Berita  

Diminta Mundur dari Jabatan Menko Polhukam Mahfud MD Menangis

Kategori Hoaks

Diminta Mundur dari Jabatan Menko Polhukam, Mahfud MD Menangis

Kembali beredar tulisan ini, tatkala  Ketua Komite Koordinasi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (Komite TPPU) Sekaligus Menko Polhukam Mahfud MD mendadak viral disanjung netizen saat yang bersangkutan menghadiri rapat bersama Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. Rabu (29/3/2023).

Dalam rapat tersebut, Mahfud MD satu per satu menjawab kritik dan sindiran yang dilontarkan oleh sejumlah anggota Komisi III DPR.

Penjelasan :

Diunggah sebuah gambar berupa hasil tangkapan layar dengan menampilkan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD sedang menangis, dengan narasi “Diminta Mundur Dari Jabatan Menko Polhukam, PAK MFLUD NANGIS”.

Faktanya gambar pada unggahan tersebut adalah hasil digital editing.

Diketahui bahwa narasi pada gambar itu merupakan kutipan dari judul berita yang diterbitkan oleh situs harianpijar.com pada 30 Oktober 2019, dengan judul lengkap “Diminta Mundur dari Jabatan Menko Polhukam, Mahfud MD: Memang ICW Itu Siapa”.

Adapun Klaim yang menyebut Menko Polhukam menangis karena diminta mundur dari jabatannya adalah salah.

KATEGORI: DISINFORMASI

Di dalam foto, ada keterangan bertuliskan “Diminta Mundur Dari Jabatan Menko Polhukam, PAK MAHFUD NANGIS“.

Akun itu juga menambahkan keterangan “Berita terakhir sblm ngopi“. Hingga saat ini, unggahan foto itu telah mendapat 581 reaksi dari warganet, 67 komentar, dan 100 kali dibagikan.

Mahfud MD Menangis Diminta Mundur dari Jabatan Menko Polhukam? Ini Faktanya

Mahfud MD Menangis Diminta Mundur dari Jabatan Menko Polhukam? Ini Faktanya

Penyebar hoaks menggunakan foto itu dari situs harianpijar.com pada artikel berjudul “Diminta Mundur dari Jabatan Menko Polhukam, Mahfud MD: Memang ICW Itu Siapa?”. Si pembuat hoaks mengganti judul pada artikel itu menjadi “Diminta Mundur Dari Jabatan Menko Polhukam, PAK MFLUD NANGIS“.

Pada pemberitaan media arus utama, pernyataan Mahfud MD itu terkait permintaan Indonesia Corruption Watch (ICW) ke Menko Polhukam Mahfud MD untuk mundur dari jabatannya jika dalam waktu 100 hari pemerintahan Presiden Joko Widodo Jokowi tidak menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mahfud MD Menangis Diminta Mundur dari Jabatan Menko Polhukam? Ini Faktanya

Kesimpulan:
Klaim yang menyebut Menko Polhukam menangis karena diminta mundur dari jabatannya adalah salah. Informasi yang disebar pemilik akun masuk kategori Disinformasi yang menyesatkan. Klaim soal Mahfud MD dipecat oleh Jokowi dari jabatannya sebagai Menko Polhukam adalah salah.

Tinggalkan Balasan