirimkan pesan kuat bahwa mereka siap untuk mendukung dan berjuang bersama Sahbirin Noor dalam perjalanan menuju Wakil Presiden 2024, dengan harapan memperjuangkan kepentingan Kalimantan serta memupuk semangat persatuan dalam negeri ini.

Tinggalkan Balasan